APENSO INDONESIA

header ads

LPPM UMAHA MAKIN MAMPU OPTIMALKAN DOSEN

 

LPPM UMAHA MAKIN MAMPU OPTIMALKAN DOSEN


Oleh: Gempur Santoso

(Guru Besar Ergonomi K-3 Teknik Industri Umaha Sidoarjo)


Pagi ini saya diberi kesempatan menulis. Atas instruksi Kepala LPPM. Istimewa menurut saya. Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Maarif Hasyim Latif (Umaha) Sidoarjo, memberi peluang saya menulis. Akan dimuat di webside LPPM. 

Kepala LPPM Umaha itu adalah bapak Khoirul Ngibad S.Si., M.Si. Pak Ngibat biasa saya menyebut, masih muda. Ernerjik. Saya mengagumi LPPM yang beliau pimpin.

Saya memang relatif baru. Sekitar satu semester lebih sebagai dosen tetap di Umaha. Pengalaman awal saya. Dan, saya yakin seorang dosen aktif harus melakukan tridhama perguruan tinggi.

Oleh Ketua Jurusan Teknik Industri yakni Ibu Dini (Dini Retnowati ST., MT). Saya telah diberi mata kuliah untuk mengajar mahasiswa Umaha. Diuruskan surat tugas PPM (Pengabdian Pada Masyarakat). Diuruskan SK (Surat Keputusan) penelitian. Semua itu dari LPPM Umaha. Cepat. Hebat.

Saat membuat proposal. Saya butuh pedoman/panduan. Ternyata LPPM Umaha telah ada dan siap. Online. Tentu menjadi mudah menyusun proposal.

Kini, pengabdian sudah hampir selesai. Bahkan penelitian sudah selesai. Naskah sudah termuat dalam jurnal ilmiah milik TI FTI Umaha. Malah sudah masuk dalam google scholar atau google cendikia.

LPPM Umaha memang hebat. Telah siap. Segalanya. Membuat dosen mudah dalam urusan fomal, panduan, dan pendukung lainnya.

Bahkan Rektor Umaha menyediakan dana bagi dosen yang layak proposalnya. Lolos seleksi.

Terus terang Rektor Umaha yakni bapak Dr. H. Ahcmad Fhatoni Rodli, sangat baik hati. Kok begitu? Sebab saat saya dalam "jatuh ketimpa tangga" istilah begitu. Menurut LLDIKTI 7 (dulu: Kopertis 7) bidang hukum. Bahwa Rektor Umaha yang bersedia menerima saya dipekerjakan (dpk) di situ. Saya sangat bersyukur, alhamdulillah. Apalagi saya tidak lagi muda, banyak keterbatasan.

Umaha memang hebat. Mampu membuat para akademisi bisa berbuat optimal. Selamat LPPM Umaha. Semoga semakin banyak karya yang memudahkan para dosen melaksanakan penelitaan dan PPM. Sehingga Umaha semakin eksis berguna di masyarakat.

(GeSa)


Posting Komentar

0 Komentar