APENSO INDONESIA

header ads

MENGAJAR DI UMAHA PARA CALON SARJANA TEKNIK INDUSTRI BERAKHLAK MULIA

MENGAJAR DI UMAHA PARA CALON SARJANA TEKNIK INDUSTRI BERAKHLAK MULIA

Oleh: Gempur Santoso

(Dosen Teknik Industri UMAHA Sidoarjo)


Puji syukur masih berkesempatan mengajar. Utama, saya masih bisa mengajar. Dulu, pernah berstatus guru piket di Sekolah Teknik Menegah (STM) Maarif sekitar setahun. Kepala Sekolahnya bapak Sukarmin. Dia dosen saya saat kuliah S-1. Kemudian, saya sebagai dosen di perguruan tinggi swasta (PTS) yang lama, sekitar 31 tahun. 

Bersamaan itu pun pernah ngajar di beberapa PTS lain. Juga, ngajar di sekolah/semacam politeknik. Lebih 5 tahun, tetap berstatus dosen tetap di PTS lama, tempat saya mengabdi. Mengabdi pada Tuhan.

Kini, saya harus pindah. Mystery of life

Atas kebaikan Rektor Umaha. Saya dibolehkan mengajar di Universitas Maarif Hasim Latif (UMAHA) Sidoarjo. Menjadi dosen tetap di situ.

Untung punya berbagai buku yang saya tulis. Tentu yang saya tulis pernah saya pikirkan. Berbagai buku saya, dulu beberapa tahun mendapatkan royalti. Setiap cetak ulang harus tanda tangan kontrak dengan penerbit. 

Kini, beberapa/semua buku, saya tidak pernah mendapat royalti lagi. Sudah bertahun - tahun. Tidak pernah tanda tangan kontrak dengan penerbit lagi. Tetapi, dibeberapa marketing marketplace. Menjualnya. Coba klik di google, password: buku gempur santoso. Pasti muncul, hampir semua buku yang pernah saya tulis. Dijual online.

Tak apa, saya senang - senang saja. Bersyukur. Berarti masih banyak yang membaca dan menggunakannya. Semoga menjadi amalan.

Rektor UMAHA pernah bilang ke Ketua Program Studi Teknik Industri. Bahwa saya diberi saja mata kuliah yang saya sudah membuat/ada bukunya. Pak Rektor memang sangat baik hati, membuat saya tidak kesulitan mencari literatur.

Selain mengajar. Juga, meneliti dan pengabdian masyarakat. Bersama teman sejawat di Teknik Industri. Teman - teman saya, dosen usia masih muda dibanding usia saya. Saya lebih banyak "tut wuri handayani". Juga, mengikuti sistem yang ada di UMAHA. menyenangkan.

Ajaran baru. Semester baru. Mahasiswa baru. Saya berkenalan dengan mahasiswa baru. Tidak tatap muka. Tetapi, sebelumnya di rekam video oleh adik - adik mahasiswa pengurus himaprodi (himpunan mahasiswa program studi) Teknik Industri.

Mengajar melalui daring (dalam jejaring). Sesuai jadwal. Para mahasiswa sebelumnya harus download materi kuliah di e-learning Umaha. 

Pada jadwal kuliah hari itu bisa download materi kuliah. Tertib. Sebab sistem wibometrik termasuk e-learning Umaha, sangat rapi - modern.

Selamat para mahasiswa dan mahasiswa baru Umaha. Semoga Anda tercapai cita - citanya, menjadi sarjana ahli teknik industri yang berakhlak mulia (akhlakulkarimah). Semoga semua sehat...aamiin yra.

(GeSa)









Posting Komentar

0 Komentar