APENSO INDONESIA

header ads

KEGIATAN MKKS SMP SWASTA SURABAYA UTARA, IKHTIAR PERSIAPAN PPDB 2021/2022 TAWASUL KE MAKAM SUNAN AMPEL

“KEGIATAN MKKS SMP SWASTA SURABAYA UTARA, IKHTIAR PERSIAPAN PPDB 2021/2022
TAWASUL KE MAKAM SUNAN AMPEL“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Tawassul adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan ketaatan kepada-Nya, beribadah kepada-Nya, mengikuti petunjuk Rasul-Nya dan mengamalkan seluruh amalan yang dicintai dan diridhai-Nya. Lebih jelasnya adalah kita melakukan suatu ibadah dengan maksud mendapatkan keridhaan Allah dan surga-Nya.

Dalam masyarakat, kita secara umum masih banyak yang menggunakan tawasul dalam kehidupannya. Terutama bagi yang menganut mahdzab Imam Syafi'i. Tawasul ialah aktivitas mengambil sarana atau wasilah agar doa atau ibadahnya dapat diterima, diijabah atau dikabulkan. Tawasul adalah salah satu cara doa dan salah satu pintu tawajuh kepada Allah SWT. Tujuan hakikinya itu adalah Allah. 

Sedangkan sesuatu yang dijadikan tawasul hanya bermakna jembatan dan wasilah untuk taqarrub kepada-Nya. Siapa saja yang meyakini di luar pengertian ini tentu jatuh dalam kemusyrikan. Orang yang bertawasul takkan menyertakan wasilahnya dalam doa kecuali karena rasa cintanya kepada wasilah tersebut dan karena keyakinannya bahwa Allah juga mencintainya. Kalau yang muncul berlainan dengan pengertian ini, niscaya ia adalah orang yang paling jauh dan paling benci dengan wasilahnya. 

Ketika meyakini bahwa orang yang dijadikan wasilah kepada Allah dapat mendatangkan mashalat dan mafsadat dengan sendirinya setara atau lebih rendah sedikit dari Allah, maka orang yang bertawasul jatuh dalam kemusyrikan. Praktik tawasul bukan sesuatu yang mengikat dan bersifat memaksa. Ijabah doa tidak bergantung pada tawasul, tetapi pada prinsipnya mutlak sekadar permohonan kepada Allah sebagai firman-Nya, 'Jika hamba-Ku bertanya tentang-Ku kepadamu (hai Muhammad), sungguh Aku sangat dekat,' atau ayat lainnya, 'Katakanlah hai Muhammad, 'Serulah Allah atau serulah Yang Maha Penyayang'. Panggilan mana saja yang kalian gunakan itu, sungguh Allah memiliki nama-nama yang bagus.

Dalam mempersiapkan PPDB 2021/2022, di masa Pandemi yang begitu sangat sulit membuat SMP Swasta Surabaya Utara merasa kebingungan dalam mencari Peserta didik. Dimana pada hari Senin, 21/6/2021 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara mengadakan kegiatan tawasul di Makam Sunan Ampel Surabaya. Sebelum melaksanakan kegiatan tawasul tersebut, Kepala Sekolah SMP Swasta Surabaya Utara melaksanakan Sholat Dhuhur berjamaah di Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya. 

Selesai dari Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya, bapak/ibu Kepala SMP Swasta Surabaya Utara yang terdiri dari bapak Drs. H. ASIF CHOZIN MM dari Kepala SMP KAWUNG 1, bapak Drs. H. MAHFUDZ, M.Pd. I dari Kepala SMP Romly Tamim Surabaya, bapak KHUSNUL YAKIN, S.Pd dari Kepala SMP KHM NUR Surabaya, bapak JULIUS ARIF RAHMAN, S.Pd dari Kepala SMP TRI Tunggal 2, bapak SYAHRUL, S.Pd dari Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya dan ibu HENTRI POERWIDIJATI, S.H dari Kepala SMP PGRI 5 Surabaya bersama suami. 

Dalam kesempatan tersebut, yang memimpin acara tawasul pada siang hari ini adalah bapak Drs. H. ASIF CHOZIN, MM. dari Kepala SMP KAWUNG 1 Surabaya. Dimana beliau mengajak untuk khusyuk melaksanakan Pembacaan Yasin dan Istighosah tersebut, dan ditutup dengan doa oleh bapak Drs. H. MAHFUDZ, M.Pd. I dari Kepala SMP Romly Tamim Surabaya. 

Menurut Penulis yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No.7 - 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir bahwa tujuan dari kegiatan siang hari ini adalah bentuk ikhtiar Kepala SMP Swasta Surabaya Utara dalam menghadapi PPDB 2021/2022. Semoga Ikhtiar SMP Swasta Surabaya Utara dalam tawasul ke Sunan Ampel di ijabahi oleh Allah SWT.

Penulis dalam kesempatan ini berharap agar Wali murid dapat percayakan putra/putrinya untuk melanjutkan Pendidikan di Sekolah Swasta seperti di SMP PGRI 6 Surabaya dan berharap Tahun 2021/2022 SMP PGRI 6 Surabaya mendapatkan siswa/siswi yang banyak, berkah barokah selamanya. 
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar