APENSO INDONESIA

header ads

AJAK SISWA UNTUK KOMUNIKASI SECARA EFEKTIF MELALUI MEDIA PANGGUNG BONEKA DI ACARA PONDOK RAMADHAN 1442/2021

“AJAK SISWA UNTUK KOMUNIKASI SECARA EFEKTIF MELALUI MEDIA PANGGUNG BONEKA DI ACARA PONDOK RAMADHAN 1442/2021“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Anak-anak sangat menggemari pelayanan panggung boneka. Selain di sekolah, panggung boneka juga dapat digunakan dalam beberapa acara lain, seperti : Perayaan hari ulang tahun, pekan anak, dan acara-acara lainnya. 

Panggung boneka tidak dilaksanakan setiap minggunya. Panggung boneka hanya dipakai dalam acara-acara khusus saja. 

Kelebihan panggung boneka adalah dengan menggunakan boneka akan menjadikan komunikasi dengan anak lebih efektif. Ketika komunikasi menjadi efektif, hati anak pun dapat ditarik dengan mudah. Anak-anak tertarik kepada segala sesuatu yang bergerak, lucu dan ringan.

Pada kegiatan Pondok Ramadhan 1442 H/2021 M yang diadakan di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL- IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Rabu, 5/5/2021 sebanyak 4 Mahasiswa dari UNUSA yaitu : 1. Sitta Maftuha Maftuha (Pendidikan Bahasa Inggris), 2. Djoemi Sartika Ningroem (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 3. Hesti Pradita (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), dan 4. M.S. Aqil Al Waviru (Pendidikan Bahasa Inggris).

Dari Mahasiswa Kampus Mengajar dari Kemendikbud, tersebut yang memberikan Materi Pondok Ramadhan 1442 H/2021 M menyampaikan materi dengan media panggung boneka. Dimana yang menjelaskan dan bermain panggung boneka adalah Sitta Maftuha Jurusan Bahasa Inggris UNUSA. Dimana Sitta Maftuha memperkenalkan nama boneka yang beliau bawa adalah Aisyah. Dimana beliau sangat bagus dalam mengajak Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya untuk bermain boneka panggung tersebut.  

Beliau dan Aisyah mengajak Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya membawakan Sholawat Nabi. Dimana Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya sangat antusias dalam kegiatan bermain panggung boneka tersebut dan menyanyikan lagu Sholawat. Bahkan, Sitta Maftuha mengajak Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya bernyanyi dengan Aisyah boneka panggung. 

Dalam kesempatan ini, Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni Jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 menghaturkan banyak terima kasih kepada, yaitu : 1. Sitta Maftuha Maftuha (Pendidikan Bahasa Inggris), 2. Djoemi Sartika Ningroem (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 3. Hesti Pradita (Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 4. M.S. Aqil Al Waviru (Jurusan Bahasa Inggris) yang sudah membagikan ilmu nya untuk Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL –IKHLAS Surabaya, seperti yang dilakukan pada siang hari ini dengan media boneka panggung untuk menarik minat Siswa/Siswi yang dengan antusias menyanyikan lagu Sholawat Nabi tersebut.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat


Posting Komentar

0 Komentar