APENSO INDONESIA

header ads

INDAHNYA MAKAN SAHUR DAN BUKA BERSAMA SAHABAT DI KOTA MALANG

“INDAHNYA MAKAN SAHUR DAN BUKA BERSAMA SAHABAT DI KOTA MALANG“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Bulan puasa selalu menjadi momen istimewa yang ditunggu-tunggu, karena menjadi momen yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga dan sahabat. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan bersama-sama pada saat bulan puasa ini, mulai dari menyantap sahur, beribadah bersama, berbuka puasa, hingga mudik ke kampung halaman.

Dalam praktek keseharian, rasanya menikmati kebersamaan bersama keluarga menjadi suatu hal yang sulit terjadi. Namun di bulan puasa ini, momen kebersamaan dapat dengan mudah terjalin kembali. Momen puasa dapat mengembalikan nilai keharmonisan dan keakraban keluarga. Hal tersebut benar adanya, bisa terlihat dari Ayah dan Ibu yang biasanya sangat sibuk dengan rutinitas pekerjaan atau anak-anak yang juga sibuk dengan kegiatan sekolah, lewat kegiatan puasa, suasana kebersamaan itu dapat dengan mudah dibangun kembali.

Menurut Brad Sachs, PhD, pakar psikologis keluarga di Columbia, makan bersama adalah cara yang paling mendasar untuk menciptakan kedekatan dalam keluarga dan sahabat. Untuk menjalin kebersamaan keluarga saat berpuasa, mulailah dengan ritual makan bersama saat sahur. Momen sahur menjadi momen yang selalu dinanti, karena seluruh anggota keluarga bisa berkumpul dengan lengkap. 

Tanpa adanya paksaan, momen kebersamaan di pagi buta tersebut seolah-olah menjadi magnet otomatis bagi seluruh anggota keluarga dan sahabat untuk berkumpul di tengah waktu sahur yang terbatas dan rutinitas kegiatan di luar rumah yang belum dimulai. Kebersamaan anggota keluarga tersebut terjalin mulai dari rutinitas saling membangunkan dan mengingatkan setiap anggota keluarga fan sahabat untuk bangun sahur. Setelah itu momen kebersamaan pun semakin terasa saat seluruh anggota keluarga dan sahabat berkumpul di meja makan untuk menyantap hidangan sahur yang nikmat buatan Ibu. 

Selain itu, momen makan bersama saat sahur ini juga bisa dijadikan sebagai ajang untuk saling bertukar cerita, curhat, hingga berbagi inspirasi, untuk semakin meningkatkan rasa kebersamaan dengan keluarga dan sahabat . Ada tiga hal yang paling berharga : kasih sayang, keluarga, dan sahabat. 

Sahabat adalah seseorang yang selalu ada ketika kita ingin berbagi cerita serta memberi perhatian ketika kita membutuhkan. Ketika bersama sahabat tidak ada rasa sedih, mereka akan selalu buat kita tersenyum. Bersama sahabat adalah kejadian yang tidak dapat terlupakan, karena bersamanya semua kejadian akan menjadi kenangan yang indah. 

Sahabat bukanlah yang bisa membuat semua masalahmu menghilang, tapi yang tidak akan menghilang saat kau memiliki masalah. Sahabat adalah mereka yang tahu ketika kamu bersedih atau terluka, bahkan jika kamu menyembunyikan semua di balik sebuah senyuman. Sahabat selalu ada untukmu ketika kamu punya masalah. Bahkan terkadang memberi saran yang konyol hanya tuk lihat kamu tertawa. 

Sahabat dan teman itu berbeda. Tidak semua orang dapat menjadi sahabat, seorang sahabat akan selalu ada untuk kita dan mempunyai ikatan emosi dan batin yang kuat pada diri kita, akan tetapi seorang teman adalah orang yang hanya kita kenal dan tidak ada ikatan batin dan emosi yang sama. Hidup ini tak akan ada artinya jika kita tidak mempunyai seorang sahabat. 

Sahabat adalah mereka yang selalu ada di sisimu bukan hanya pada saat kau berjaya, namun juga pada saat kau tak berdaya. Sahabat tak hanya bersama saat suka pun duka, tetapi sahabat harus mampu mengatasi setiap masalah bersama. Dalam hidup, kamu tak hanya harus temukan mereka yang mampu menyenangkan hatimu, tapi juga mereka yang tak biarkan hatimu terluka. Meskipun terkadang berselisih pandangan tentang suatu hal, itu semua adalah suatu proses yang harus kita jalani agar jalinan persahabatan itu akan semakin erat.

