APENSO INDONESIA

header ads

Melalui Pembuatan Soal Persiapkan Anak Didik Untuk Siap Dan Sukses AKM 2021 Di Wilayah Utara

“Melalui Pembuatan Soal Persiapkan Anak Didik Untuk Siap Dan Sukses AKM 2021 Di Wilayah Utara”


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Pelatihan adalah proses pengubahan sistematik perilaku para karyawan dalam suatu arah guna meningkatkan tujuan organisasional. Dengan demikian pelatihan adalah suatu proses peningkatan dan usaha untuk menyempurnakan bakat, keterampilan, kecakapan, kemampuan dan keahlian karyawan dalam menjalankan tugas pekerjaannya serta guna mewujudkan tujuan perusahaan.

Pelatihan merupakan salah satu usaha dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia dalam dunia kerja. Karyawan baik yang baru ataupun yang sudah bekerja perlu mengikuti pelatihan karena adanya tuntutan pekerjaan yang dapat berubah akibat perubahan lingkungan kerja, strategi, dan lain sebagainya. 

Pelatihan adalah setiap usaha untuk memperbaiki performasi pekerjaan pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi jawabnya atau suatu pekerjaan yang ada kaitannya dengan pekerjaan supaya efektif. Pelatihan biasanya harus mencakup pengalaman belajar, aktifitas-aktifitas yang terencana dan desain sebagai jawaban atas kebutuhan-kebutuhan yang berhasil diidentifikasikan. 

Pelatihan dimaksudkan untuk memperbaiki penguasaan berbagai keterampilan dan teknik pelaksanaan pekerjaan tertentu, terperinci dan rutin. Pelatihan Iebih terarah pada peningkatan kemampuan dan keahlian SDM organisasi yang berkaitan dengan jabatan atau fungsi yang menjadi tanggung jawab individu yang bersangkutan saat ini (current job oriented). 

Sasaran yang ingin dicapai dan suatu program pelatihan adalah peningkatan kinerja individu dalam jabatan atau fungsi saat ini. Pengembangan cenderung lebih bersifat formal, menyangkut antisipasi kemampuan dan keahlian individu yang harus dipersiapkan bagi kepentingan jabatan yang akan datang. Sasaran dan program pengembangan menyangkut aspek yang lebih luas yaitu peningkatan kemampuan individu untuk mengantisipasi perubahan yang mungkin terjadi tanpa direncanakan (unplened change) atau perubahan yang direncanakan (planed change). 

Tujuan Pelatihan untuk peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan saat ini. Dengan sasaran Peningkatan kinerja jangka pendek, Orientasinya untuk kebutuhan jabatan sekarang, dan Efek terhadap keterkaitan dengan karir relatif rendah. 

Sementara pengembangan memiliki tujuan untuk peningkatan kemampuan individu bagi kepentingan jabatan yang akan datang, sasarannya untuk Peningkatan kinerja jangka panjang dan orientasi nya pada Kebutuhan perubahan terencana atau tidak terencana, sementara efek terhadap keterkaitan dengan karir relatif tinggi.

Setelah melaksanakan kegiatan Pelatihan Guru Matematika Dan IPA SMP Swasta Surabaya Utara yang diadakan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dengan Departemen Matematika ITS mulai hari Rabu, 3/2/2021 sampai hari Jum’at, 5/2/2021 dimana setelah mengikuti pelatihan tersebut Guru – Guru Matematika Dan IPA membuat Soal AKM yang akan diserahkan ke Dinas Pendidikan Kota Surabaya untuk jadi Bank Soal untuk AKM ( Numerasi ).  

Dimana setiap Guru membuat 10 Soal AKM, yang dimana 1 wilayah nanti Soal tersebut dijadikan 1 se wilayah Surabaya Utara. Setelah itu, Soal baru di kirim ke ITS. 

Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara menyampaikan kepada bapak/ibu Guru Pengampu Mata Pelajaran Matematika Dan IPA bahwasannya dalam membuat Soal AKM harus mengacu pada 5 bentuk soal AKM yaitu :
- Pilihan ganda : memilih satu jawaban benar dari tiap soal.
- Pilihan ganda kompleks : memilih lebih dari satu jawaban benar dalam satu soal. 
- Menjodohkan : menjawab dengan menarik garis dari satu titik ke titik lainnya yang merupakan pasangan pertanyaan dengan jawabannya.
- Isian singkat : menjawab berupa bilangan, kata untuk menyebutkan nama benda, tempat, atau jawaban pasti lainnya. 
- Uraian : menjawab soal berupa kalimat-kalimat untuk menjelaskan jawabannya. 

Bapak alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 tersebut berharap agar bapak/ibu Dewan Guru Dapat membuat Soal yang bobotnya sama dengan Soal AKM. Jadi harapannya MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bisa mempunyai Bank Soal AKM dengan 5 tipe soal yaitu Pilihan ganda, Pilihan ganda kompleks, Menjodohkan, Isian singkat, dan Uraian. 

Alhamdulilah, jika 1 Guru Mata Pelajaran membuat 10 Soal. Alhasil bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd meminta agar Soal tersebut dapat diserahkan melalui bapak ENDRO SUBIYANTORO, S.Pd dari SMP UNESA 1 dan bapak KHAIRUDIN, S.Pd dari SMP Muhammadiyah 15 Surabaya. Dari mereka berdua baik Mata Pelajaran Matematika maupun IPA. Dari pihak ITS meminta agar pengumpulan hari Senin tanggal 15 Februari 2021. 

Tapi bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd meminta agar Soal sebelum tanggal 13 Februari 2021 sudah clear. Sehingga Soal - Soal tersebut bisa diserahkan ke Dinas Pendidikan Kota Surabaya sebagai Bank Soal untuk AKM 2021 yang akan dimulai September – Oktober 2021. Setelah mengumpulkan Tugas tersebut Alhamdulilah, Insya Allah nanti dari Pihak Departemen Matematika ITS akan mendapatkan Sertifikat telah mengikuti kegiatan tersebut selama 3 hari dan mengerjakan tugas membuat soal sebagai Produk.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd berdoa semoga bapak/ibu Guru dan Keluarga serta siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dapat menjaga kesehatan dan bisa menjalankan 5M tersebut agar diberikan kesehatan serta dijauhkan dari COVID – 19 yang melanda negeri ini. Fokuslah pada Akhiratmu Insya Allah Urusan dunia akan mengikutimu, kata H. BANU ATMOKO, S.Pd.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat







Posting Komentar

0 Komentar