APENSO INDONESIA

header ads

PENTINGNYA AIR BAGI WARGA BULAK RUKEM UNTUK SUMBER KEHIDUPAN DI MASA PUASA DAN PANDEMI

“PENTINGNYA AIR BAGI WARGA BULAK RUKEM UNTUK SUMBER KEHIDUPAN DI MASA PUASA DAN PANDEMI”

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Air merupakan kebutuhan pokok dan esensial bagi manusia dan makhluk hidup di muka bumi ini, oleh karena itu keberadaannya merupakan anugerah teragung yang dilimpahkan Allah Swt kepada seluruh makhluknya, sebab dengan air Allah menghidupkan segala makhluk di atas bumi ini, menyebarkan rejeki melalui pemanfaatannya sebagai zat yang menumbuhkan tanaman, sebagai minuman bagi binatang ternak dan bahkan sebagai sumber energi yang dapat diperbaharui. 

Di sisi lain, air juga dapat mendatangkan bahaya dan bencana besar bagi ekosistem makhluk hidup di muka bumi ini seperti datangnya banjir, air pasang di tepi laut dan longsor. Namun datangnya bencana tersebut apakah disebabkan oleh kesalahan alam ataukah manusia yang salah mengelola alam ini. 

Pada masa Ramadhan 1442 H/2021 warga Bulak Rukem III RT 05, RW 05 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir mulai awal Ramadhan sampai Ramadhan yang ke-15 air PDAM Surya Sembada 1 Kampung di wilayah Bulak Rukem III RT 05, RW 05 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir tidak keluar. Dimana pada hari Senin, 26/4/2021 sebanyak 2 tangki air PDAM Surya Sembada membantu warga RT V, RW V Bulak Rukem III Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir dengan mengirimkan tangki berisi 5.000 liter air untuk dibagikan kepada keluarga bapak Imam Bukhori, keluarga bapak Yasin, ibu Zainab, keluarga Hasyim Baidowi Bahrul Alam, keluarga Rifqiyah, keluarga Ida, keluarga Trawi. 

(Gambar : Kegiatan pengisian air PDAM)

Dimana mereka mengeluarkan bak - bak di taruh di depan teras rumah mereka masing – masing, sedangkan tangki yang 4.000 liter dibagikan kepada Sekolah SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya, Pak Salim, H. Miski, dan bapak Soedjono. Alhamdulilah, di bulan penuh berkah barokah ini Penulis yang alumni jurusan PLS UNESA tersebut masih bisa membantu warga RT V, RW V Bulak Rukem III Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir yang kesulitan air PDAM. 

Sehingga air tersebut bisa membantu warga untuk memasak dan wudhu menjalankan ibadah sholat, serta warga Bulak Rukem bisa nyaman dan aman dalam menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1442 H/2021, karena bagi Penulis dan masyarakat Bulak Rukem air adalah sumber kehidupan utama yang berharga.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar