APENSO INDONESIA

header ads

Manfaatkan Akun Pembelajaran belajar.id Untuk Tingkatkan Kompetensi Di SMP PGRI 6 Surabaya

Manfaatkan Akun Pembelajaran belajar.id
Untuk Tingkatkan Kompetensi Di SMP PGRI 6 Surabaya

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Kompetensi dalam bahasa Indonesia merupakan serapan dari bahasa Inggris, competence yang berarti kecakapan dan kemampuan. Kompetensi adalah kumpulan pengetahuan, perilaku, dan ketrampilan yang harus dimiliki guru untuk mencapai tujuan pembelajaran dan pendidikan. 

Kompetensi diperoleh melalui pendidikan, pelatihan, dan belajar mandiri dengan memanfaatkan sumber belajar. Kompetensi tidak hanya terkait dengan kesuksesan seseorang dalam menjalankan tugasnya, tetapi apakah ia juga berhasil bekerja sama dalam sebuah tim, sehingga tujuan lembaganya tercapai sesuai harapan. 

Kompetensi adalah kemampuan untuk mencapai tujuan organisasi, tujuan lembaga hanya munngkin tercapai ketika individu dalam lembaga itu bekerja sebagai tim sesuai standar yang diterapkan. 

Dari beberapa penjelasan mengenai kompetensi dapat ditarik kesimpulan bahwa kompetensi merupakan kemampuan seseorang yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap, yang dapat diwujudkan dalam hasil kerja nyata yang bermanfaat bagi diri dan lingkungannya. 

Ketiga aspek kemampuan ini saling terkait dan mempengaruhi satu sama lain. Kondisi fisik dan mental serta spiritual seseorang besar pengaruhnya terhadap produktivitas kerja seseorang, maka tiga aspek ini harus dijaga pula sesuai standar yang disepakati.

Sedangkan guru, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti seseorang yang memiliki profesi mengajar. Sedangkan, di dalam bahasa Arab guru bisa disebut dengan Al – Mudarris yang dapat diartikan sebagai seseorang yang mengajar atau memberikan pengajaran atau juga dapat disebut Ustadz yang berarti seseorang yang mengajar dalam bidang Agama Islam. 

Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

Seiring dengan pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang terus diperpanjang setelah hampir setahun karena wabah covid yang belum mereda, maka perlu dibuat kebijakan untuk mempermudah guru dan siswa dalam mengelola KBM. Dalam rangka menjamin kelancaran proses pembelajaran, memudahkan pendidik dan peserta didik mengakses layanan pembelajaran. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) meluncurkan Akun Pembelajaran dengan domain belajar.id.

Pada hari Kamis, 25/3/2021 SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir kedatangan tamu yaitu Duta Rumah Belajar yaitu ibu Raden Roro Martiningsih, S.Pd, M.Pd.

Kedatangan ke SMP PGRI 6 Surabaya adalah mengajarkan Guru - Guru SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan tentang Akun Pembelajaran dengan domain belajar.id. Dimana Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya belajar mengenai mendesain banner, flayer, kartu nama dengan Google slide dari pemanfaatan akun belajar.id.

Guru perlu terus meningkatkan kemampuan dan kompetensinya dalam menjalankan profesi. Meskipun di tengah Pandemi Covid-19, Guru-Guru SMP PGRI 6 Surabaya mendapat kesempatan dilatih memanfaatkan akun belajar.id dari Duta Rumah Belajar Raden Roro Martiningsih.

Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Banu Atmoko mengatakan, belajar.id merupakan akun pembelajaran elektronik yang memuat nama akun yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk peserta didik, pendidik, dana tenaga kependidikan. 

“Akun ini nantinya bisa digunakan untuk mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik untuk mendukung pembelajaran dari rumah maupun pembeljaran tatap muka melalui penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” katanya. 

Penulis yang alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 mengungkapkan, kegiatan pelatihan pemanfaatan akun belajar.id meliputi kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk perbaikan dan pertumbuhan kemampuan (abilities), dan keterampilan (skill) dalam memanfaatkan akun belajar.id.

“Dari kegiatan ini diharapkan akan menghasilkan suatu perubahan yang secara nyata berdampak pada peningkatan kinerja guru dalam proses belajar mengajar di kelas maupun saat daring,” terangnya. 

Peningkatan kompetensi guru, lanjut dia, merupakan tuntutan profesi seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Meningkatkan Kompetensi Guru menjadi bagian penting yang harus selalu dilakukan secara terus menerus atau berkelanjutan untuk menjaga profesionalitas Guru di SMP PGRI 6 Surabaya. 

Guru juga harus belajar beradaptasi dengan hal - hal baru yang berlaku saat ini, di antaranya yaitu memanfaatkan akun belajar.id untuk membuat desain materi pembelajaran lebih menarik. Dalam kondisi ini, seorang Guru dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai perubahan yang baru. Dan terakhit, untuk mendapatkan sertifikat google 32 jam dianjurkan mengisi link berikut ini bit.ly/laporanbelajargoogle.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#guruhebat


Posting Komentar

0 Komentar