Dengan adanya berbagai masalah yang kita alami bersama sahabat, akan membuat kita semakin dewasa dan memberikan kita pelajaran agar dapat memahami berbagai karakter manusia yang kita jumpai. Memahami karakter seseorang merupakan hal yang sulit jika kita tidak berusaha untuk berteman dengan seseorang dan mengenal dia secara dekat. Ikatan emosi akan terbentuk jika kita telah mengenal semua yang berkaitan dengannya. 

Bersama sahabat tidak ada rasa takut untuk menjalani semua masalah yang ada. Tapi terkadang kita harus bersabar dan mencari cara yang baik ketika kita dihadapkan pada seorang sahabat yang memiliki karakter yang keras dan memiliki keegoisan yang besar. Dengan begitu kita dapat dikatakan seorang yang benar-benar memiliki kesabaran dan empati yang tinggi, maka sayangilah seseorang sepenuhnya, termasuk kekurangannya, dan suatu saat kamu akan pantas mendapatkan yang terbaik darinya. 

Ketika kita telah temukan banyak sahabat jangan pernah melupakan sahabat yang dulu selalu bersama kita, karena sahabat adalah teman kita untuk selama-lamanya. Mereka adalah suatu hal yang sangat berharga dan tidak ternilai harganya. Di zaman sekarang memang susah mencari seorang yang benar-benar bisa kita jadikan seorang sahabat yang dapat kita percaya, akan tetapi yakinlah jika kita berbuat baik dan memberikan loyalitas yang tinggi pada seseorang maka orang tersebut juga akan memberikan hal yang sama. 

Maka, jagalah hubungan kita dengannya jangan sampai kita kehilangan sahabat yang telah lama kita kenal dan akhirnya kita akan merasakan penyesalan yang dalam.

Alhamdulilah Puasa Ramadhan 1442 H/2021 M yang bertepatan dengan Puasa Ramadhan yang ke -  18, pada hari Jum’at, 30/4/2021 dimanfaatkan oleh Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan dimanfaatkan untuk kumpul – kumpul bersama para sahabat diantaranya yaitu bapak AINUL YAQIN, S.Si Kepala SMP WACHID HASYIM 1 Surabaya, bapak Drs. H MAHFUDZ M.Pd. I Kepala SMP Romly Tamim, bapak H. OEMAR, S.Ag Kepala SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya dan Penulis untuk jalan - jalan ke kota Singosari – Malang. 

Di sana mereka beristirahat di kediaman Penulis di Jalan Kendedes Nomor 40 Singosari Malang. Selepas Maghrib, mereka berempat menuju ke Bakso Mercon Cak Kar di Singosari untuk buka bersama dengan menu Bakso dan minum Jeruk panas. Selesai menikmati makan Bakso, mereka melanjutkan perjalanan ke rumah bapak AINUL YAQIN, S.Si di Malang Anggun Sejahtera. Di sana mereka menikmati kopi dan gorengan sambil mengobrol banyak dan tidak terasa sudah pukul 22.00 akhirnya Penulis dan para sahabat beristirahat bersama di rumah bapak AINUL YAQIN, S.Si.

Pada pukul 03.30 bapak AINUL YAQIN, S.Si membuat hidangan masakan Mie Goreng telur dan Teh panas untuk menu sahur. Di ruangan tersebut mereka makan sahur bersama walaupun secara sederhana hanya makan Indomie goreng dan telur sambil menunggu adzan Shubuh. Selesai adzan Shubuh, mereka sholat berjamaah bersama di imami oleh bapak Drs. H. MAHFUDZ, M.Pd. I. Selesai sholat berjamaah Penulis dan bapak H. OEMAR, S.Ag jalan - jalan di sekitar di Perumahan bapak AINUL YAQIN, S.Si tersebut.

Selesai Olahraga jalan - jalan Penulis dan sahabat melanjutkan istirahat pagi dan tak terasa sudah pukul 09.00 Penulis dan sahabat melanjutkan perjalanan kembali pulang ke Surabaya. Bagi Penulis semoga persahabatan ini bisa kekal abadi selamanya tanpa ada perselisihan dan pertengkaran  karena kita saudara untuk sama - sama bersinergi memajukan Sekolah kita SMP Swasta di Surabaya Utara.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar