APENSO INDONESIA

header ads

Ajarkan Pembelajaran Aman Dan Nyaman Dengan E-Learning Di SMP PGRI 6 Surabaya Dan SDS AL-IKHLAS Surabaya

“Ajarkan Pembelajaran Aman Dan Nyaman
Dengan E-Learning Di SMP PGRI 6 Surabaya
Dan SDS AL-IKHLAS Surabaya“


Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi (Chandrawati, 2010). Sistem pembelajaran yang digunakan sebagai sarana untuk proses belajar mengajar yang dilaksanakan tanpa harus bertatap muka secara langsung antara guru dengan siswa (Ardiansyah, 2013). 

Karakteristik E-learning menurut Nursalam (2008:135) adalah : 1. Memanfaatkan jasa teknologi elektronik. Memanfaatkan keunggulan komputer (digital media dan komputer networks). 2. Menggunakan bahan ajar yang bersifat mandiri (self learning materials) kemudian disimpan di komputer, sehingga dapat diakses oleh dosen dan mahasiswa kapan saja dan dimana saja. 3. Memanfaatkan jadwal pembelajaran, kurikulum, hasil kemajuan belajar, dan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi pendidikan dapat dilihat setiap saat di komputer. 

Manfaat E-learning adalah : 1. Fleksibel. E-learning memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses perjalanan. 2. Belajar Mandiri. E-learning memberi kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar. 3. Efisiensi Biaya. E-learning memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggara, efisiensi penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar dan efisiensi biaya bagi pembelajar adalah biaya transportasi dan akomodasi. 

Microsoft 365 adalah produk layanan berlangganan yang ditawarkan oleh Microsoft sebagai bagian dari lini produk Microsoft Office. Secara umum, fasilitas Microsoft 365 terdiri dari perangkat lunak Microsoft Office serta perangkat lunak berbasis komputasi awan sebagai produk layanan untuk lingkungan bisnis, seperti Hosting Exchange Server, Skype for Business Server, dan SharePoint ditambah opsi tambahan layanan Windows 10 Enterprise

Semua paket Microsoft 365 diperbarui otomatis tanpa biaya tambahan. Setelah beta test yang dimulai pada Oktober 2010, Microsoft meluncurkan Office 365 pada 28 Juni 2011 sebagai pengganti Microsoft Business Productivity Online Suite (BPOS), yang awalnya ditujukan untuk pengguna korporat. Kemudian, Microsoft mengekspansi Office 365 untuk berbagai jenis bisnis dan untuk konsumen umum. 

Mulai kuartal keempat tahun fiskal 2017, pendapatan Microsoft dari Office 365 melebihi pendapatan dari Microsoft Office klasik. Pada 21 April 2020, Office 365 berganti nama menjadi Microsoft 365, yang menekankan fitur produktivitas dan layanan di luar paket perangkat lunak inti Microsoft Office. Merek Office 365 tetap digunakan untuk paket yang ditujukan untuk pasar perusahaan. 

Microsoft Teams adalah sebuah platform komunikasi dan kolaborasi terpadu yang menggabungkan fitur percakapan kerja, rapat video, penyimpanan berkas (termasuk kolaborasi pada berkas), dan integrasi aplikasi. Aplikasi ini terintegrasi dengan langganan Office 365 dan juga dapat diintegrasikan dengan produk selain buatan Microsoft. Microsoft Teams adalah kompetitor Slack, serta merupakan hasil evolusi dan peningkatan dari Microsoft Skype for Busines.

Dalam rangka Pembelajaran yang dilakukan selama Pandemi COVID - 19 proses pembelajaran jarak jauh dengan menggabungkan prinsip-prinsip dalam proses pembelajaran dengan teknologi sangat dibutuhkan, dimana SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya yang terdiri dari ibu MEI RATNA SUSANTI, S.Si, ibu DINA AYU SEPTYARINI, S.Pd, ibu DUWI LESTARI, S.E, ibu MEI KURNIATUL ADAWIYAH, S.Pd, ibu M. RACHMA WIDJAJATI, S.Pd, M.Si, ibu SULISTIANA, S.Pd, dan ibu FIRDA ERDYATI, S.Pd serta dari Guru – Guru SDS AL-IKHLAS Surabaya yang terdiri dari ibu ANIS LAILY MUFIDAH, S.Pd, ibu YUNI ISMARYATI, S.Pd, ibu SUGIARTI, S.Pd pada hari Selasa, 9/2/2021 sampai hari Kamis, 11/2/2021 selepas melakukan kegiatan pembelajaran pagi hari Guru – Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS AL-IKHLAS Surabaya menghadiri undangan penguatan pemanfaatan Microsoft Office 365 Tahun 2021 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya mulai pukul 13.00 sampai pukul 15.00. 

Dimana bapak/ibu Dewan Guru sangat antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran hari ini. Harapannya Guru- Guru terbiasa menggunakan M-TEAMS.

Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwasannya Beliau berharap agar Guru- Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS “AL-IKHLAS selama masa Pandemi COVID – 19 bisa menggunakan Aplikasi M- TEAMS. Alhamdulilah bila pelaksanaan MICROSOFT 365 Guru - Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS “AL-IKHLAS Surabaya sudah pernah diberikan oleh ibu RR. MARTININGSIH, S.Pd, M.Pd selaku Duta Rumah Belajar Jawa Timur sebelum MICROSOFT 365 booming di Surabaya Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya sudah siap menggunakan 365. 

Di samping itu, Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd berharap agar SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya bisa menjadi Sekolah Digitalisasi. Dimana semua Guru dan Siswa menggunakan Teknologi IT. Sehingga siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS “AL-IKHLAS Surabaya tidak merasa jenuh bila dilakukan pembelajaran secara daring.

Di kesempatan tersebut untuk meningkatkan imunitas bapak/ibu Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya dibelikan Rujak di BUK JARI, sambil mendengarkan Guru – Guru menikmati Rujak tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd berharap semoga bapak/ibu Guru dan Keluarga serta siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dapat menjaga kesehatan dan bisa menjalankan 5M tersebut  agar diberikan kesehatan serta dijauhkan dari COVID – 19 yang melanda negeri ini. Fokuslah pada Akhiratmu Insya Allah Urusan dunia akan mengikutimu, kata H. BANU ATMOKO, S.Pd.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar