APENSO INDONESIA

header ads

AJAK SMP SWASTA SURABAYA UTARA AKUNTABEL, AKURAT, DAN TRANSPARAN DALAM PELAPORAN BOS DAN BPD

“AJAK SMP SWASTA SURABAYA UTARA AKUNTABEL, AKURAT, DAN TRANSPARAN DALAM PELAPORAN BOS DAN BPD“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Untuk memenuhi mekanisme fasilitasi penyusunan dan penyampaian laporan keuangan Satuan Kerja kepada unit akuntansi wilayah sehingga diharapkan keakuratan dan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. 

Rekonsiliasi merupakan bagian dari mekanisme fasilitasi penyusunan dan penyampaian laporan keuangan satuan kerja kepada unit akuntansi wilayah yang bertujuan untuk menyamakan data dan persepsi terkait data keuangan.

Laporan keuangan yang disusun, tidak hanya akurat, transparan dan akuntabel, tetapi juga INOVATIF agar informasi yang dapat sajikan nantinya bisa dengan mudah dibaca dan dimengerti oleh masyarakat luas.

Dalam mewujudkan pelaporan keuangan yang transparan, akurat, dan akuntabel, MKKS SMP Swasta Surabaya Utara pada hari Sabtu, 20/3/2021 mengadakan kegiatan Pelatihan Sosialisasi Pelaporan BOS dan BPD yang di ikuti sekitar 100 orang Kepala Sekolah SMP serta 2 SD yaitu SD Barunawati dan SD Tamiriyah Swasta Surabaya Utara dan Bendahara. 

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di SMP YP 17 Surabaya, Jalan Randu No 17 Surabaya. Kegiatan tersebut dimulai pukul 09.00 wib. Dalam sambutannya, Penulis yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang juga alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 menyampaikan Terima kasih banyak kepada Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang selalu mendukung Program MKKS SMP Swasta Surabaya Utara.

(Gambar Ilustrasi : Ketika kegiatan berlangsung)


Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir menyampaikan juga agar teman – teman Bendahara Sekolah selepas dari Pelatihan ini tidak terpengaruh oleh apapun dan siapapun. Fokus pada materi yang sudah diajarkan oleh Pemateri hari ini yaitu bapak IWAN HIMAWAN, S.E selaku Kepala sub bagian keuangan, bapak SATYA selaku Kordinator Penyelia, dan bapak HERI selaku Programee SIPKS 2021.

Dalam kesempatan ini, Penulis berharap agar bapak/ibu Kepala SMP Swasta Surabaya Utara dapat menyelesaikan laporan keuangan dengan tepat waktu, sehingga tidak mendapatkan surat cinta dari Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

Di samping itu, Penulis berharap agar para Pemateri dapat dengan telaten dan sabar dalam memberikan ilmu tentang Pelaporan SIPKS ini kepada Kepala SMP Swasta dan Bendahara di wilayah Surabaya Utara, sehingga SMP Swasta Surabaya Utara bisa memberikan Pelaporan yang akurat, transparan, dan akuntabel.

Selanjutnya, ibu IKE INAYUMIKI, S.E., M.Si selaku Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh MKKS SMP Swasta Surabaya Utara. Hal ini adalah terobosan dari Sekolah agar Pelaporan bisa sesuai transparan, akurat, dan akuntabel, serta tepat waktu, sehingga tidak ada lagi Sekolah – Sekolah mendapatkan surat cinta dari Dinas.

Menurut Perempuan kelahiran September 1973 tersebut, berharap agar kegiatan ini bisa di teruskan dan ditularkan ke SMP Swasta di wilayah Surabaya yang lain, serta beliau berharap agar bapak/ibu Kepala SMP Swasta Surabaya Utara dan Bendahara dapat mengikuti Sosialisasi ini dengan sebaik - baiknya dan semoga ilmu yang di dapat bisa bermanfaat untuk mewujudkan Sekolah yang akurat, transparan, dan akuntabel dalam Pelaporan Dana. 

Selesai sambutan dari ibu Sekretaris Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, materi Pertama di isi oleh bapak IWAN HIMAWAN, S.E selaku Kepala SUB BAGIAN KEUANGAN. Dalam kesempatan tersebut, Pria kelahiran November 1977 menjelaskan tentang Materi PERTANGGUNG JAWABAN DAN PERPAJAKAN BOS, sedangkan bapak SETYA selaku Kordinator Penyelia menyampaikan tentang PERMENDIKBUD Nomor 6 Tahun 2021 Tentang JUKNIS BOS 2021 tentang apa yang diperbolehkan untuk dinelanjakan dalam BOSNAS tersebut.

Materi yang dinanti - nantikan oleh Kepala SMP Swasta Surabaya Utara dan Bendahara adalah PENGISIAN PELAPORAN BOS dan BPD melalui APLIKASI SIPKS dimana Login di https://sipks.dispendik.surabaya.go.id/login yang disampaikan oleh bapak HERI. Dalam kesempatan tersebut, Bendahara SMP Swasta Surabaya Utara didampingi Kepala SMP Swasta Surabaya Utara langsung Praktek membuat Alokasi Anggaran BOSNAS 2021. Para bendahara sekolah sangat antusias dalam mengikuti kegiatan hari ini yang disampaikan oleh bapak HERI Pengganti dari bapak HARUN yang menjadi ASN di daerah Mojokerto. Dalam kesempatan tersebut menjelaskan dengan pelan, telaten membimbing para Bendahara dan Kepala SMP Swasta Surabaya didampingi bapak IWAN HIMAWAN, S.E dan bapak SATYA. 

Alhamdulialh, materi Alokasi Anggaran untuk BOSNAS 2021 sudah terselesaikan oleh SMP Swasta Surabaya Utara, sehingga di bulan April 2021 SMP Swasta Surabaya siap untuk memberikan Pelaporan sesuai Alokasi yang sudah dibuat tersebut. Tak terasa materi yang di sampaikan 3 Narasumber hampir 3 Jam lebih. Akhirnya, Pemateri dan Peserta menikmati hidangan makan siang sayur asem, Daging Rendang.

Menurut bapak AINUL YAQIN, S.Si selaku Kepala SMP Swachid Hasyim 1 Surabaya yang juga Wakil Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara, acara hari ini adalah acara yang sangat luar biasa, sehingga harapannya SMP Swasta Surabaya bisa menjadi Sekolah yang transparan, akuran, dan akuntabel dalam pelaporan anggaran dana baik BOS maupun BPD. Dalam kesempatan tersebut, bapak AINUL YAQIN, S.Si juga berharap agar PPDB 2021/2022 SMP Swasta Utara mendapatkan siswa/siswi yang banyak, berkah barokah selamanya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#guruhebat


Posting Komentar

0 Komentar