APENSO INDONESIA

header ads

AJAK GURU SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS "AL-IKHLAS UPGRADE ILMU PENGETAHUAN (LITERASI DIGITAL) DI MASA PANDEMI COVID-19

AJAK GURU SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS "AL-IKHLAS UPGRADE ILMU PENGETAHUAN (LITERASI DIGITAL) DI MASA PANDEMI COVID-19

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Literasi digital diperlukan dalam penggunaan teknologi. Salah satu komponen dalam lingkungan belajar dan akademis yaitu literasi digital. Penerapan literasi digital dapat membuat masyarakat jauh lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi. 

Dalam bidang teknologi, khususnya informasi dan komunikasi, literasi digital berkaitan dengan kemampuan penggunanya. Kemampuan untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif. Dikutip dari buku Peran Literasi Digital di Masa Pandemik (2021) karya Devri Suherdi, literasi digital merupakan pengetahuan serta kecakapan pengguna dalam memanfaatkan media digital, seperti alat komunikasi, jaringan internet dan lain sebagainya. 

Kecakapan pengguna dalam literasi digital mencakup kemampuan untuk menemukan, mengerjakan, mengevaluasi, menggunakan, membuat serta memanfaatkannya dengan bijak, cerdas, cermat serta tepat sesuai kegunaannya. 

Dilansir dari Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19 (2020) karya Eti Sumiati dan Wijonarko, literasi digital telah membawa banyak manfaat bagi kehidupan masyarakat. 
Manfaat tersebut di antaranya: Kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu. Meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berpikir serta memahami informasi. Menambah penguasaan ‘kosa kata’ individu, dari berbagai informasi yang dibaca. Meningkatkan kemampuan verbal individu. Literasi digital dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu. Menambah kemampuan individu dalam membaca, merangkai kalimat serta menulis informasi.

Dalam masa Pandemi Covid-19 seperti saat ini yang terjadi di Indonesia kegiatan Literasi Digital sangat dibutuhkan oleh para guru – guru yang ada di Indonesia salah satunya adalah di SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir, pada hari Kamis, 1/7/2021 Penulis bersama guru – guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS mengikuti kegiatan Webinar Literasi Digital.

Sebelum mengikuti kegiatan tersebut, bapak/ibu guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya melakukan pendaftaran melalui link S.id/litdiglamongan0107. Selesai mendaftar, seluruh bapak/ibu guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya mengikuti kegiatan tersebut melalui Zoom dengan link https://us02web.zoom.us/j/2459057717?pwd=TDZHR0NlcERMYnhPckFxbXg1d3E4dz09. 
 
Alhamdulilah, Penulis mendapatkan ilmu baru dari kegiatan materi tersebut kegiatan yang berlangsung mulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00 tidak membuat guru – guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya jenuh dan bosan.

Menurut Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya dan Sekretaris Yayasan Pendidikan AL-IKHLAS Semampir menyampaikan bahwa guru – guru itu harus di upgrade ilmu yang dimiliki. Jangan sampai di masa Pandemi guru kekurangan bahan untuk menyampaikannya kepada siswa. 

Selesai acara, ada pengisan absensi serta memasukan token yang dikirim ke email pada saat mendaftakan. Setelah itu, alhamdulilah guru – guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya termasuk Penulis mendapatkan kiriman Sertifikat dari rangkaian acara tersebut.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar