APENSO INDONESIA

header ads

JADIKAN SEKOLAH BERSIH NYAMAN DAN AMAN BAGI SISWA DALAM MENGAHADAPI PENYAMBUTAN PTM

“JADIKAN SEKOLAH BERSIH NYAMAN DAN AMAN BAGI SISWA DALAM MENGAHADAPI PENYAMBUTAN PTM“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Setiap tahunnya, Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) diperingati pada tanggal 5 Juni. Hari Lingkungan Hidup Sedunia dicanangkan PBB demi menggugah kesadaran banyak orang untuk menjaga lingkungan dan menciptakan ekosistem hijau yang lestari. 

Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia berawal ketika PBB menggelar konferensi pertama tentang lingkungan hidup yang kemudian menghasilkan Deklarasi Stockholm pada tanggal 5 Juni 1972. Semenjak saat itu, setiap tanggal 5 Juni seluruh komponen masyarakat dunia bergandengan tangan dengan instansi pemerintah dan komponen bisnis kecil maupun raksasa, akan bersama-sama menunjukkan partisipasinya dalam mengurai isu-isu lingkungan hidup. 

Dilansir dari India Today, tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2021 ini adalah "Environment Restoration" atau "Restorasi Lingkungan." Restorasi lingkungan adalah upaya mengembalikan ekosistem ke kondisi awal mula, yang mencakup usaha pencegahan dan mengatasi berbagai kerusakan alam yang disebabkan oleh tangan-tangan manusia. Dan keserakahan manusia, membuat kita kehilangan banyak lahan basah yang menjadi penyeimbang ekosistem di bumi. Tema HLHS kali ini dibangun guna menyupport usaha PBB dalam mengembalikan lagi hijaunya kawasan hutan dan melindungi kawasan alam yang masih perawan yang harus terus dilestarikan.

SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. Sebagai Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan, dimana pada hari Sabtu, 5/6/2021 mengadakan sebuah kegiatan peringatan Hari Lingkungan Internasional yang jatuh setiap tanggal 5 Juni 2021.

Dimana pada hari Sabtu, 5/6/2021 seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya melakukan kegiatan bersih – bersih lingkungan, ada yang menyapu halaman sekolah mulai pagar sekolah, lapangan sampai lahan tanah kosong yang ada di sekolahan, ada yang memotongi rumput yang ada di lapangan,  sehingga lapangan rumputnya yang panjang – panjang jadi pendek.

(Gambar : Ketika kegiatan bersih-bersih di lapangan)

Dimana kegiatan tersebut dijalankan oleh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya dengan sangat gembira tanpa adanya beban, tidak hanya siswa SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya saja, tetapi juga guru – guru ikut kegiatan memperingati Hari Lingkungan Internasional. Di samping itu, siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya juga membersihkan kamar mandi dengan cara mereka ada yang menyapu dan mengepel kamar mandi.

Menurut Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA menyatakan bahwa tujuan dari kegiatan tersebut adalah memperingati Hari Lingkungan Internasional yang jatuh pada tanggal 5 Juni 2021. Di samping itu, Penulis juga mengajak kepada siswa/siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS "AL-IKHLAS Surabaya untuk peduli berbudaya lingkungan apalagi saat ini musim penghujan. Makanya Penulis mengajak untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

Di samping itu, alhamdulilah bibit kangkung dan cabai yang ditanam di Hidroponik bertepatan dengan Hari Lingkungan Internasional. Ini sudah tumbuh dan siap untuk dirawat siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya. Selesai bersih – bersih lingkungan sekolah, ibu LASMIATI, S.Pd Pelatih Pramuka yang juga alumni SMP PGRI 6 Surabaya membawa mihun dan ote – ote untuk di makan bersama - sama Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS " AL-IKHLAS Surabaya.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar