APENSO INDONESIA

header ads

TIRAKAT BERPUASA

TIRAKAT BERPUASA


Oleh : apensoindonesia.com


Tirakat. Bukan malam tirakatan yang penuh makanan dan minuman. 

Tirakat menjalankan puasa adalah salah satu ibadah perintah Yang Maha Kuasa. Dilakukan agar menjadi taqwa yakni: jujur, konsekuen, dan istikomah. 

Semua itu dilakukan menjadi sebutan taqwa. Menjadi taqwa. Hubungan manusia dg Penciptanya. Yang Maha Pencipta dan diri sendiri yang tahu. Ibadah atas perintahNya.

Menjalankan puasa sesuai rukun dan syaratnya. Berpuasa di bulan puasa bagi kaum muslim.

Puasa (Jawa : poso) (Arab : syiam). Puasa termasuk tirakat. Sebulan penuh. Penanggalan jawa juga disebut ulan poso (bulan puasa). Kalender Arab disebut bulan ramadhan.

Perintah berpuasa ditujukan pada kaum muslim beriman "ya ayuhaladzina amanu".  

Karena perintah Tuhan yang tertuang dalam Kitab Suci - Al Qur'an. Tentu, dilaksanakan bagi yang beriman. Tampaknya puasa di bulan puasa bukan untuk semua manusia "ya aiyuhanas". Tapi khusus yang beriman saja.

Lengkapnya : Ya ayyuhalladzina amanu kutiba 'alaikumus-siyamu kama kutiba 'alallazina ming qablikum la'allakum tattaqun (hai semua manusia beriman berpuasalah seperti orang dahulu berpuasa, agar engkau bertaqwa).

Selain tirakat berpuasa. Tirakatlah yang lain. Sesuai ajarannya. Sesuai kewajibannya. Sesuai tanggungjawabnya. Masing - masing. Dalam situasi kondisi apapun, masing - masing. 

Dalam kehidupan sehari - hari pun harus tirakat. Tetap taqwa: jujur, konsekuen dan istikomah. Semoga Anda mendapat kemuliaan yang tinggi.

Salam sehat untuk semua...aamiin yra.

(GeSa)






Posting Komentar

0 Komentar