APENSO INDONESIA

header ads

PERSIAPKAN MENTAL KEPALA SMP SWASTA UTARA MENJADI KEPALA SEKOLAH PROFESIONAL

“PERSIAPKAN MENTAL KEPALA SMP SWASTA UTARA MENJADI KEPALA SEKOLAH PROFESIONAL”

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Peran utama kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan adalah menciptakan situasi belajar mengajar sehingga guru-guru dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik. 

Dalam melaksanakan peran tersebut, kepala sekolah memiliki tanggung jawab ganda yaitu melaksanakan administrasi sekolah sehingga tercipta situasi belajar mengajar yang baik, dan melaksanakan supervisi sehingga guru-guru bertambah dalam menjalankan tugas-tugas pengajaran dan dalam membimbing pertumbuhan murid-murid.

Kepala sekolah yang mampu menjalankan fungsi sebagai pendidik, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator dan motivator dengan baik dapat dikatakan kepala sekolah memiliki kemampuan memimpin yang baik.

Guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas pendidikan. Profesionalisasi keguruan mengandung arti peningkatan segala daya dan usAha dalam rangka pencapaian secara optimal layanan yang akan diberikan kepada masyarakat.

Untuk meningkatkan kompetensi guru, perlu dilakukan suatu sistem pengujian terhadap kompetensi guru. Sejalan dengan kebijakan otonomi daerah, beberapa daerah telah melakukan uji kompetensi guru, mereka melakukannya terutama untuk mengetahui kemampuan guru di daerahnya, untuk kenaikan pangkat dan jabatan, serta untuk mengangkat kepala sekolah dan wakil kepala sekolah. 

Dalam mewujudkan Kepala sekolah yang profesional yang akan mengikuti Diklat calon Kepala sekolah MKKS SMP Swasta Surabaya Utara, pada hari Senin, 23/8/2021 mengadakan sharing tentang Diklat Penguatan Kepala sekolah yang diadakan melalui link Zoom https://us02web.zoom.us/j/6809037512?pwd=a2lNbDRCNjBlUHZQN2t4bzFGTGRWUT09 Meeting ID: 680 903 7512 Passcode: 12345. 



Dalam kesempatan tersebut, yang menjadi pemateri adalah bapak YOSEF CUCUN AGUSTIYO N, S.Pd selaku calon Kepala SMP AC 1 Surabaya. Dimana bapak YOSEF CUCUN AGUSTIYO N, S.Pd menjelaskan hasil materi yang beliau dapatkan ketika Diklat di Malang. Dimana beliau menjelaskan satu persatu tentang pelaksanaan Diklat tersebut.

Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sekaligus Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara berharap dengan kegiatan sharing ini Kepala SMP Swasta Surabaya Utara siap mental lahir bathin mengikuti kegiatan Diklat tersebut. 

Penulis juga berharap calon Kepala SMP Swasta Surabaya Utara sebanyak 20 orang lulus semua dan mendapatkan NUKS, serta berharap agar bisa menjadi Kepala Sekolah yang profesional dan mengembangkan Sekolah masing - masing untuk mencetak Generasi Emas Unggul.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar