APENSO INDONESIA

header ads

SILAHTURAHMI HARI KEDUA BERSAMA KELUARGA SAMBIL MENIKMATI HIDANGAN SOTO DAGING

“SILAHTURAHMI HARI KEDUA BERSAMA KELUARGA SAMBIL MENIKMATI HIDANGAN SOTO DAGING“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan, seluruh umat muslim dengan suka cita menyambut hari raya Idul Fitri. Momen ini umumnya diisi dengan bersilaturahmi baik berkunjung ke tetangga, teman dekat dan pastinya juga keluarga besar untuk sekedar bersalaman bahkan hingga bersantap ketupat bersama-sama. 

Dengan adanya pandemi selama beberapa bulan ini, di mana setiap orang dianjurkan untuk #dirumahaja, sehingga beberapa tradisi Lebaran harus ada yang ditunda, seperti sholat Idul Fitri di luar rumah, mengunjungi keluarga, teman ataupun tetangga. 

Meski tidak lagi dianjurkan untuk bisa melakukan kegiatan tersebut saat pandemi Covid - 19 seperti saat ini, tidak perlu khawatir, karena libur lebaran di rumah akan tetap bisa asyik, seru dan bermakna bersama keluarga inti.

Lebaran adalah momen yang paling ditunggu dan dinantikan oleh umat muslim di dunia. Bukan hanya hidangan lebarannya saja yang dirindukan, melainkan momen berkumpul bersama keluarga menjadi hal yang paling dinanti. Ada banyak cara memanfaatkan momen lebaran bersama keluarga. 

Lebaran selalu identik dengan momen saling memaafkan satu dengan yang lain. Ketika lebaran tiba, seluruh keluarga berkumpul di salah satu rumah keluarga yang dituakan. Misalnya di rumah orang tua, menjadi tempat utama kala berkumpul. Di saat inilah tradisi sungkeman atau minta maaf kepada orang tua berjalan dengan damai dan haru. Satu persatu anggota keluarga berjalan dan menghampiri orang tua untuk meminta maaf atas semua kesalahan yang pernah terjadi. 

Tradisi ini biasanya dilakukan setelah selesai menjalani sholat Idul Fitri. Tepatnya di pagi hari, setelah itu dilanjutkan dengan makan bersama dan kemudian berkeliling ke rumah tetangga dan kerabat sekitar. Biasanya momen makan bersama ini hanya dapat dijumpai pada waktu-waktu tertentu. Misalnya hanya saat makan malam, atau bahkan saat ada acara keluarga. Kegiatan yang satu ini sudah pasti sangat dinanti. Makan masakan khas hari raya hingga kue-kue yang disajikan saat hari raya tiba. 

Pada saat makan bersama ini, momen yang paling sering terjadi adalah saling bercerita kenangan kala itu saat masih berkumpul dengan keluarga dan belum memiliki keluarga sendiri. Bahkan, ada beberapa keluarga yang mengambil momen ini untuk menceritakan kebiasaan orang tua terdahulu saat menghadapi momen hari raya.

Lebaran hari kedua yang jatuh pada hari Jum’at, 14/5/2021 Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No - Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir kedatangan saudara dari Tanggulangin yaitu adiknya mama Penulis yang datang bersama anak dan cucunya.

Di rumah Penulis saudara tersebut menikmati hidangan sarapan pagi Soto daging, Cumi – cumi, Udang goreng. Di samping silahturahmi juga menikmati hidangan sarapan pagi bersama – sama.

Bagi Penulis, silahturahmi ini adalah silahturahmi yang paling berkesan karena bertepatan dengan Pandemi Covid - 19, serta Penulis berharap semoga agar seluruh keluarga besar KASDI SISWOHARDJO diberikan kesehatan, kelancaran rezeki, sukses, berkah barokah selamanya dan semoga terhindar dari Covid - 19 untuk seluruh keluarga besar KASDI SISWOHARDJO, serta semoga Covid - 19 ini segera pergi dari muka bumi ini.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar