APENSO INDONESIA

header ads

BERSAMA UNIKA WIDYA MANDALA KITA SAMBUT PENDIDIKAN BERKUALITAS DI SMP SWASTA SURABAYA UTARA

“BERSAMA UNIKA WIDYA MANDALA KITA SAMBUT PENDIDIKAN BERKUALITAS DI SMP SWASTA SURABAYA UTARA“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko 
Apenso Indonesia


Pendidikan merupakan sebuah kekuatan yang dapat mengubah suatu peradaban dan menentukan masa depan sebuah bangsa. Karena itu, untuk mendukung pembangunan nasional yang berkesinambungan, diperlukan perhatian lebih terhadap penciptaan sistem pendidikan yang berkualitas.

Kemampuan untuk mengelola sumber daya alam yang kita miliki bergantung juga kepada sumber daya manusia yang berkualitas. Maka, selayaknya kita terus mengembangkan pendidikan agar tidak hanya menghasilkan lulusan yang qualified di bidang akademik, tapi juga dalam nilai-nilai untuk menghasilkan manusia yang berintegritas tinggi, prinsip-prinsip penting dalam pendidikan anak yang perlu menjadi perhatian dalam proses belajar-mengajar, yaitu prior knowledge, pemrosesan, pengaitan, metakognisi, penerjemahan, serta sintesis. 

Bahwa seorang guru harus memperhatikan prior knowledge, apa yang telah diketahui seorang siswa mengenai suatu topik. Hal ini akan memengaruhi proses pembelajaran siswa tersebut. Kemudian dalam proses pembelajaran, guru harus memperhatikan bahwa siswa tersebut tidak sekadar menyerap dan menghafal suatu informasi, tetapi juga mampu untuk memproses informasi yang diperoleh. Dengan pemahaman ini, seorang siswa kemudian juga diajarkan untuk dapat mengaitkan ide tersebut dengan pengalaman sehari-hari mereka. 

Metakognisi juga menjadi aspek penting dalam pendidikan karena hal ini akan membantu siswa untuk menganalisa suatu tugas dan menemukan cara penyelesaiannya. Siswa juga diharapkan mampu untuk menerapkan pengetahuan yang diperoleh ke dalam konteks yang berbeda, dan kemudian menyusun potongan-potongan informasi tersebut hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. 

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya penciptaan kondisi belajar yang positif. Hal ini dapat diciptakan di antaranya dengan membangun suasana belajar yang kolaboratif, mendorong siswa untuk mengungkapkan ide mereka, serta memacu siswa untuk memiliki rasa ingin tahu. 

Guru bisa menggunakan jenis-jenis pertanyaan ‘Bagaimana jika …?’, ‘Apa yang kalian pikirkan mengenai…?’, atau ‘Bagaimana cara…?’ untuk merangsang pemikiran para siswa.

Di masa Pandemi seperti saat ini, Pendidikan Berkualitas sangat diperlukan dalam memajukan Pendidikan khususnya di wilayah SMP Swasta Surabaya Utara yang selama ini Sekolah – sekolah di wilayah Surabaya selalu menjadi sorotan, maka dari itu Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sekaligus Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara pada hari Senin 24/5/2021 bersama bapak AINUL YAQIN, S.Si selaku Kepala SMP WACHID HASYIM 1 Surabaya, ibu Dra. HJ. ERNA SAIDAH dari SMP YP 17 Surabaya, bapak Drs. H. MAHFUDZ, M.Pd. I. dari Kepala SMP Romly Tamim, dan ibu Monika Maria Tjantri Trestanti, S.P., M.Pd dari Kepala SMP Katolik Pecinta Damai Surabaya yang pada pukul 13.00 melakukan kegiatan Silahturahmi di UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA. 

Di kampus tersebut, rombongan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara di sambut hangat oleh Pejabat di lingkungan UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA, antara lain Rektor UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA Surabaya Prof. Drs. Kuncoro Foe, G.Dip.Sc., Ph.D., Apt., Wakil Rektor 1 UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA yaitu Ir. Aning Ayucitra, ST., M.Eng.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng., Wakil Rektor 2 UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA yaitu Ir. Adrianus Rulianto Utomo, MP., IPM.. Wakil Rektor 3 UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA yaitu Dr. Lanny Hartanti, S.Si., M.Si. serta Dekan Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA Dr. V. Luluk Prijambodo, M.Pd.

Di kampus UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SUARABAYA, Penulis menyampaikan ke Pak Rektor bahwasannya di Kampus hari ini mengenang masa lalu ketika menjadi mahasiswa di UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA, bahkan Pak Rektor tanya, dulu ambil jurusan apa? Penulis menjawab, jurusan Akuntasi, waktu itu dekannya Pak SIMON.

Dalam kesempatan tersebut Prof Drs. Kuncoro Foe , G.Dip.Sc., Ph.D., Apt. Selaku Rektor UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA sangat mendukung Program yang dicanangkan oleh MKKS SMP Swasta Surabaya dimana UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA SURABAYA siap bersinergi untuk maju bersama demi kemajuan Pendidikan di wilayah Surabaya Utara.

Menurut Penulis, bahwasannya Pendidikan di kota Surabaya tercinta bisa baik tidak hanya dibebankan kepada Sekolah saja tetapi juga harus melibatkan berbagai pihak termasuk dari Perguruan Tinggi dimana hal itu sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu : Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian Kepada Masyarakat. 

Dalam kesempatan tersebut, Penulis menghaturkan banyak terimakasih kepada UNIVERSITAS KATOLIK WIDYA MANDALA Surabaya. Semoga silahturahmi ini semakin meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Surabaya Utara khususnya untuk kualitas Guru, Kepala Sekolah, Siswa, dan Wali murid yang selalu di upgrade untuk kemajuan Pendidikan di wilayah Surabaya Utara. 
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar