APENSO INDONESIA

header ads

DAPAT ILMUNYA DAPAT PERSAUDARAANNYA

“DAPAT ILMUNYA DAPAT PERSAUDARAANNYA“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Persaudaraan adalah hal penting bagi umat manusia, terutama bagi orang Islam. Persaudaraan antar sesama dapat memperkokoh satu sama lain sehingga orang Islam kuat dalam banyak bidang. 

Terkait pentingnya persaudaraan Islam Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu hadisnya sebagai berikut :

وَعَنْ أنَسٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عليهِ وسلم : لاَتَقَا طَعُوا وَلاَتَدَا بَرُوا وَلَاتَبَا غَضُوا وَلاَتَحَا سَدُوا ، وَكُونُواعِبَادَ اللهِ إخْوَانًا ، وَلاَيَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أنْ يَهْجُرَ أخَاهُ فَوْقَ ثَلاَثٍ . مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

Artinya : "Anas RA berkata : Rasulullah SAW bersabda : jangan putus-memutus hubungan dan jangan belakang-membelakangi dan jangan benci-membenci, dan jangan hasud-menghasud dan jadilah kamu hamba Allah sebagai saudara, dan tidak dihalalkan bagi seorang muslim memboikot saudaranya sesama muslim lebih dari tiga hari." (HR Bukhari Muslim).

Mengapa Islam amat menganjurkan persatuan dan persaudaraan, sebab pada hakikatnya semua manusia adalah satu saudara. Tidak mungkin ada saudara yang mau menyakiti saudaranya yang lain. Rasulullah bersabda :

عَنْ أبْنِ عُمَرَ رَضِى الله عَنْه قَالَ: قَالَ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّمَ: الْمُسْلِمُ أَخُوْ الْمُسْلِمِ لا يَضْلِمُهُ ولايخذله وَلا يُسْلِمُهُ

Artinya : “Diriwayatkan dari Ibnu Umar, beliau berkata : “Rasulullah SAW bersabda : Seorang muslim itu adalah saudara muslim yang lain. Oleh sebab itu, jangan menzalimi dan meremehkannya dan jangan pula menyakitinya.” (HR. Ahmad, Bukhori dan Muslim). 

Tidak bolehnya kita menyakiti orang lain dan harus mengedepankan persaudaraan sebab kita sendiri menginginkan selalu dijadikan orang-orang yang ingin dicintai. Maka demikian kita pun harus mencintai orang lain.

Rasulullah kembali bersabda demikian :

. قَالَ عَبْد اللَّهِ حَدَّثَنَا أَبُو مَعْمَرٍ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ قَالَ أَخْبَرَنَا سَيَّارٌ عَنْ خَالِدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الْقَسْرِيِّ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِجَدِّهِ يَزِيدَ بْنِ أَسَدٍ أَحِبَّ لِلنَّاسِ مَا تُحِبُّ لِنَفْسِكَ – أحمد

Artinya : "Abdullah berkata; telah menceritakan kepada kami Abu Ma’mar telah menceritakan kepada kami Hutsaim berkata; telah mengabarkan kepada kami Sayyar dari Khalid bin Abdullah Al Qasri dari Bapaknya sesungguhnya Nabi Shallallahu’alaihiwasallam bersabda kepada kakeknya, Yazid bin Asad, “Cintailah kepada manusia sebagaimana kamu mencintai dirimu.” (HR.Ahmad). Itulah ketentuan bersaudara yang amat dijunjung tinggi dalam Islam.

Dalam menjadikan Sekolah yang unggul, Sekolah yang berkualitas MKKS SMP Swasta kecamatan Semampir pada hari Jum'at, 12/3/2021 berangkat pukul 21.00 dari SMP KEMALA BHAYANGKARI 8 Surabaya di Jalan Sidotopo Lor Nomor 22 Surabaya. Dimana rombongan MKKS SMP Swasta kecamatan Semampir menuju ke Kota Banyuwangi. 

Dimana pukul 00.00 rombongan berhenti sejenak di Utama Raya. Di sana diisi dengan aktivitas makan malam yang sudah disediakan oleh pihak Travel. Dari Utama Raya melanjutkan perjalanan ke Kota Banyuwangi, pukul 04,30 rombongan berhenti di masjid daerah Banyuwangi untuk melaksanakan Sholat Shubuh. Selesai Sholat Shubuh rombongan MKKS SMP Swasta kecamatan Semampir menuju Ke Pantai Jagir. 

Setelah itu, sore hari menuju ke SMP Swasta terbaik di Banyuwangi. Di sana MKKS SMP Swasta kecamatan Semampir belajar banyak tentang Manajemen di sekolah tersebut. Setelah itu dari SMP tersebut, rombongan MKKS SMP Swasta kecamatan Semampir menuju ke Desa Osing. Di sana kita rombongan belajar tentang adat suku Osing mulai tarian, makanan, dan lain sebagainya.

Setelah dari Desa Osing, rombongan menuju ke Hotel Luminor Banyuwangi. Sore hari pukul 16.30 rombongan menuju ke aterboom untuk menikmati indahnya Pantai di Kota Banyuwangi dan setelah itu, menuju ke Restoran Osing untuk makan malam dan rapat MKKS SMP Swasta kecamatan Semampir.

Dalam kesempatan tersebut, Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara mengajak sekolah - sekolah untuk menjadi Sekolah yang Unggul dan siap untuk akreditasi dan PPDB. Dalam kesempatan ini, Penulis berharap agar Persaudaraan dan Persahabatan ini tetap terjalin sampai kapanpun dan dimanapun.

Dalam kesempatan tersebut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd juga berdoa semoga bapak/ibu Guru dan keluarga serta siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dapat menjaga kesehatan dan bisa menjalankan 5M agar kita semua diberikan kesehatan serta dijauhkan dari Covid – 19 yang melanda negeri ini. Fokuslah pada Akhiratmu Insya Allah urusan dunia akan mengikutimu, kata H. BANU ATMOKO, S.Pd.
#TantanganGuruSiana
#dispendik Surabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar