APENSO INDONESIA

header ads

AJARKAN KEPADA SISWA, WALI MURID DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA JANGAN TAKUT MISKIN KARENA BERSEDEKAH

“AJARKAN KEPADA SISWA, WALI MURID DAN GURU SMP PGRI 6 SURABAYA JANGAN TAKUT MISKIN KARENA BERSEDEKAH“



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui,” (QS. Al-baqarah : 268)” 

Setan merupakan musuh yang nyata bagi manusia. Maka, jauhilah setan dengan menjauhi hal yang tidak disukai Allah. Sungguh Allah mencintai orang dermawan. Maka, janganlah pernah takut kepada kemiskinan. Justru dengan bersedekah harta akan bertambah. 

Takut miskin terjadi akibat cinta yang berlebihan terhadap dunia. Sehingga, hal ini menyebabkan diri mejadi kikir dan tamak. Sifat ini mampu mendorong seseorang untuk mendapatkan harta dengan berbagai cara. Tanpa memikirkan jalan yang ditempuhnya halal atau haram. 

Bagi mereka yang mencintai harta akan selalu merasa takut miskin dan takut kehilangan harta yang selama ini mereka upayakan. Sehingga, banyak yang mempertuhankan uang. Sesungguhnya, Allah Maha Kaya dan Maha Pemurah tidak sepantasnya umat Islam takut dilanda kemiskinan. 

Allah yang Maha Kaya tidak akan membuat hambaNya kelaparan bahkan rezeki seekor cacing yang berada didalam tanah pun sudah Allah jamin. Apa lagi manusia yang Allah karuniakan akal untuk berpikir. 

Takut miskin akan menjadi penghalang bagi seseorang meraih sukses dengan mudah. Rasa takut miskin akan membuat seseorang enggan mengulurkan tangannya. Dalam artian mereka takut hartanya akan habis jika disedekahkan. 

Anggapan ini sama sekali tidak benar, bahkan mereka yang agamanya bukan Islam menerapkan ilmu sedekah yang diajarkan oleh Islam. Dan benar bahwa janji Allah itu pasti, baik itu untuk hambaNya Islam mau pun non Islam. 

Mereka yang meyakini bahwa Allah akan membalas kebaikan dengan kebaikan maka tidak akan ada rasa takut bersedekah. Buktinya banyak orang menjadi tambah kaya setelah bersedekah. Tidak akan berkurang justru bertambah. 

Untuk menambah keyakinan kita tentang kehebatan sedekah ada baiknya jika kita membuka lembaran firmanNya dalam surah Al-An’am ayat 160. 

Barang siapa berbuat kebaikan mendapat balasan sepuluh kali lipat amalnya. Dan barang siapa berbuat kejahatan dibalas seimbang dengan kejahatannya. Mereka sedikitpun tidak dirugikan. Jika kita memberi satu, maka Allah akan membalasnya sepuluh kali lipat dari apa yang kita berikan. 

Dalam teori sedekah tidak ada pengurangan yang ada penambahan. Namun, tetap kembali kepada niat kita. Karena sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya. Kita sedekah maka niatnya hanya karena Allah. Sedangkan, balasan sepuluh kali lipat adalah income dari apa yang kita lakukan.

Jangan takut miskin bila kita selalu bersedekah itulah yang selalu disampaikan oleh penulis yang merupakan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya, Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir baik kepada siswa, Orang tua ataupun kepada bapak/ibu Dewan Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS AL-IKHLAS Surabaya.

Maka dari itu, setiap hari Jum’at bungkusa nasi yang dibagikan selalu bertambah jumlahnya seperti yang dilakukan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya yang membagikan Nasi bungkus pada hari Jum’at, 8/10/2021 di depan gang SMP PGRI 6 Surabaya.

Dimana masyarakat mulai tukang sampah, tukang becak, sopir angkot dan lain – lain sangat antusias semangat ketika siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya membagikan Nasi bungkus tersebut. 
Apalagi Jum’at ini adalah memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad S.A.W. 

Alhamdulilah wali murid SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya, serta bapak/ibu Dewan Guru sangat antusias dalam kegiatan Jum’at berkah tersebut. 

Dalam kesempatan yang baik ini, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menghaturkan banyak terima kasih atas sumbangan Nasi bungkus. Semoga Allah yang membalas kebaikan bapak/ibu Orang tua/Wali semua dan bapak/ibu Dewan Guru, serta semoga Allah selalu menjaga dan melindungi keluarga besar SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya dari bala bencana, serta diberikan kesehatan dan dijauhkan dari Covid - 19 dan semoga dengan pemberian Nasi bungkus tersebut tidak mengurangi rezeki dari Orang tua siswa dan bapak/ibu Guru. Semoga rezekinya semakin lancar, berkah barokah selamanya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar