APENSO INDONESIA

header ads

Bahagianya Bisa Ikut Hadir Launching Buku "Negara dan Politik Kesejahteraan"

Bahagianya Bisa Ikut Hadir Launching Buku "Negara dan Politik Kesejahteraan"

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Wakil Ketua DPR yang juga Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar meluncurkan buku "Negara dan Politik Kesejahteraan", yang dilaksanakan dalam sebuah acara di Jakarta. 

Menurut Cak Imin atau Gus Ami, dirinya menganggap buku barunya itu merupakan bentuk pertanggungjawaban sebagai wakil ketua DPR. Isinya merupakan catatan rekam perjalanan satu tahun periode sejak dilantik tahun 2019 lalu. Isinya berupa laporan kunjungan, pidato, dan berbagai pertemuan yang dilakukannya dalam kapasitas sebagai pimpinan DPR. Termasuk juga mengungkap berbagai pernyataan di berbagai media menyangkut berbagai isu nasional.

Salah satu yang kemudian dibahasnya lebih mendalam adalah kondisi Indonesia saat ini yang sedang menghadapi berbagai permasalahan. Khususnya pandemi Covid-19, yang disebut Muhaimin telah membuat bangsa Indonesia harus berpikir ulang tentang strategi dan rencana perjuangannya.

"Bencana Covid-19 yang terjadi telah membuat bangsa ini memulai lagi dari titik nol bahkan minus suasana ekonomi Indonesia. Sedikitnya tiga sampai empat juta orang mulai kehilangan pekerjaan, dan 27,5 juta orang masuk kategori miskin akibat pandemi," kata Muhaimin. 

Maka itu, dia menilai negara wajib hadir memastikan kesejahteraan masyarakat, memberikan solusi atas dampak masalah yang terjadi. Dan adalah esensi bagi negara hadir untuk memberikan jalan keluar bagi rakyatnya.

"Pemerintah perlu reorientasi politik kesejahteraan. Pengelolaan negara arah politik kesejahteraan terletak pada komitmen negara dalam memberikan keleluasaan, akses, peluang pada warga dalam meningkatkan taraf hidup serta pengaturan institusional yang dapat menjamin kesejahteraan.

Pada hari Kamis, 18/3/2021 Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir menghadiri acara launching buku "Negara dan Politik Kesejahteraan", yang dilakukan secara daring via Zoom.

Cak Imin atau Gus Ami menyampaikan ada empat langkah fundamental untuk mewujudkan visi politik kesejahteraan.

Pertama, negara harus menjadikan sistem jaminan sosial baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Kedua, komitmen politik kesejahteraan harus dimulai dengan pemenuhan hak dasar warga negara, pembangunan berbasis sumber daya produktif perekonomian sebagai penopang sistem jaminan sosial.

Ketiga, politik kesejahteraan harus bertindak pada asas bahwa pertumbuhan ekonomi beserta hasil pembangunan yang dihasilkan harus berorientasi pada pemerataan ekonomi yang berkeadilan. Keempat, menciptakan pemerintahan kuat dan responsif terhadap persoalan publik.

Bagi Cak Imin, negara harus bisa menjawab pertanyaan besar soal kebijakan seperti apa yang harus diambil demi memastikan perannya di tengah kehidupan langsung masyarakat.

"Keberadaan negara harus memberi solusi langsung untuk masalah yang dihadapi masyarakat. Itulah esensi dari negara hadir untuk memberikan jalan keluar masalah - masalah langsung yang dihadapi rakyatnya.

Dalam kesempatan tersebut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd juga berdoa semoga bapak/ibu Guru dan keluarga serta siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dapat menjaga kesehatan dan bisa menjalankan 5M agar kita semua diberikan kesehatan serta dijauhkan dari Covid – 19 yang melanda negeri ini. Fokuslah pada Akhiratmu Insya Allah urusan dunia akan mengikutimu, kata H. BANU ATMOKO, S.Pd.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar