APENSO INDONESIA

header ads

PTS MODERN

PTS MODERN


Oleh: Gempur Santoso

(Dosen UMAHA Sidoarjo)


Ada istilah "semua kecap nomor satu" artinya "ngepik ngepik awake dewe" (mengunggulkan diri sendiri). Tetapi fakta ini tidak demikian. Ini betul betul bagus dibanding sebelumnya.

Kekurangan pasti ada. Ada istililah "di atas langit ada langit" (sudah baik pasti ada yang lebih baik). Saya merasakan dan melakukan ini betul lebih baik, lebih modern (maju).

Manajemen kampusnya lebih praktis. Serba online. Ada daring, ada e-learning. Kegiatan dosen rapi. Semua diberi pertunjiuk paktis dalam melakukan tridharma perguruan tinggi. Tidak ribet.

Apalagi tahu persis apa yang harus dilakukan setiap dosen, termasuk tugas ilmiah tiap bulan. Santai tapi pasti.

Perguruan tinggi "rame ing gawe sepi ing pamrih". Sangat produktif. Tri dharma utama tertuju kegiatan "lillahi ta'allah" (ikhlas, kerja untuk mengabdi Tuhan).

Saat awal saya mengajar. Mahasiswa saya sangat trampil cerdas dalam informasi teknologi. Saya yang tua, tak melinial lagi, dalam online dibantu mahasiswa saya. Bahkan saya dibuatkan daring, tinggal klik. Saya dengan mahasiswa sudah bertatap muka belajar mengajar, online.

Mahasiswa saya sangat responsif. Cerdas. Saya merasa nyaman olehya. Terkait dengan online belajar mengajar. Tidak terlalu formalitas. Tetapi canggih dilakukan.

Perguruan tinggi swasta ini bernama Univeritas Ma'arif Hasyim Latif Sidoarjo, disingkat Umaha Sidoarjo. Modern, rapi, tidak ribet. Dengan adanya itu, saya yakin mahasiswa Umaha akan semakin cerdas, lancar tidak kesulitan berarti.

Apalagi saat saya istilahnya "jatuh ketimpa tangga". Sampai saya menganggap Ma'arif memiliki indra ke-enam. Melekat sifat Allah SWT. Sangat baik hati.

Kini proses menuju perguruan tinggi (perti) internasional. Bagusnya Umaha tidak visted, tetapi bersama sama perti se Indonesia, gotong royong ke kelas internasional demi kampus dan anak didiknya. 

Sangat taktis, untuk gotong royong. Rektor Umaha sekaligus  sebagai Presiden Ahli Dosen Republik Indonesia (ADRI). Dia adalah bapak Dr. H. Acmad Fathoni Fadli, M.Pd. Dia semangat, dan atas konektifitasnya hablumminannas memajukan kampus dan mahasiswa. Itupun se Indonesia yang tergabung di ADRI, perguruan tinggi swasta maunpun negeri.

ADRI kini sudah merembet internasional, ada cabang di Malaysia, cabang di Inggris. Terus berkembang.

Segala puji bagi Allah SWT. Awal jadi guru saya guru piket di STM Ma'arif, kini di usia senja saya kembali menjadi dosen di Ma'arif - Umaha Sidoarjo. Semua itu kehendak Allah SWT. 

Sekuat tenaga dan pikiran saya mengabdi memajukan pendidikan melalui Ma'arif - NU. Di Umaha Sidoarjo. Majunya pendidikan majunya peserta didik berakhlak mulia, modern.

Tolabulilmi manal iman.

Semoga sehat semua....aamiin yra.

(GeSa)


Posting Komentar

0 Komentar