APENSO INDONESIA

header ads

Rapat Evaluasi Program MKKS SMP Swasta Utara serta Penyusunan Program Tahun 2021/2022

Rapat Evaluasi Program MKKS SMP Swasta Utara serta Penyusunan Program Tahun 2021/2022

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Evaluasi merupakan bagian integral dalam dimensi input, proses dan output pendidikan. Kurikulum yang mencakup konteks, input dan proses pendidikan dan latihan dan hasil diklat merupakan produk dari pelaksanaan kurikulum, semuanya harus dievaluasi dalam hubungannya dengan hasil pendidikan dan latihan. 

Apabila terdapat kesenjangan antara hasil yang diharapkan dengan apa yang direncanakan dan kemampuan yang ada, usaha-usaha harus terus dilakukan untuk mengeliminasi faktor-faktor yang memungkinkan membatasi hasil pendidikan dan latihan yang dilakukan ataupun untuk meningkatkan atau memperbaiki situasi yang ada.

Pendidikan dan latihan yang efektif memerlukan peserta yang mengetahui bagaimana hasil diklat mereka, bagaimana mereka mengerjakannya, maka trainer harus memberikan kesempatan dan mendesain instrumen untuk mengecek kemajuan yang dilakukan oleh peserta treaning.  

Hasilnya perlu bagi peserta sebagai umpan balik (feedback) dalam pendidikan dan latihan, dan juga diperlukan bagi traner untuk mendiagnosis dan melakukan motivasi dan membimbing peserta untuk perbaikan progam pendidikan dan latihan. Atau memberikan kontribusi yang berarti bagi pengembangan teori dan dasar pendidikan dan latihan.

Untuk merencanakan aktivitas pendidikan dan latihan yang sesuai memerlukan feedback dari peserta secara kontiniu bagi trainer untuk mengetahui kemajuan ataupun masalah-masalah yang timbul. Trainer kemudian dapat mengkaji ulang dan memberikan alternatif aktivitas apabila kemajuan peserta pendidikan dan latihan sangat lambat. 

Urgensitasnya evaluasi yang berkelanjutan dalam memberikan pendidikan dan latihan menuntut trainer untuk mengetahui tentang evaluasi terhadap program pendidikan dan latihan.

Memasuki Tahun Pelajaran 2021/2022 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara pada hari Senin, 6/7/2021 bertempat di SMP WACHID HASYIM 1 Surabaya pengurus MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang terdiri dari bapak KH. Drs. ASIF CHOZIN, MM Kepala SMP KAWUNG 1 Surabaya, bapak Drs. H. MAHFUDZ, M.Pd. I Kepala SMP Romly Tamim, ibu Dra. HJ. ERNA SAIDAH SMP YP 17, bapak H. OEMAR, S.Ag Kepala SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya, bapak SYAHRUL, S.Pd Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya, bapak AINUL YAQIN, S.Si Kepala SMP WACHID HASYIM 1 Surabaya dan Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir mengadakan Rapat MKKS SMP Swasta Surabaya Utara.

Dalam rapat tersebut di isi dengan acara mengevaluasi kegiatan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang sudah berjalan selama kepemimpinan Penulis dan penyusunan program 1 tahun ke depan untuk kegiatan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Tahun 2021/2022 tersebut.
#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar