APENSO INDONESIA

header ads

TINGKATKAN IMUNITAS GURU - GURU SMP PGRI 6 MINUM YAKULT TIAP HARI

“TINGKATKAN IMUNITAS GURU - GURU SMP PGRI 6 MINUM YAKULT TIAP HARI“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Di tengah pandemi covid 19, imunitas tubuh merupakan salah satu aspek yang dapat melindungi kita dari wabah ini. Selain melakukan tindakan-tindakan yang telah banyak dihimbau oleh pemerintah dan lembaga – lembaga sosial lainnya, seperti menerapkan pembatasan sosial, cuci tangan pakai sabun, menggunakan masker, dan menghindari keramaian. 

Kita juga dapat melakukan tindakan yang membentengi diri dari serangan virus dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang bergizi, olah raga ringan dan istirahat tercukupi akan sangat membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Selain hal tersebut, satu hal penting untuk meningkatkan imunitas adalah menjaga diri agar tetap bahagia dan jauh dari stress. 

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa ada korelasi yang kuat antara kebahagiaan dan imunitas. Orang yang bahagia lebih kebal terhadap virus dan bakteri, sehingga mereka jarang terserang penyakit. Hal ini karena secara fisiologis, kondisi bahagia membantu tubuh lebih mudah dan lebih optimal menyerap vitamin dan mineral dari makanan. 

Dibandingkan jika seseorang berada dalam kondisi stress atau kurang bahagia. Hal ini berarti bahwa bukan cuma dilihat dari jenis makanan yang kita konsumsi, tapi juga dari aspek psikologis manusia juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuhnya. 

Kondisi bahagia juga membantu tubuh dalam memperlancar peredaran darah. Rasa bahagia memberikan energi positif berupa optimisme untuk melakukan semua hal. Optimisme juga membantu dalam memperlancar aliran darah ke seluruh bagian tubuh terutama ke jantung dan otak. 

Jika suplai darah ke otak memadai, ini sangat membantu dalam konsentrasi, berpikir dan menganalisis. Kondisi ini tentu sangat berguna dalam memecahkan berbagai tugas dan pekerjaan. Sementara aliran darah yang cukup ke jantung akan mencegah terjadinya sumbatan yang dapat menjadi resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke.

Oleh karena itu, penting sekali untuk mempertahankan atau meningkatkan level kebahagiaan. Apalagi ditengah wabah covid 19, seringkali muncul berita-berita yang menimbulkan kecemasan dan kepanikan. Belum rasa jenuh, karena harus tinggal di rumah dan tidak bisa ke mana-mana dalam jangka waktu yang tidak pasti. 

Hal ini juga bisa memicu pertengkaran atau konflik diantara anggota keluarga. Jika masing-masing tidak menemukan atau menerapkan satu pola yang menjamin keluarga dalam kondisi bahagia ataupun stabil.

Dalam kesempatan ini, saya akan mencoba membagikan tips untuk kita semua agar kita tetap bahagia di tengah covid 19. Sebelumnya, saya perlu ingatkan bahwa, secara general, terdapat korelasi antara kondisi fisik dan psikologis. Fisik mempengaruhi psikologis, begitu juga sebaliknya kondisi psikis juga berpengaruh terhadap kondisi fisik. Oleh karena itu, keduanya mesti ada keseimbangan. 

Hidup yang sejahtera adalah ketika terjadi keseimbangan antara fisik, psikis, sosial dan spiritual. Sistem imun adalah garda terdepan saat tubuh dimasuki kuman atau bakteri penyebab penyakit. Saat imun lemah, tubuh dengan mudah sakit dan terinfeksi. Itu alasannya, daya tahan tubuh harus selalu dijaga dengan baik. Terlebih lagi di masa pandemi virus corona seperti saat ini.

Pada dasarnya, sistem imun tubuh dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang secara teratur. Akan tetapi, itu saja rupanya belum cukup. Terkadang, tubuh Anda membutuhkan aktivitas yang meningkatkan imunitas untuk mencapai tingkat kebugaran yang optimal. Cara meningkatkan imun tubuh yang umum dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, dan juga mengonsumsi suplemen. 

Tertarik untuk melakukan satu atau lebih aktivitas yang meningkatkan imunitas di atas? Boleh saja, tapi pastikan juga Anda mendapatkan nutrisi yang lengkap dan cukup, olahraga secara teratur, cukup istirahat, serta menghindari stres. Dengan cara ini, imun tubuh dapat terus optimal.

Beberapa bulan hari ini ritme pekerjaan sangat tinggi apalagi di barengi dengan cuaca yang sangat tidak bersahabat dimana setiap hari selalu hujan deras dimana hal ini bisa menurunkan imunitas, SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir seperti biasa setiap hari Senin dan Kamis Sekolah kami selalu di datangi penjual Yakult.

Dimana pada hari Kamis, 28/1/2021 Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alhamdulilah dalam kesempatan ini mendapatkan bagian Yakult dari ibu MEI RATNA SUSANTI, S.Si dan ibu KIKI INAYATUL AISYAH, S.Pd masing – masing memberi Yakult tersebut ke bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd yang kondisinya lagi kecapekan.

Menurut bapak H. BANU ATMOKO alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwasannya beliau menghaturkan banyak terima kasih kepada ibu MEI RATNA SUSANTI, S.Si dan ibu KIKI INAYATUL AISYAH, S.Pd atas pemberian Yakult-nya, sehingga bisa menambah imunitas Penulis dan setelah minum Yakult tersebut alhamdulilah yang awalnya loyo akhirnya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd bisa beraktivitas kembali.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar