APENSO INDONESIA

header ads

Alhamdulillah Kebun Buah Tomat Menghiasi Sekolahku

Alhamdulillah Kebun Buah Tomat Menghiasi Sekolahku”

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Tomat merupakan tanaman yang bisa tumbuh di segala tempat. Tanaman tomat dapat tumbuh baik di dataran tinggi (lebih dari 700 mdpl), dataran medium (200-700 mdpl), dan dataran rendah (kurang dari 200 mdpl). Untuk pertumbuhan yang baik, tomat membutuhkan tanah yang gembur, kadar keasaman pH antara lain 5-6, tanah sedikit mengandung pasir, dan banyak mengandung humus, serta pengairan yang teratur dan cukup.

Pada temperatur tinggi (di atas 32 derajat celcius) warna buah tomat cenderung kuning, sedangkan pada temperatur tidak tetap warna buah cenderung tidak merata. Temperatur ideal dan berpengaruh baik terhadap warna buah tomat adalah antara 24 - 28 derajat celcius yang umumnya merah merata.

Keadaan temperatur dan kelembaban yang tinggi, berpengaruh kurang baik terhadap pertumbuhan, produksi dan kualitas buah tomat. Kelembaban yang relatif diperlukan untuk tanaman tomat adalah 80%. Tanaman tomat memerlukan intensitas cahaya matahari sekitar 10-12 jam tiap hari. 

Tomat dapat dipanen pertama kali setelah berumur 90 hari sejak pindah tanam. Selanjutnya, panen bisa dilakukan setiap 3-5 hari sekali hingga buah habis. Tomat yang akan dipasarkan dalam jarak jauh sebaiknya dipanen pada tingkat keemasan 75% yaitu ketika tomat masih hijau atau kira-kira 5 hari lagi menjadi merah, sedangkan untuk jarak dekat tingkat kemasakan 90% yakni ketika tomat berwarna kuning kemerah-merahan.

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. Untuk mewujudkan sekolah yang bersih dan hijau sehingga membuat siswa baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS "AL-IKHLAS Surabaya nyaman dalam belajar di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya, selalu ada hal – hal yang dilakukan oleh pihak Sekolah tersebut.

Dimana pada hari Senin, 8/3/2021 SMP PGRI 6 Surabaya kini mempunyai tanaman buah Tomat. 
"Alhamdulilah, tanaman buah Tomat sudah merah – merah," kata Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd selaku Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 tersebut. 

Alhamdulilah, dengan kondisi halaman yang sederhana banyak sekali tanaman dan buah – buahan di SMP PGRI 6 Surabaya terdapat Tomat, Mangga, Lamtoro, dan yang paling baru adalah tanaman pohon Pisang Canva (pemberian dari ibu Dra. Hj. NANIK PATRIYAH, M.Pd Kepala SMP Negeri 5 Surabaya). Semoga tanaman Pisang tersebut bisa tumbuh subur, sehingga bisa semakin menjadikan SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya semakin hijau dengan banyak tanaman yang harapannya siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya merasa nyaman di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS. 

Semoga tanaman Tomat ini kelak jika panen sekalian bersamaan dengan panen Lele dan tanaman Kangkung, sehingga Tomat nya bisa dibuat sambal lele penyet untuk dimakan Guru – Guru di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya guna meningkatkan imunitas Guru – Guru selama masa pandemi saat ini.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd juga berdoa semoga bapak/ibu Guru dan keluarga serta siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dapat menjaga kesehatan dan bisa menjalankan 5M agar kita semua diberikan kesehatan serta dijauhkan dari Covid – 19 yang melanda negeri ini. Fokuslah pada Akhiratmu Insya Allah urusan dunia akan mengikutimu, kata H. BANU ATMOKO, S.Pd.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar