APENSO INDONESIA

header ads

AJAK SISWA PERINGATI HARI ANAK NASIONAL 2021 TERUS BERPRESTASI DAN BERKARYA DI MASA PANDEMI

“AJAK SISWA PERINGATI HARI ANAK NASIONAL 2021 TERUS BERPRESTASI DAN BERKARYA DI MASA PANDEMI“

(Gambar Ilatrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Setiap tanggal 23 Juli, kita memperingati Hari Anak Nasional. Di tahun 2021, peringatan Hari Anak Nasional dalam situasi Covid-19. Maka dari itu, Hari Anak Nasional 2021 memiliki tema 'Anak Terlindungi, Indonesia Maju' dengan tagline #AnakPeduliDiMasaPandemi. 

Hal ini disebut sebagai motivasi bahwa situasi pandemi tidak menyurutkan komitmen untuk tetap melaksanakan HAN tahun ini secara virtual, tanpa mengurangi maknanya.

Hari Anak Nasional jatuh pada 23 Juli karena mengacu pada disahkannya UU Nomor 4 Tahun 1979 tentang Kesejahteraan Anak. Sebelum ditetapkan Hari Anak Nasional pada 23 Juli, sempat terjadi beberapa kali perubahan.

Hari Anak Nasional awalnya diperingati pada 6 Juni yang disebut dengan Hari Kanak-kanak. Kemudian, Dewan Pimpinan Kongres Wanita Indonesia (Kowani) memutuskan untuk mencabut Hari Kanak-kanak Indonesia dan menggantinya dengan Pekan Kanak-kanak Nasional Indonesia.

Hal inilah yang membuat Hari Anak Nasional berubah lagi menjadi tanggal 17 Juni dan diselenggarakan sejak 1951. Setelah itu, beberapa pihak mempertanyakan alasannya ditetapkan 17 Juni sebagai Hari Anak Nasional. 

Hari Anak Nasional (HAN) diperingati pada 23 Juli setiap tahunnya. Setiap penyelenggaraan HAN memiliki tema tersendiri, termasuk HAN 2021. Pelaksanaan HAN tahun ini memiliki tantangan tersendiri karena diperingati pada masa pandemi Covid-19. 

Mengutip Pedoman HAN 2021 yang dipublikasikan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, tujuan peringatan HAN 2021 adalah sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa. 

Diharapkan peringatan HAN yang dikemas secara online dapat menjangkau lebih banyak anak dari 34 provinsi di Indonesia termasuk Anak yang Memerlukan Perlindungan Khusus (AMPK). 

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. Pada hari Jum’at, 23/7/2021 memperingati HARI ANAK NASIONAL 2021 sesuai dengan tema Hari Anak Nasional 2021 yaitu "Anak Terlindungi Indonesia Maju".

Dimana mereka di masa Pandemi Covid ini tetap terus berprestasi, berkarya. Selain itu, mereka memasang foto dengan aksi mereka masing – masing. Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan bahwa jangan patah semangat untuk terus berprestasi dan berkarya di masa pandemi Covid.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar