APENSO INDONESIA

header ads

MENCEGAH KECELAKAAN HIDUP

MENCEGAH KECELAKAAN HIDUP


Oleh : Gempur Santoso

(Gubes Universitas M'arif Hayim Latif Sidoarjo)


Dalam kehidupan dan tata cara hidup Anda, ada: lingkungan (environment), peralatan hidup (equipment of life), sesama manusia (man of society), dan sumber kehidupan/pancaharian.

Lingkungan (environment:): inti buatlah lingkungan yang bisa untuk hidup manusia. Alias tidak membuat manusia mati (wafat). Memang takdir di tangan Tuhan. Maka, sebaiknya ekosistem lingkungan bisa terjaga normal. 

Utama hidup. Butuh air - air minum. Butuh bernafas normal, nilai ambang batas oksigen sekitar 20 % di udara. Juga butuh makan. Hampir makanan berasal dari tanah. Pepohonan harus hidup. Pohon buah atau pohon makanan. Termasuk hewan halal sebagai makanan manusia harus ada - hidup.

Ada istilah development sustainability. Artinya pengembangan produk dan alam yang membuat manusia bisa awet hidup alias tidak cepat wafat.

Peralatan hidup (equipment of life): bisa alat - alat memasak. Alat - alat untuk bekerja. Alat - alat untuk hidup/kehidupan - misal rumah. Dan peralatan lain. Jadi peralatan untuk hidup masing - masing. Agar hidup menjadi mudah alias tidak repot.

Akan menjadi sia - sia dan membebani jika punya peralatan tidak dibutuhkan untuk hidup. 

Peralatan hidup yang modern asalkan dibutuhkan untuk hidup. Mempermudah hidup. Mampu mengadakan (membeli). Penuhi saja, itu baik.

Jangan sampai seperti orang memiliki telinga tuli, tetapi membeli radio yang mahal dan mewah. Sia - sia. Jadi peralatan hidup kita janganlah sia - sia.

Manusia makhluk sosial (man of society): manusia pasti interaksi dengan manusia. Manusia bersama manusia secara sosial. Manusia sebagai makhluk sosial walaupun juga makhluk pribadi (individu). Manusia harus bisa hidup bersama dan diterima manusia lain.

Sekelompok atau komunitas manusia sosial adalah saling mengenal. Saling tahu. Saling menjaga kebaikan. Saling membantu. Saling memberi. Bisa diartikan gotong royong.

Sekelompok kerumunan manusia belum tentu terbentuk sebagai masyarakat sosial. Karena hanya berkerumun bersama tidak saling mengenal.

Sumber kehidupan/pencaharian: ini bisa energi yang merupakan sumber kehidupan sekaligus sumber bahaya kalau salah menempatkan penggunaan. 

Semua manusia memerlukan biaya kehidupan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan makan minum dan lainnya.

Pencaharian sebagai sumber. Bisa beternak, bertani, punya usaha. Bisa juga sebagai pegawai swasta juga pegawai aparatur negara. Semua itu, akan mendapatkan rezeki keuntungan, atau gaji yang menyertai. Dan rezeki lain.

Mendapatkan rezeki sumber ini harus sesuai agama dan budaya. Atau pun aturan yang ada. Jangan mendapatkan sumber yang menyimpang bisa menjadi malapetaka.

Dalam ilmu keselamatan dan kesehatan kerja. Apabila bisa mengharmoniskan antara: environment, equipment, manusia, dan sumber. Maka, insyaallah akan menjadi pencegahan (preventif) timbulnya kecelakaan. Kecelakaan hidup/kehidupan. 

Tetap berdoa, mintalah keselamatan pada Tuhan Allah SWT. Semoga semua sehat dan selamat...aamiin yra.

(GeSa)






Posting Komentar

0 Komentar