APENSO INDONESIA

header ads

ISI WAKTU LUANG UNTUK ASAH KREATIVITAS IKUT LOMBA MUSIK PATROL DPW GOLKAR JATIM

“ISI WAKTU LUANG UNTUK ASAH KREATIVITAS IKUT LOMBA MUSIK PATROL DPW GOLKAR JATIM“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Kesenian musik patrol, mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Pasalnya kesenian ini hanya dapat ditemui di waktu tertentu saja atau bisa juga disebut sebagai tradisi musiman. Patrol merupakan salah satu kesenian lokal yang berkembang di beberapa daerah Jawa Timur, di antaranya adalah Kota Sidoarjo. 

Kesenian berupa aransemen musik ini memiliki keunikan karena alat musik utamanya berupa kentongan yang terbuat dari bambu atau kayu. Saat bulan Ramadan, patrol juga digunakan untuk membangunkan warga saat menjelang sahur. Konon, nama patrol sendiri diartikan sebagai patroli atau berkeliling. Bisa dikatakan kegunaan kentongan ini berubah. 

Dulu, berfungsi sebagai alarm tradisional dalam penjagaan keamanan dan biasanya digantung di pos ronda. Namun, kini dijadikan sebagai salah satu alat musik tradisional yang memiliki suara yang khas. Kentongan yang digunakan juga beragam, ada yang berukuran besar dan kecil. Tentunya karena suara yang dihasilkan juga berbeda. Beberapa alat musik dicat dan dihias sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik. 

Musik patrol biasanya dimainkan secara berkelompok kurang lebih 15 orang. Selain kentongan, juga menggunakan beragam alat musik seperti gamelan yang terdiri dari bonang, kempul, gong, saron, dan demung. Instrumen dalam marching band pun ada yaitu bellyra/marching bells, perkusi drum, dan symbal

Hal yang tak kalah unik adalah penggunaan tong plastik berukuran sedang sebagai perkusi bass. Saat dimainkan secara bersamaan, kentongan dan alat musik lainnya menciptakan sebuah sajian musik yang sangat enak di dengar. Bahkan, suaranya sering mengajak para pendengar untuk bergoyang. 

Untuk lagu yang dibawakan dalam pertunjukan biasanya berupa lagu dolanan (lagu yang diaransemen sendiri), lagu daerah, dangdut, hingga campursari. Seiring berjalannya waktu, perkembangan kesenian musik patrol juga semakin meluas. Kini, musik patrol tidak hanya digunakan untuk membangunkan warga saat sahur saja tetapi juga sering dijadikan sebagai pertunjukan di acara hajatan (iring-iring manten / khitanan), karnaval, pawai budaya, dan jalan sehat.

Di setiap pertunjukan, kelompok patrol memiliki gaya dan ciri khas masing-masing mulai dari kostum, gerakan, hingga kreasi musiknya. Hal ini tentu semakin menarik perhatian dan membuat masyarakat sekitar sangat antusias untuk menonton.

Dalam rangka memperingati bulan suci Ramadhan 1441 H/2021 M yang bertepatan dengan Pandemi Covid - 19 dimanfaatkan oleh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No - Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir untuk terus berkreasi menjadi generasi emas yang unggul dan berprestasi. Dimana Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya berkumpul di lapangan untuk mengikuti lomba Musik Patrol yang diadakan olseh DPW Golkar Jawa Timur. 

Dalam kesempatan tersebut, Musik Patrol SMP PGRI 6 Surabaya di latih oleh bapak NURIL MUHTADDIN, S.Pd selaku Pelatih Drumband SMP PGRI 6 Surabaya untuk urusan musik, sedangkan yang merekam video adalah bapak SYAHRUL, S.Pd selaku Pelatih Pramuka dan Panahan. 

Adapun pemain Musik Patrol dari SMP PGRI 6 Surabaya adalah SAIFUL AKBAR, RIZKI FAJAR RIANSYAH, SHAMILA, INAYAH, BIRJU, ARUL, dan MOCH. IRFAN. Mereka membawakan lagu sholawat nabi. Dalam kesempatan ini, Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 menghaturkan banyak terima kasih kepada Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya di masa Pandemi tetap terus berkarya dan berprestasi melalui Musik Patrol. 

Harapannya adalah walaupun Pandemi Covid - 19, tidak mengurungkan niat dan semangat untuk menjadi terbaik. Apalagi Musik Patrol ini adalah untuk Lomba Tingkat Provinsi Jawa Timur yang diadakan oleh DPW Golkar Jawa Timur. 

Di akhir acara, Penulis berharap teman - teman dunia maya baik FB, IG, ataupun lain dapat mendukung Musik Patrol mereka dengan memberikan like melalui link https://www.youtube.com/watch?v=yvSnsHimgfk&list=UUrxCb7AhFaHR8PatoUnjWWQ&index=33. Semoga dukungan dari masyarakat bisa memberikan motivasi kepada anak didik SMP PGRI 6 Surabaya karena dengan dukungan like terbanyak. 

Harapannya lagi, Tim Patrol SMP PGRI 6 Surabaya bisa menjadi juara dan bisa mengharumkan nama Sekolah, khususnya di bulan Ramadhan dan Pandemi Covid - 19 ini.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar