APENSO INDONESIA

header ads

MATEMATIKA SMA/MA/SMK/MAK KONSEP NILAI MUTLAK ( 1 )

MATEMATIKA SMA/MA/SMK/MAK
KONSEP NILAI MUTLAK ( 1 )


Oleh : Suryadi
Director of Education Apenso Indonesia



Ilustrasi :
     Latihan baris berbaris adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan di sebuah sekolah.
Sebuah aba-aba dari komandan pasukan : “Maju 3 langkah, jalan !”, hal ini berarti jarak pergerakan barisan adalah 3 langkah ke depan. 

Jika perintah komandan pasukan : ”Mundur 2 langkah, jalan!”, hal ini berarti bahwa pasukan akan berjalan berlawanan arah sejauh 2 langkah. Demikian seterusnya. 

Banyak langkah yang dilakukan oleh pasukan tersebut merupakan nilai mutlak, tidak ditentukan arah. “Maju 3 langkah”, berarti mutlak 3 langkah dari posisi diam dan “Mundur 2 langkah, berarti mutlak 2 langkah dari posisi diam. 

Dalam hal ini yang dilihat adalah nilainya, bukan arahnya. Langkah ke depan dapat digambarkan searah dengan sumbu x positif, sebaliknya langkah ke belakang dapat digambarkan searah dengan sumbu x negatif. 

Contoh :
Ilustrasi di atas dapat digambarkan pada garis bilangan sebagai berikut.



Banyak langkah yang dialami pasukan merupakan konsep nilai mutlak, karena kita hanya menghitung banyak langkah, bukan arah. 

Banyak langkah selalu dinyatakan dengan bilangan bulat positif walaupun arahnya ke arah sumbu x negatif. Misalnya mundur 2 langkah dinyatakan dengan nilai mutlak negatif 2 (atau |-2|). Sehingga, banyak langkah pasukan tersebut adalah |3| + |-2|= 5 (5 langkah).

Perhatikan garis bilangan berikut !





Hubungi : WA 0823 3846 4171

🌸Selamat Belajar & Good Luck!🌸





Posting Komentar

0 Komentar