APENSO INDONESIA

header ads

ORANG TUA LEBIH AKTIF MENDIDIK

ORANG TUA LEBIH AKTIF MENDIDIK


Oleh: Gempur Santoso


Beberapa lembaga sekolah di beberapa daerah. Akan menerapkan belajar mengajar tatap muka. Masuk kelas. Ketemu guru dengan muridnya. Banyak rencana itu ditangguhkan. Karena wabah corona meningkat. 

Kita mau hidup nomal. Guru ketemu murid. Murid ketemu guru. Melakukan belajar mengajar dengan tatap muka. Virus corona ini, tahu saja. Mungkin kebetulan atau ada mekanisme hewan virus corona itu berkembang biak, atau apa. Tidak tahu. Yang jelas belajar mengajar tatap muka. Luring (di luar jejaring). Ditangguhkan.

Semoga saja generasi ini tidak gagal dalam mendapatkan ilmu. Generasi ini ada yang menyebut "generasi corona". Saat getol belajar di musim wabah pandemi corona.

Balik lagi ke model belajar daring (dalam jejaring) menjadi alat belajar utama. Media online. Walau ditengarahi daring tidak optimal untuk membentuk manusia dalam pendidikan.

Bahkan, ada asumsi bahwa daring, online, google tidak dapat mendidik manusia. Yang bisa mendidik manusia adalah manusia.

Tampak betul menjadi darurat. Setidaknya masih ada daring. Kekurangan mendidik anak anak kecil dilakukan orang tua, harus.

Bagi anak anak yang sudah besar. Belajar sendiri. Melalui literatur yang tersedia di mbah google, misal: lietarur online. Bisa juga literatur di alam semesta. Bahkan masih ada praktek di laboratorium di kampus. Walau harus memakai protokol kesehatan (prokes), ketat.

Kehati hatian di masa pandemi ini sangat diperlukan. Jika diketati seperti lockdown. Perputaran ekonomi sangat terganggu. Seret. Menjadi sulit dagang, sulit usaha, dampak lainnya seperti PHK (pemutusan hubungan kerja) akan semakin banyak.

Jika pandemi corona dibiarkan. Kemungkinan banyak yang terkena wabah virus corona. 

Pada situasi pandemi corona ini. Lembaga pendidikan termasuk guru. Terikat oleh aturan. Harus diikuti. Di sisi lain. Kita tidak ingin generasi muda gagal pendidikan.

Oleh karena itu, sangat utama orang tua harus mendidik putra putrinya. Sebisanya. Bisa juga minta bantuan saudaranya atau tetangga, yg lebih mumpuni. Arti mumpuni dalam memdidik dan keilmuannya. 

Belajarkanlah menjalankan agamanya. Melakukan. Itu setidaknya pendidikan meningkatkan ketauhitan dan belajar bersosial kemasyarakatan.

Kalau virus corona itu hewan. Mengapa musim hewan membludak ini, tak segera berakhir. Musim hewan membludak kok sampai bertahun tahun. Yaa..semoga pandemi corona ini secepatnya berakhir.

Semoga kita selamat dan sehat selalu....aamiin yra.

(GeSa)








Posting Komentar

0 Komentar