APENSO INDONESIA

header ads

BAHAGIANYA BISA MEMANEN KANGKUNG HASIL KEBUN SENDIRI DI MASA PANDEMI COVID – 19

“BAHAGIANYA BISA MEMANEN KANGKUNG
HASIL KEBUN SENDIRI DI MASA PANDEMI COVID – 19”

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Saat pandemi corona seperti saat ini, apapun menjadi serba sulit. Imbauan untuk physical distancing mengakibatkan beberapa aktivitas terkendala. Bahkan aktivitas berbelanja ke pasar pun dibatasi. 

Nah, selain berbelanja menggunakan aplikasi daring untuk memenuhi kebutuhan, rupanya menanam dan memetik sayur sendiri menjadi salah satu alternatif pilihan. Hasil panenan ini sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga saat corona ini. 

Alhamdulillah. Kami senang mengelola, paling tidak bisa membantu ibu-ibu saat susah mencari kebutuhan pangan. Di kampung, sengaja banyak menanam sayur-sayuran yang cepat panen. Sehingga, akan mempercepat untuk dikonsumsi dan regenerasi. 

Sayur-sayuran ini diminati tersebut sangat bermanfaat. Pun menjadi solusi jika kebutuhan pokok melonjak naik. Di samping tidak perlu pusing-pusing untuk memenuhi kebutuhan pokok, juga kesehatan makanan yang dikonsumsi lebih terjamin.

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sebagai Sekolah peduli lingkungan banyak sekali tanaman yang ada di SMP PGRI 6 Surabaya, seperti Pepaya, Lamtoro, Tomat, Cabai, dan yang paling baru yaitu tanaman sayur Kangkung yang ada di BUDIKDAMBER pemberian dari Dharmawanita Persatuan kota Surabaya.

Dimana pada hari Minggu, 18/4/2021 Ayah dari Penulis yang juga Pembina Yayasan Pendidikan Al-Ikhlas Semampir Surabaya memanen hasil sayuran dari BUDIKDAMPER yaitu kangkung. Dimana Ayah dari Penulis sangat telaten dalam memotong sayuran kangkung tersebut. Setelah selesai, tanaman tersebut dimasukan ke dalam baskom dan di cuci untuk makan nanti buka puasa.

Dalam kesempatan ini, Penulis merasa senang banyak tanaman sayuran di SMP PGRI 6 Surabaya, apalagi di masa Pandemi ini tanaman – tanaman yang ada di SMP PGRI 6 Surabaya bisa di manfaatkan untuk makan keluarga Penulis, sehingga kegiatan ini bisa membantu perekonomian keluarga dari Penulis, serta kegiatan memanen di kebun sendiri ini lebih efektif dan efesien lebih terjamin dan senang bisa memanen hasil kebun sendiri.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat


Posting Komentar

0 Komentar