APENSO INDONESIA

header ads

MELALUI LATIHAN PANAHAN AJARKAN SISWA/SISWI DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA UNTUK BERLATIH FOKUS

“MELALUI LATIHAN PANAHAN AJARKAN
SISWA/SISWI DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA UNTUK BERLATIH FOKUS”


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Olahraga panahan sering dianggap sebagai olahraga statis, namun atlet pemanah atau pemanah kompetitif benar-benar membutuhkan sejumlah besar kekuatan, ketahanan, dan fokus untuk tampil optimal. Jika Anda tidak akrab dengan olahraga ini, maka Anda mungkin akan terkejut untuk mengetahui ada banyak manfaat kesehatan yang ditimbulkan. Selain manfaat fisik, panahan dapat meningkatkan kesehatan mental Anda juga. 

Panahan adalah olahraga yang menuntut aktivitas fisik, namun banyak orang yang tidak berpartisipasi masih meremehkan tuntutan memanah. Karena ini termasuk olahraga yang berat, maka ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum memulai latihan, terutama jika memiliki penyakit. 

Memakai alat keselamatan seperti pelindung lengan, jari dan dada dapat melindungi Anda dari luka akibat terkena tali busur atau yang lainnya. Pelajari bentuk dan teknik panahan yang tepat dari instruktur yang berkualitas, untuk mengurangi kemungkinan cedera saat membidik. Jika Anda mengalami rasa sakit yang tajam atau tiba-tiba di bahu, lengan, siku, dada, atau punggung, maka berhentilah segera untuk mencegah cedera otot. 

Panahan adalah salah satu anjuran yang di sunnah-kan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan memanah bisa membuat diri kita mendapatkan berbagai manfaat yang bisa diambil. Banyak orang Islam yang kini melupakan panahan, padahal panahan cukup penting. 

Memanah melatih emosi untuk meletakkan ‘target’ pada satu tujuan. Bila emosi kita terganggu, sudah tentu tujuan bakal mudah melenceng. Secara tidak langsung berolahraga ini melatih kita untuk belajar tenang serta mengatur emosi. Seorang yang tidak tenang, gugup, pemarah, kurang sabar bukanlah seorang pemanah yang baik.

Memanah juga amat mengutamakan keseimbangan tubuh. Pada ketika melenturkan anak panah di busurnya, lantas melepaskannya memerlukan kemampuan fisik. Berolahraga ini dapat juga bangun konsentrasi serta konsentrasi dalam menyemai rasa tanggung jawab serta disiplin diri, tingkatkan jati diri serta kepercayaan pribadi. Orang yang mempunyai banyak ciri-ciri pribadi seperti ini Insya Allah bakal gampang melalui semua halangan dalam kehidupannya.

Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang, serta memanah, ” (HR Bukhari/Muslim). Lalu, dalam peluang lain, Rasullullah bersabda, ”Lemparkanlah (panah) serta tunggangilah (kuda). ” (HR Muslim)
Fokuslah pada Akhiratmu insya Allah urusan dunia akan mengikutimu.

Dalam melatih konsentrasi (Fokus) SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sebagai Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan dan Sekolah Religi setiap hari Sabtu diadakan kegiatan Rutinitas Panahan, seperti yang dilakukan pada hari Sabtu, 30/1/2021 seluruh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya melaksanakan kegiatan Panahan yang dilatih oleh Kak SYAHRUL, S.Pd alumni jurusan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya kelahiran November 1986 yersebut.

Sebelum memulai latihan Panahan tersebut Kak SYAHRUL, S.Pd yang usai rapat dengan Pengawas dan Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya memulai dengan pemanasan terlebih dahulu, agar otot – otot tidak kaku, masing – masing siswa diberikan kesempatan untuk mencoba memanah tepat pada papan yang sudah di sediakan dengan fokus. Dimana masing – masing siswa diberikan kesempatan melakukan Panahan untuk bisa tepat kepada papan angka yaitu sebanyak 3 kali tiap siswa.

Setelah Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya melakukan Latihan Panahan tersebut giliran Bapak/Ibu Dewan Guru yang terdiri dari ibu MEI RATNA SUSANTI, S,Si, ibu SUGIARTI, S.Pd, ibu M. RACHMA WIDJAJATI, S.Pd, M.Si, ibu DUWI LESTARI, S.E. Selesai rapat Bapak/Ibu Guru tersebut didamping Pelatih Kak SYAHRUL, S.Pd langsung menggunakan Alat Panahan tersebut. Mereka semua sangat antusias dalam mengikuti Panahan tersebut. Bapak/Ibu Dewan Guru SMP PGRI 6 Surabaya berhenti Latihan Panahannya karena hujan akhirnya mereka semua masuk ke dalam Ruang Guru.

Dalam kesempatan tersebut Kepala SMP PGRI 6 Surabay alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwa kegiatan Panahan ini adalah kegiatan rutinitas yang dilakukan setiap hari Sabtu pagi. Dengan berlatih Panahan bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd berharap fokuslah pada akhiratmu Insya Allah urusan dunia akan mengikutimu. Dengan Panahan melatih kita konsentrasi, di samping itu juga Latihan Panahan bisa meningkatkan imun, menjaga kesehatan baik Guru maupun Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya. 

Dalam kesempatan tersebut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd berpesan semoga Bapak/Ibu Guru dan Keluarga serta Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dapat menjaga kesehatan dan bisa menjalankan 5M tersebut agar kita, keluarga kita diberikan kesehatan serta dijauhkan dari COVID – 19 yang melanda negeri ini. Fokuslah pada Akhiratmu Insya Allah urusan dunia akan mengikutimu, kata bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd.

#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar