APENSO INDONESIA

header ads

SEMANGAT GURU – GURU SPEGRINAM SURABAYA HOME VISIT UNTUK MENDAPATKAN SISWA DI PPDB 2021/2022 DI KONDISI PANDEMI

“SEMANGAT GURU – GURU SPEGRINAM SURABAYA HOME VISIT UNTUK MENDAPATKAN SISWA DI PPDB 2021/2022 DI KONDISI PANDEMI“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Memasuki fase era New Normal, proses pembelajaran daring tetap dilaksanakan sehingga siswa harus memiliki tanggung jawab personal dalam belajar, menyesuaikan tugas-tugas melalui daring dan mengoptimalkan gadget yang dimiliki sebagai sumber belajar.

Dengan pembelajaran secara daring ini, terkadang muncul berbagai masalah yang dihadapi oleh siswa seperti hambatan dalam pembelajaran daring, manajemen waktu dalam kegiatan belajar di rumah, motivasi belajar yang mulai berkurang, dan mengalami kebosanan selama di rumah. Di sinilah peran guru Bimbingan Konseling dalam membantu mengatasi permasalahan-permasalahan siswa selama pembelajaran daring. 

Bimbingan dalam rangka pencapaian pengembangan diri siswa secara optimal tentunya diperlukan sebuah kerja sama yang baik antara sekolah dengan pihak orang tua siswa. Kegiatan ini dimaksudkan untuk membina hubungan silaturahmi antara keluarga siswa dengan pihak sekolah. Selain itu, pihak sekolah maupun orang tua lebih mudah mengontrol siswa. 

Bentuk kegiatan yang dilaksanakan BK Padmanaba di antaranya dengan mengadakan home visit. Kegiatan Home visit merupakan salah satu program BK Padmanaba yang berkaitan dengan program sekolah terutama di masa pandemi Covid-19 ini ketika pembelajaran dilaksanakan secara daring. Kunjungan rumah atau home visit ini dalam layanan bimbingan konseling di sekolah merupakan salah satu kegiatan pendukung bimbingan dan konseling. 

Tujuan utama dari kegiatan pendukung ini adalah untuk melengkapi informasi atau data diri siswa sekaligus mengonfirmasi data diri siswa yang diperlukan dari bagian bimbingan konseling untuk membantu memaksimalkan layanan bimbingan kepada siswa. 

Home visit bukan untuk sidak atau mengecek kebenaran atas pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh siswa, tetapi untuk tujuan memenuhi kebutuhan informasi tentang diri siswa yang diperlukan bagi kelancaran pelaksanaan bimbingan konseling bagi siswa itu sendiri. 

Dalam melaksanakan kegiatan home visit ini guru bimbingan dan konseling serta siswa dan orang tua harus tetap menjaga prosedur pencegahan COVID-19. Sebelum kegiatan kunjungan rumah diadakan, guru bimbingan dan konseling harus memiliki persiapan agar kegiatan kunjungan rumah berjalan dengan baik sesuai dengan tujuannya, yakni untuk mengentaskan permasalahan yang dihadapi siswa. Kegiatan ini sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar. 

Persiapan yang dilakukan terutama mengumpulkan data terkait siswa yang akan dikunjungi melalui wali kelas dan guru mata pelajaran yang mengampu siswa tersebut, pengamatan terhadap fasilitas belajar anak di rumah dan diskusi dengan anggota keluarga. 

Melakukan manajemen pelaksanaan kunjungan rumah dengan baik membantu guru bimbingan dan konseling dalam rangka menjalani kegiatan secara baik dan benar, karena telah terprogram dengan jelas apa yang akan dilakukan. Kegiatan ini dilakukan guru bimbingan dan konseling untuk mendapatkan data dan keterangan siswa serta memahami permasalahan siswa secara tepat. 

Hasil kegiatan tersebut dapat digunakan dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa, sehingga siswa dapat berkembang secara maksimal. 

Perolehan hasil kunjungan rumah kemudian di evaluasi, di analisis, dan ditindaklanjuti demi kepentingan pengentasan permasalahan siswa. Respon orang tua dengan adanya kegiatan home visit ini sangatlah baik, sehingga harapannya ada kerja sama dari orang tua dalam memotivasi belajar ketika pembelajaran dengan sistem daring selain itu mengetahui kendala dan potensi lingkungan sekitar rumah siswa juga menjadi sumber informasi yang sangat penting untuk pengembangan siswa. Baik itu potensi dalam bidang ekonomi, seni budaya, teknologi, industri, dan potensi bagi pengembangan karir siswa di masa yang akan datang.

Dalam mempersiapkan peserta didik di era new normal dalam menghadapi PPDB 2021/2022 SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Jum’at, 11/6/2021 Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya Melakukan kegiatan home visit.

Sebelum pelaksanaan home visit, bapak/ibu Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya bersama siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya melakukan kegiatan pembacaan yasin, istighosah yang di pimpin oleh bapak ACHMAD SYAIFUDDIN, S.H.I selaku Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya. 

Selesai pembacaan yasin, istighosah, dan sholawat di tutup oleh bapak ACHMAD SYAIFUDDIN, S.H.I dengan doa semoga PPDB di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya berjalan lancar tanpa adanya hambatan dan semoga PAGU PPDB SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya Tahun 2021/2022 terpenuhi mendapatkan siswa yang banyak berkah barokah selamanya. 

Selesai pembacaan yasin, istighosah, dan sholawatan. Seperti biasa sebagai Sekolah religi selalu mengajak siswa/siswi setiap hari Jum'at untuk Jum'at berbagi berkah nasi bungkus yang diberikan kepada tukang becak, tukang sampah di dpan gang Sekolahan.

Selesai melaksanakan rutinitas setiap hari Jum’at dengan Yasin, Istighosah, Sholawatan, dan Pembagian nasi bungkus. Alhamdulilah, Guru- Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya menikmati hidangan gule dan roti maryam, tasyakuran dari ibu ANIS LAILY MUFIDAH, S.Pd. Alhamdulilah, selesai sarapan pagi Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS melaksanakan tugas untuk Pelaksanaan PPDB yaitu home visit di rumah siswa/siswi kelas 6 SD/MI se kota Surabaya.

Alhamdulilah dengan semangat bapak/ibu Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya masuk ke kampung – kampung kecil di daerah JATIPURWO, JATISRONO, TENGGUMUNG, BULAK BANTENG, KARANG TEMBOK. Dimasuki oleh bapak/ibu Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya. 

Menurut Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah home visit untuk memantau kondisi orang tua siswa/siswi kelas 6 SD/MI, serta mengajak mereka untuk mendaftarkan masuk di SMP PGRI 6 Surabaya untuk di didik di bina menjadi Generasi Emas Unggul dan Generasi Qur'ani. Semoga Perjuangan Guru – Guru untuk home visit ini membuahkan hasil PPDB 2021/2022 di masa Pandemi COVID 19 untuk mendapatkan siswa/siswi yang banyak berkah dan barokah selamanya.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat


Posting Komentar

0 Komentar