APENSO INDONESIA

header ads

LUANGKAN WAKTU UNTUK BANTU WARGA YANG TIDAK PUNYA AIR BERSAMA PDAM SURYA SEMBADA

“LUANGKAN WAKTU UNTUK BANTU WARGA
YANG TIDAK PUNYA AIR BERSAMA PDAM SURYA SEMBADA”

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Sebagai umat islam kita diharuskan untuk selalu berbuat baik kepada sesama. Diantaranya saling tolong-menolong agar bermanfaat dalam lingkungan dan ranah ilmu yang sudah kita pelajari. 
خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ 
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’ no:3289). 

Karena sesungguhnya ketika kita berbuat baik kepada orang lain, manfaatnya akan kembali kepada kita.
إِنْ أَحْسَنْتُمْ أَحْسَنْتُمْ لِأَنْفُسِكُمْ ۖ وَإِنْ أَسَأْتُمْ فَلَهَا ۚ فَإِذَا جَاءَ وَعْدُ الْآخِرَةِ لِيَسُوءُوا وُجُوهَكُمْ وَلِيَدْخُلُوا الْمَسْجِدَ كَمَا دَخَلُوهُ أَوَّلَ مَرَّةٍ وَلِيُتَبِّرُوا مَا عَلَوْا تَتْبِيرًا 
Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat, maka (kejahatan) itu bagi dirimu sendiri, dan apabila datang saat hukuman bagi (kejahatan) yang kedua, (Kami datangkan orang-orang lain) untuk menyuramkan muka-muka kamu dan mereka masuk ke dalam mesjid, sebagaimana musuh-musuhmu memasukinya pada kali pertama dan untuk membinasakan sehabis-habisnya apa saja yang mereka kuasai. (Al-Isra Ayat 7).

Yang terpenting agar kita benar-benar mendapatkan manfaat yang kita berikan kepada orang lain, kita harus ikhlas, karena ikhlas adalah salah satu kunci diterimanya amalan kita. 

Dan hanya amalan yang diterima Allah Jalla fii ‘Ulaah yang akan memberikan manfaat kepada kita baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Sejak 2 hari Air PDAM Surya Sembada Kota Surabaya tidak mengalir di daerah Bulak Rukem III, Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Selasa, 31/3/2021 pukul 15.46 mendapatkan telepon dari mas Eko driver tangki air PDAM. Dimana mas Eko menelpon yaitu untuk mengirim bantuan air tangki PDAM Surya Sembada.

Dikarenakan pada pagi hari Penulis menelpon layanan Call Center PDAM Surya Sembada 0312926666. Dimana mas EKO driver tiba di SMP PGRI 6 Surabaya pada pukul 16.00.

Dalam kesempatan ini, bantuan air tangki PDAM Surya Sembada tersebut yang di SMP PGRI 6 Surabaya, air dimasukan ke dalam tandon oleh Muhammad Hoiri yang juga alumni dari SDS "AL-IKHLAS Surabaya dan warga di Bulak Rukem Gang III. Selesai dari SMP PGRI 6 Surabaya mas Eko dengan mobil nya menuju ke rumah H. MISKI. Dimana H. MISKI yang air nya juga tidak keluar sudah menyiapkan bak - bak untuk di isi air. 

Selesai dari kediaman H. MISKI mobil mas Eko dan Muhammad Hoiri menuju ke rumah Muhammad Hoiri, di sana Muhammad Hoiri juga mengisi bak - bak yang sudah di siapkan. Selesai dari rumah Muhammad Hoiri mobil mas Eko menuju ke rumah Moch. HASYIM BAIDHOWI BAHRUL ALAM. Di sana Muhammad Hoiri membantu memasukan air ke kamar mandi milik Moch. HASYIM BAIDHOWI BAHRUL ALAM. 

(Gambar : Kegiatan pengisisan air di rumah warga Bulak Rukem)

Selesai dari rumah BAIDHOWI BAHRUL ALAM, Muhammad Hoiri ke rumah mbak Ida. Selesai dari rumah mbak Ida, Muhammad Hoiri, mas Eko, dan Penulis menuju ke rumah ZAINAB dan rumah Ustad H. ACHMAD UMAR. Alhamdulilah, sisa sedikit air oleh Muhammad Hoiri dimasukan ke dalam tandon air rumah Penulis.

Selesai semua, Penulis dan mas Eko menikmati Roti yang di beri oleh Ustad H. ACHMAD UMAR sambil minum Kopi panas. Bagi Penulis yang juga alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984, bahwasannya mumpung masih bisa membantu orang lain Penulis selalu menyempatkan diri untuk membantu orang lain agar orang lain bisa bahagia seperti yang dilakukan sore hari itu dengan hanya membantu memberi air. 

Semoga air tersebut bisa bermanfaat untuk warga RT V, RW V Bulak Rukem III dan semoga air PDAM Surya Sembada kembali normal, kata Penulis. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar