APENSO INDONESIA

header ads

PAGI BERKERINGAT SEHAT

PAGI BERKERINGAT SEHAT

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : apensoindonesia.com



Inti. Semua butuh sehat. Semua ingin sehat. Tak cukup ingin tapi butuh. Dari masih bayi hingga tua, butuh sehat.

Kalau tak sehat. Bagi yang usia bayi dan anak. Perkembangan terganggu. Juga, terhambat.

Bagi yang dewasa tua. Tetap bisa kerja/aktivitas. Tetap bisa menikmati apa yang ada kehidupan halal di dunia. Boleh tua tetapi tetap sehat, menikmati.

Berbagai cara manusia dewasa. Awal tua atau pun sudah tua. Yakni bergerak. Ada yang bersepeda, ada yang senam, ada yang jalan kaki, ada yang berkebun. Macam - macam.

Bergerak tentu harus setiap hari. Istiqomah. Sesuai porsi masing - masing.

Kurang bergerak kurang baik. Berlebihan bergerak (Jawa= murko), juga tidak baik. Semua yang berlebihan ada resiko.

Sedang - sedang saja. Sak madyo (Jawa) saja. Tidak kurang juga tidak lebih. Sesuai kebutuhan tubuh masing - masing. Biar panjang umur.

Bergerak itu mirip silaturohim. Silaturohin mau ke mana. Perlu bergerak. Dan ada keyakinan "silatorohimlah biar bisa panjang umur".

Temanku ini mungkin aneh. Tidak juga kalau tahu. Temanku ini berusia sepantaran-ku (seusia). Bisa dibilang tua awal. Tapi tetap ada tuanya. Kelompok tua. Mungkin tidak lama lagi sudah pensiun. Kalau tidak diperpanjang.

Masih ke kantor. Banyak pula punya anak buah. 

Anak buahnya. Disuruh senam. Di tempat masing - masing. Berdiri. Diiringi irama musik membuat semangat. Semacam dangdut. Bukan dangdut. Temanku tua itu memimpinnya. Asik..sehat.

Sudah tua ini, temanku, sering senam. Kadang melibatkan anak buahnya. Kadang direkam dalam video tik tok.

Tiap hari saya melihatnya. Terutama saat pagi. Setelah caring manas di bawah sinar matahari. Sudah keluar keringat, ya selesai. 

Berarti dalam tubuh saya sudah panas daripada luar tubuh saya. Perkiraan virus dalam tubuh sudah mati semua. Sebab sudah berkeringat akibat caring.

Semoga semua sehat...aamiin yra

(GeSa)




Posting Komentar

0 Komentar