APENSO INDONESIA

header ads

AJAK SEKOLAH SWASTA UTARA UNTUK TERTIB SISTEM INFORMASI SEKOLAH BAIK PROFIL SEKOLAH MAUPUN DAPODIK

“AJAK SEKOLAH SWASTA UTARA UNTUK TERTIB SISTEM INFORMASI SEKOLAH BAIK PROFIL SEKOLAH MAUPUN DAPODIK“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Sistem informasi sekolah merupakan sebuah hal yang patut dikembangkan apalagi dalam masa pandemi seperti ini. Saat ini sistem seperti ini tengah digembor-gemborkan di mana-mana. Karena, selain untuk tetap bisa menjalankan proses belajar mengajar di masa pandemi ini. Juga bisa untuk meningkatkan kualitas pendidikan institusi pendidikan. Ini berarti tidak ada salahnya jika sistem ini dikembangkan di sekolah untuk bisa meningkatkan kualitas sekolah. 

Selain itu, jika dilihat dari segi ekonomi jika menerapkan sistem informasi di sekolah akan menjadi lebih ekonomis karena ada beberapa hal yang bisa langsung diakses secara elektronik. Apalagi sekarang di masa pandemi seperti ini. Hampir semua kegiatan masih berjalan dari rumah. Belum ada kegiatan yang bisa berjalan normal. Di sini peran sistem informasi di sekolah menjadi salah satu jalan terbaik yang bisa diambil agar anak-anak tetap bisa melangsungkan pendidikan sekalipun dalam masa pandemi seperti ini.

Sistem informasi di sekolah sendiri ini merupakan sebuah gabungan dari beberapa koneksi sehingga bisa diakses di mana saja untuk bisa memberikan proses belajar mengajar yang efektif dan efesien. Dengan sistem ini, lembaga pendidikan bisa berbagi informasi apa saja dengan lebih mudah. Lalu apa manfaat dari sistem informasi sekolah ini? bagi orang yang masih asing dengan istilah ini mungkin bertanya-tanya apa manfaat dari sistem informasi yang ada di sekolah ini. 

Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari sistem informasi ini jika diterapkan di sekolah. Dengan sistem informasi sekolah, lembaga pendidikan akan lebih mudah dalam pengolahan data. Baik itu data akademik ataupun data non akademik dengan lebih efektif. Data tersebut bisa tersaji dengan rapi dan terstruktur dengan sistem informasi yang ada di sekolah. 

Selain bagi institusi pendidikan itu sendiri, manfaat dari sistem informasi sekolah ini juga dapat dirasakan oleh orang tua. Karena orang tua bisa memantau langsung perkembangan anaknya di sekolah seperti apa dengan langsung melihat website sistem informasi tersebut. Dengan adanya sistem informasi di sekolah, informasi akademik pun bisa terolah dengan baik. Sehingga informasi mengenai akademik bisa terintegrasi dengan lebih baik dan mempermudah orang tua sekaligus siswa-siswi dalam memantau perkembangan akademik anak di sekolah.

Dalam mewujudkan Sistem Informasi Sekolah yang baik dan sesuai, pada hari Rabu, 23/6/2021 sebanyak 17 Kepala Sekolah dan 17 Operator Sekolah SMP Swasta Surabaya Utara binaan bapak Drs. ADJI SUHARKO, M.Pd mendapatkan pembinaan tentang Data Profil Sekolah yang diadakan di SMP Barunawati Surabaya Jl. Perak Barat 173 Surabaya.

Dalam kesempatan ini, Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir menyampaikan kepada Kepala SMP dan Operator Sekolah bahwasannya Data Sekolah baik profil sekolah maupun dapodik untuk di update data siswa yang sekarang kelas 7 untuk Persiapan AN/AKM yang insyah allah diadakan bulan September 2021.

Penulis juga berharap teman-teman SMP Swasta Utara DNS maupun DNT untuk Asesmen tidak ada kesalahan. Makanya, Penulis meminta untuk memantau data tersebut dengan sebaik-baiknya.

Selanjutnya, Pengawas bapak Drs. ADJI SUHARKO, M.Pd meminta agar Operator dan Kepala Sekolah benar-benar memperhatikan Data – Data Sekolah baik di Profil maupun di Dapodik. Makanya, Pengawas Pembina bapak Drs. ADJI SUHARKO, M.Pd memantau langsung data tersebut baik Data Dapodik maupun Profil Sekolah mulai data siswa yang masuk, yang lulus, Guru yang aktif, dan Guru yang tidak aktif.

(Drs. Adji Suharko)


Operator juga diminta untuk menyampaikan kepada bapak/ibu Guru untuk melakukan Aktivasi SIM PKB. Dimana semua informasi dari Kementerian langsung masuk ke SIM PKB Guru masing – masing, beserta Tunjangan TPP.

Di samping itu juga, bapak Drs. ADJI SUHARKO, M.Pd juga menyampaikan kepada Operator agar melakukan pengisian update data bagi Guru - Guru yang sudah melakukan Vaksinasi baik yang pertama atau kedua lewat SIAGUS. Jadi Guru - Guru Surabaya bisa terpantau yang sudah Vaksin atau belum, serta diminta agar Sertifikat Vaksin tersebut dapat dijadikan satu map oleh Operator Sekolah sewaktu - waktu ada kunjungan SATGAS COVID bisa disampaikan. 

Dalam kesempatan ini, Penulis merasa bangga kepada Operator Sekolah yang sangat luar biasa bekerja untuk mengolah data sekolah dengan sebaik-baiknya. Semoga Data Sekolah di wilayah Surabaya Utara tidak ada permasalahan baik di Profil maupun Dapodiknya.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar