APENSO INDONESIA

header ads

BERBANGSA BANGSA SEBANGSA

BERBANGSA BANGSA SEBANGSA



Oleh: Gempur Santoso


Secara pribadi saya merasa senang mendapat WA (whatApp) dari teman, murid, atau siapa saja. Kiriman WA itu dikhususkan pada saya. Saat ini bisa disebut japri. Bukan WA grup. Menyenangkan.

Rasa senang saya itu terasa meningkatkan semangat saya. Lho kok bisa? Sebab saya merasa tidak sendirian. Diterima yang lain. Sebagai makhluk sosial.

Apalagi WA itu ucapan doa dan kata kata filsafati. Membuat semakin menentramkan pikiran. Membuat bertanya-tanya "oh begitu".

Rutin hampir tiap pagi hari beberapa teman-teman saya memberi japri ke saya. Sejak dahulu. Saya lupa japri itu mulai kapan. Seingat saya sejak saat saya mulai tidak sekuat dulu.

Teman saya itu, rutin tiap pagi japri, antara lain: mas Hadi saya memanggil begitu. Seorang doktor bidang Hukum. Saat ujian terbuka dinyatakan oleh ketua penguji "sangat memuaskan rasa cumlaude". Saat itu saya salah satu penguji akademis, undangan.

Mas Hadi. Lengkapnya Dr. Hadi Pranoto, SH, MH. Usia di atas saya. Kakak saya. Beragama Nasrani. Beken di keahlian pengacara. Kedua putra laki-lakinya semua juga pengacara. Atau advokat. Semoga selalu sehat, lancar. Saling mendoakan.

Teman lain saya. Hampir tiap pagi juga memberi japri ke saya. Lewat massanger. Dia adalah saudara Kalaimani Supramaniam. Beragama Budha. Kewarganegaraan Malaysia. Keturunan India.

Profesor Kalaimani Supramaniam seorang guru. Atau pendidik. Aktif di pramuka (scout). Juga aktif menanam pohon. Penghijauan, cinta alam. Dimana - mana, di beberapa negara beraktivitas menanam pohon. Juga menyemaikan benih pohon. Yang sama dengan saya adalah sebagai pendidik.

Ada lagi salah satu teman saya. Tiap hari istiqomah japri ke saya. Doa sehat. Kadang ditambah video lelucon. Kadang video lagu (nyanyian). Saya betul - betul terhibur oleh kirimannya. 

Dia adalah Gus saya panggil begitu. Asli bernama Budi Priyo Sembodo, M.Kom. Beragama Nasrani. Bahkan pendeta. Aktif di Gereja sebelah rumahnya. Dosen ahli di bidang komputer dan listrik arus lemah. Teman akrap.

Tiga teman saya di atas aktif tiap pagi mejapri khusus untuk saya. Biasanya setelah saya sholat subuh saya membuka handphone. Terus saya balas mereka, masing - masing.

Asyik. Khusus. Saya merasa manusia. Itu menjadi yang membuat kuat motivasi saya dalam hidup.

WA lain berupa WA grup tentu ada. Banyak sekali saya dimasukan grup. Hampir semua berdoa, kata - kata indah, demi keselamatan bersama. Sangat nyaman dan indah semua.

Tentu kita saling berdoa. Saling berfikir positif. Dalam kebersamaan saat hidup waktu bersama dunia.

Kita semua makhluk manusia. Dan, Yang Maha Pencipta menciptakan manusia adalah makhluk paling sempurna. Kita memang sebangsa yakni manusia.

Semoga semua sehat....aamiin yra.

(GeSa)






Posting Komentar

0 Komentar