APENSO INDONESIA

header ads

MUDA ALAMILAH TUA

MUDA ALAMILAH TUA 

Oleh : apensoindonesia.com



Maaf, tulisan ini agak butuh dahi bekernyit (mikir). Mungkin kurang nyaman dibaca. Banyak kalimat "bijak" butuh arti.

---------

Dulu. Saat muda. Seakan hidup masih panjang. Lama. Tak terhingga. Memang. Itupun kalau berumur panjang.

Munculah berbagai kata - kata bijak. "berakit - rakit ke hulu, berenang ke tepian. Bersakit - sakit dulu, bersenang - senang kemudian".

Ada pula. "Jagalah mudamu, sebelum datang tuamu". Artinya, saat muda, kuat, siapkan peralatan ibadah. Saat tua tidak repot.

Sudah banyak pitutur. "Urip mung mampir ngombe" (hidup di dunia hanyalah mampir minum). Itu peribahasa. Artinya, di dunia hanyalah sebentar. Mampir, pasti sebentar. Ngombe (minum). Bagai haus mencari "minum" bekal perjalanan selanjutnya. Biar tidak lelah. Selamat.

Haus bisa minum. Haus bisa minum (meneguk/mendapat) ilmu. Termasuk ilmu pengetahuan. (Jawa : ngudi kaweruh). "minum ilmu atau ilmu pengetahuan".

Ada istilah "menimba ilmu". Tampak ilmu itu seperti air. Di timba.  Karena, timba memang wadah (tempat) air. Menimba di sumur. Jelas, minum (ngombe) kata sanepan/peribahasa berarti mencari/mendapat ilmu.

Haus, minum : tahu yang diperintah (dibolehkan), sekaligus yang dilarang Allah SWT. Itu semua akan tahu jika belajar, mencari, dari ilmu yang ada. Dimanapun. Dijalani. Tujuan : sebagai pedoman hidup, selamat.

Dunia, memang alam bisa rusak. Alam fana. Nyata. Segala fisik yang ada di dunia. Pasti ada masa edar. Masa kedaluwarsa. Expired.

Jelas. Di dunia. Tidak mungkin hidup selamanya.

Saat tua. Sangat terasa hidup sebentar. Terasa hanya sebentar. Sebab, yang lalu masih ingat. Seakan baru saja.

Saat bisa ingat. Sampai tua. Hampir semua ingat. Gamblang. Padahal sudah puluhan tahun hidup. Ada yang sudah di atas lima puluh tahun, hidup.

Saat tua. Merasakan. Menyakini "hidup hanya sebentar". Relatif benar.

Itu sebagai bukti. Bahwa akal tak pernah mati. Akal tak pernah tua. Walau fisik akan tua. Rusak. Wafat. Habis masa edarnya.

Semoga semua mengalami tua. Sebab, yang muda. Belum tentu bisa tua. Belum tentu mengalami tua.

Salam sehat selalu.....aamiin yra.

(GeSa)


Posting Komentar

0 Komentar