APENSO INDONESIA

header ads

MELALUI SOSIALISASI INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2021 JADIKAN SMP SWASTA UTARA MENJADI SEKOLAH UNGGUL

MELALUI SOSIALISASI INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2021 JADIKAN SMP SWASTA UTARA MENJADI SEKOLAH UNGGUL

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Akreditasi suatu proses yang berkesinambungan dari evaluasi diri, refleksi, dan perbaikan (“Accreditation is a continuous process of self-evaluation, reflection, and improvement). 

Akreditasi dapat juga diartikan sebagai proses evaluasi dan penilaian mutu institusi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi yang bersangkutan.

Hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan itu, sehingga layak untuk beroperasi dan menyelenggarakan program-programnya.

Proses Akreditasi Sekolah menyediakan sekolah dengan kerangka kerja yang komprehensif untuk terus meningkatkan prestasi siswa dan efektivitas sekolah (The School Accreditation Process provides schools with a comprehensive framework for continually improving student achievement and school effectiveness). 

Akreditasi sekolah adalah kegiatan penilaian (asesmen) sekolah secara sistematis dan komprehensif melalui kegiatan evaluasi internal dan evaluasi eksternal (visitasi) untuk menentukan kelayakan dan kinerja sekolah.

Akreditasi dapat dipandang sebagai instrumen regulasi diri (self-regulation), dengan maksud agar suatu agar Sekolah/Madrasah dapat memahami kekuatan dan kelemahan diri; dan berdasarkan atas pemahaman kekuatan dan kelemahan diri tersebut. Sekolah/Madrasah dapat melakukan perbaikan mutu secara berkelanjutan (quality continues improvement). 

Akreditasi juga dapat dipandang sebagai hasil penilaian dalam bentuk sertifikasi formal terhadap kondisi suatu Sekolah/Madrasah yang telah memenuhi standar layanan tertentu yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Dalam sudut pandang ini, ada sekolah/madrasah yang terakreditasi dan tidak, dengan peringkat A, B, C dan seterusnya.

Dalam mempersiapkan Sekolah Unggul dengan Standar Nasional yang telah ditetapkan oleh Pemerintah, pada hari Selasa, 16/3/2021 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara mengadakan kegiatan "SOSIALISASI INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2021" yang diadakan secara daring melalui Join Zoom Meeting https://us02web.zoom.us/j/6809037512?pwd=a2lNbDRCNjBlUHZQN2t4bzFGTGRWUT09 Meeting ID: 680 903 7512 Passcode: 12345.

Dimana kegiatan "SOSIALISASI INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2021" dimulai pukul 08.30. Sebelum memulai acara Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir alumni jurusan PLS UNESA menyampaikan bahwa Akreditasi Sekolah tahun ini beda. Makanya, mari kita siapkan dengan sebaik – baiknya sejak dini data Akreditasi yang dimiliki oleh Sekolah tersebut.

Penulis berharap agar Akreditasi tahun ini semua SMP Swasta Surabaya Utara mendapatkan Nilai Unggul ( Amat Baik ). Dimana Penulis meminta kepada Kepala SMP Swasta Surabaya Utara untuk "SUKSES AKREDITASI 2021 DAN SUKSES PPDB 2021-2022". 

Dalam kesempatan ini, alhamdulilah dihadiri Pengawas Pembina yaitu bapak Drs. ADJI SUHARKO, M.Pd selaku Pengawas Pembina Kecamatan Semampir dan Pabean Cantikan, ibu ISTUNINGSIH, S.Pd., M.Pd selaku Pengawas Selaku Pengawas Pembina Kecamatan Krembangan, dan bapak Drs. ACHMAD SYUHADAK, M.Pd selaku Pengawas Pembina Kecamatan Kenjeran dan Bulak.

Kegiatan "SOSIALISASI INSTRUMEN AKREDITASI SATUAN PENDIDIKAN TAHUN 2021" di isi oleh ibu Dra. HJ. SOFIA NURBAYA, M.M. Beliau adalah Pengawas Pembina Kecamatan Tambaksari dan beliau nya adalah ASESOR AKREDITASI tahun 2020. Alhamdulilah, materi yang di sampaikan oleh ibu Dra. HJ. SOFIA NURBAYA, M.M. sangat luar biasa. Seluruh Kepala Sekolah sangat terkesima dengan pemaparan tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, ibu ISTUNINGSIH, S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa semoga upaya ini semakin menyemangati teman-teman dalam menyiapkan akreditasi. 💪 

Di akhir acara, MKKS SMP Swasta Surabaya Utara meminta kepada Kepala Sekolah, WAKASEK KURIKULUM, HUMAS, SARPRAS, dan PERWAKILAN 1 Guru untuk isi Daftar Hadir melalui link http://bit.ly/daftarhadirakreditasimkksutara.

Dalam kesempatan tersebut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd juga berdoa semoga bapak/ibu Guru dan keluarga serta siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dapat menjaga kesehatan dan bisa menjalankan 5M agar kita semua diberikan kesehatan serta dijauhkan dari Covid – 19 yang melanda negeri ini. Fokuslah pada Akhiratmu Insya Allah urusan dunia akan mengikutimu, kata H. BANU ATMOKO, S.Pd.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya



Posting Komentar

0 Komentar