APENSO INDONESIA

header ads

TIPS BELAJAR KALKULUS

TIPS BELAJAR KALKULUS



Oleh : Suryadi
Director of Education Apenso Indonesia



Kalkulus merupakan cabang matematika yang membicarakan dua operasi dasar yaitu diferensial dan integral. Kalkulus menjadi dasar sains dan teknik. 
Berikut ini adalah tips agar berhasil dalam mempelajari kalkulus.

  • Membaca buku kalkulus 
Buku kalkulus menjadi teman anda, merupakan sumber belajar yang sangat penting. Buku tersebut membicarakan materi secara rinci dibandingkan dengan materi yang disampaikan oleh guru/dosen di kelas pada saat pembelajaran. Selain itu juga memuat banyak contoh soal dan penyelesaiannya. 

Memiliki buku kalkulus memberi kesempatan anda untuk mendalaminya serta dapat dipergunakan untuk mengulangi konsep-konsep yang kurang anda pahami. 

Perlu dipastikan bahwa membaca buku kalkulus tidak sama dengan membaca buku novel. Membaca buku novel dapat dilakukan secara cepat, sedangkan membaca buku kalkulus harus pelan-pelan. Cobalah gunakan waktu sepuluh hingga lima belas menit untuk membaca setiap halaman buku kalkulus. Bacalah setiap halaman dengan teliti dan kerjakan soal-soal pada lembar kertas. Lakukan sebanyak- banyaknya mengerjakan soal dan periksa jawabannya dengan segera.

  • Partisipasi di kelas
Kelas sebagai tempat untuk membelajarkan siswa. Anda harus berpartisipasi aktif selama pembelajaran dan diskusi di kelas. Ketika mengikuti pembelajaran/diskusi di kelas siapkan buku catatan dan catatlah hal-hal yang anda anggap penting.

  • Segera menyelesaikan pekerjaan rumah
Seperti halnya olahraga, untuk mencapai prestasi yang tinggi haruslah sering berlatih. Demikian juga, menjawab pekerjaan rumah soal-soal kalkulus dapat memberi kesempatan anda untuk memiliki kemampuan yang baik dalam matematika. Menyelesaikan soal-soal pekerjaan rumah juga berguna untuk mempersiapkan diri dalam ujian berikutnya. Jika mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal kalkulus, mintalah bantuan teman atau guru/tutor.

  • Tetap pada jalurnya
Kehadiran anda di kelas saat pembelajaran itu sangat penting. Walaupun demikian kadang - kadang anda mengalami halangan sehingga tidak bisa hadir untuk mengikuti pembelajaran di kelas. Ketika hal ini terjadi, semangat anda jangan kendor, dan kejarlah ketertinggalan anda. Kerjakanlah soal-soal pekerjaan rumah, sebab hal ini akan membantu anda untuk pengulangan dan persiapan ujian.


Hubungi : WA 0823 3846 4171

🌸Selamat Belajar & Good Luck!🌸



Posting Komentar

0 Komentar