APENSO INDONESIA

header ads

RAPAT KORDINASI WARGA RT V RW V BULAK RUKEM DI SMP PGRI 6 SURABAYA UNTUK JADIKAN KAMPUNG BERSIH DAN KAMPUNG SEHAT

“RAPAT KORDINASI WARGA RT V RW V BULAK RUKEM DI SMP PGRI 6 SURABAYA UNTUK JADIKAN KAMPUNG BERSIH DAN KAMPUNG SEHAT“



Oleh : Banu Atmoko
aprnsoindonesia.com


Tujuan dari adanya Kampung Sehat adalah menciptakan masyarakat mandiri untuk hidup sehat melalui kampung sehat yang berbasis perilaku hidup bersih dan sehat. 

Selain itu, juga untuk untuk memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.

Kampung Sehat adalah yang masyarakatnya mempunyai sifat gotong royong dan keswadayaan masyarakat dalam pelaksanaan berbagai program pembangunan, termasuk pemberdayaan perilaku hidup bersih dan sehat - PHBS! 

Demi mewujudkan kemandirian keluarga sehat yang berkualitas. Kampung sehat berbasis PHBS adalah kampung yang penduduknya memiliki sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah - masalah kesehatan termasuk bencana secara mandiri dalam rangka mewujudkan kampung sehat.

Lalu, penduduknya dapat mengakses dengan mudah pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan setiap hari melalui Puskesmas dan atau sarana kesehatan lainnya yang ada di wilayah tersebut.

Dalam mewujudkan kampung sehat dan kampung bersih pada hari Minggu, 26/9/2021 bertempat di SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir digunakan untuk Rapat Kordinasi warga RT V RW V Bulak Rukem Kelurahan Wonokusumo,  Kecamatan Semampir. 



Adapun rapat di mulai pada pukul 19.30 untuk membahas tentang persiapan pemasangan gorong – gorong di wilayah RT V RW V Bulak Rukem III Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir tersebut. 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut adalah bapak Ketua RW V Bulak Rukem Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir yaitu bapak H. Dhofir didampingi oleh bapak Ketua RT V RW V bapak Abdul Halim. 



Di dalam rapat tersebut, alhamdulilah dihadiri sekitar 46 warga Bulak Rukem III Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir. Dari ke 46 warga, mereka setuju bila kampung nya di pasang gorong - gorong, sehingga harapannya bila musim penghujan tiba kampung Bulak Rukem III Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir tidak kebanjiran karena sudah ada gorong – gorong, serta lancar dalam pengerjaannya.

Dalam kesempatan ini, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkot Surabaya yang sudah memberikan bantuan gorong – gorong di wilayah RT 05 RW 05 Bulak Rukem Gang III tersebut. 

Di samping itu, penulis berharap setelah gorong – gorong jadi, warga tetap peduli berbudaya lingkungan dengan menjaga kebersihan, tidak memasang gladak di jalan, tidak parkir mobil di jalan, serta berharap agar Bulak Rukem III Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir menjadi Kampung Bersih dan Kampung Sehat.

Sebelum acara berakhir, alhamdulilah warga yang hadir bisa menikmati hidangan Nasi goreng yang disuguhkan oleh keluarga penulis. Semoga kegiatan pemasangan gorong – gorong berjalan lancar dan Bulak Rukem III menjadi kampung yang bersih dan kampung sehat, kata penulis di akhir acara.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar