APENSO INDONESIA

header ads

SHARING BERSAMA UNTUK PERSIAPAN VERIFIKASI KELULUSAN UJIAN SATUAN PENDIDIKAN SMP SWASTA UTARA

SHARING BERSAMA UNTUK PERSIAPAN VERIFIKASI KELULUSAN UJIAN SATUAN PENDIDIKAN SMP SWASTA UTARA”

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menerbitkan Surat Edaran (SE) Mendikbud Nomor 1 Tahun 2021. Isinya tentang peniadaan ujian nasional dan ujian kesetaraan serta pelaksanaan ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran corona virus disease (Covid-19). Berkenaan dengan penyebaran Covid-19 yang semakin meningkat, maka perlu dilakukan langkah responsif. Tentu yang mengutamakan keselamatan dan kesehatan lahir dan batin peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. 

Dalam SE Mendikbud itu disampaikan 8 poin utama. Tentu, beberapa di antaranya ialah berisi tentang penentu kelulusan siswa di tahun 2021. Kelulusan itu sebagai pengganti Ujian Nasional (UN). Lantas, apa penggantinya? Bagaimana syarat menentukan kelulusan siswa? SE Mendikbud disebutkan pada poin 3 untuk menentukan apakah siswa dinyatakan lulus dari satuan atau program pendidikan setelah : 
1. Siswa harus menyelesaikan program pembelajaran di masa pandemi Covid-19 yang dibuktikan dengan rapor tiap semester. 
2. Siswa memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik. 
3. Siswa mengikuti ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan (sekolah). 

Tak hanya itu saja, pada poin ketiga itu juga dijelaskan bentuk ujian yang dapat dilakukan oleh sekolah bagi siswa ada 4 bentuk ujian, yakni : 
1. Portofolio berupa evaluasi atas nilai rapor, nilai sikap/perilaku, dan prestasi yang diperoleh sebelumnya (penghargaan, hasil perlombaan, dan sebagainya). 
2. Penugasan. 
3. Tes secara luring atau daring. 
4. Bentuk kegiatan penilaian lain yang ditetapkan oleh satuan pendidikan (sekolah).

Pengumuman Kelulusan Ujian Satuan Pendidikan tinggal menghitung hari. Dimana MKKS SMP Swasta Surabaya dalam rangka menyiapkan berkas Laporan Kelulusan Ujian Satuan Pendidikan pada hari Sabtu, 29/5/2021 mengundang bapak Drs. MASYKHUR HADI, M.Si selaku Kepala SMP Negeri 10 Surabaya untuk sharing bersama Kepala SMP dan Wakil Kepala SMP Swasta Surabaya Utara. Adapun kegiatan tersebut diadakan pada pukul 15.30 melalui join zoom meeting https://us04web.zoom.us/j/5950260970?pwd=Z3MxbG56a0Y2MWd1cDZXR25rNS91dz09 Meeting ID: 595 026 0970 Passcode: mkksutara.

(Gambar : Ketika kegiatan berlangsung)


Dimana bapak Drs. MASYKHUR HADI menjelaskan sharing tentang DKN. Dimana beliau menyampaikan untuk menulis kriteria di sekolah masing – masing sampai akhirnya beliau menjelaskan untuk menginput nilai masing – masing mata Pelajaran dari DKN untuk dimasukan ke Rapor online melalui link https://rapor.dispendik.surabaya.go.id/2020_genap/guru/# dengan masuk melalui user Guru kelas 9 masing – masing. 

Dimana yang dimasukan di DKN tersebut adalah NIJ dari DKN tersebut. Di samping itu, pak Maskhur menyampaikan bahwa sekarang ini saat Verifikasi Kelulusan hanya 2 berkas yang dibawa yaitu warna orange dan coklat. Dimana beliau menyampaikan tentang verifikasi Kelulusan yang lama dan verivikasi yang baru. 

Alhamdulilah, banyak sekali Wakasek Kurikulum SMP Swasta Surabaya Utara yang sangat antusias dengan kegiatan tersebut, bahkan banyak yang bertanya. Cuma disayangkan kegiatan tersebut terkendala karena paket Zoom yang digunakan adalah tidak gratis tapi tidak mengurangi semangat Waka Kurikulum selama 2X45 menit sharing bersama pak Maskhur tersebut.

Penulis menghaturkan banyak terima kasih kepada bapak Maskhur Hadi yang sudah meluangkan waktu untuk sharing bersama dalam persiapan Kelulusan Ujian Satuan Pendidikan yang akan digelar tanggal 2 Juni 2021 di Sub Rayon masing - masing. Penulis juga berharap tidak ada kesalahan dari SMP Swasta Surabaya Utara pada saat verivikasi tersebut.

Penulis menyampaikan kepada Kepala SMP Swasta Surabaya Utara dan Waka Kurikulum agar jangan lupa tanggal 4 Junu 2021 untuk mengeprint Surat Lulus dan SK Rapot melalui Wali kelas 9 dan diserahkan kepada siswa/siswi krlas 9 yang akan meninggalkan Sekolah untuk dipakai Pendaftaran PPDB SMA/SMK 2021/2022, sehingga harapan Penulis SMP Swasta Surabaya sudah memberikan kenangan terindah kepada siswa/siswi nya dengan memberikan SK Lulus dan SK Rapot sehingga mereka bisa melanjutkan mengenyam pendidikan.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar