APENSO INDONESIA

header ads

OLAHRAGA SAMBIL BERJEMUR UNTUK MENINGKATKAN IMUN, MENJADIKAN SEHAT DAN SISWA BERPRESTASI DI MASA PANDEMI COVID-19

“OLAHRAGA SAMBIL BERJEMUR UNTUK MENINGKATKAN IMUN, MENJADIKAN SEHAT DAN SISWA BERPRESTASI DI MASA PANDEMI COVID-19“

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Di waktu inilah, sinar matahari masih belum terik sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat gratis kesehatan alami. 

Sinar matahari pagi menghasilkan sinar UV (ultraviolet) yang menyentuh permukaan kulit untuk diubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Vitamin D dibutuhkan untuk menjalankan fungsi metabolisme kalsium, imunitas tubuh, serta mentransmisi kerja otot dengan saraf. 

Oleh karena itu, Anda dianjurkan berjemur selama 15 menit saja pada waktu yang tepat, yaitu sebelum pukul 10.00 setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. 

Saat pandemi virus corona atau Covid-19 muncul kebiasaan baru di tengah masyarakat yaitu berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk mendapatkan vitamin D. Dokter Spesialis Penyakit Dalam, dr Suzy Maria SpPD menyebutkan kebiasaan baru berjemur di bawah sinar matahari pagi ini sangat bagus. 

Kalau berjemurnya sambil berolahraga sebaiknya dilalukan mulai dari pukul 09.30 karena butuh paparan sinar matahari sekitar 25 menit agar penyerapan vitamin D lebih optimal dan cukup tiga kali saja dalam seminggu. Jadi tidak tiap hari cukup tiga kali seminggu, kalau mau jam 8 pagi juga bisa tapi lebih lama lagi di bawah mataharinya.

Di masa pandemi COVID-19 olahraga sangat diperlukan oleh setiap orang, seperti yang dilakukan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir, pada hari Sabtu, 31/7/2021 siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya berkumpul di lapangan pukul 08.35. Mereka berkumpul di lapangan yaitu untuk latihan panahan. Tapi sebelum melakukan latihan panahan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya yang di pimpin oleh kak SYAHRUL, S.Pd. 



Menurut penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya berharap dengan olahraga dan berjemur, siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya mereka menjadi siswa yang sehat, imun meningkat, sehingga harapan dari SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya adalah "SISWA SEHAT SISWA CERDAS DAN SISWA BERPRESTASI". 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar