APENSO INDONESIA

header ads

IKUT SEMARAKKAN HARI SANTRI NASIONAL 2021 - SMP PGRI 6 SURABAYA IKUT KOMPETISI

“IKUT SEMARAKKAN HARI SANTRI NASIONAL 2021 - SMP PGRI 6 SURABAYA IKUT KOMPETISI“



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Dikutip dari situs resmi Pemerintah Kota Pariaman, Hari Santri Nasional tidak hanya merujuk pada komunitas tertentu, tetapi merujuk mereka yang dalam tubuhnya mengalir darah Merah Putih dan tarikan napas kehidupannya terpancar kalimat La ilaaha illa Allah

22 Oktober 1945 dianggap sebagai resolusi jihad di mana santri dan ulama bersatu serta berkorban untuk mempertahankan Indonesia. Saat itu, Hasyim Asy’ari yang menjabat sebagai Rais Akbar Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) menetapkan resolusi jihad melawan pasukan kolonial di Surabaya, Jawa Timur. 

Dan kondisi tersebut terlihat pada 21 dan 22 Oktober 1945 di saat pengurus NU Jawa dan Madura menggelar pertemuan di Surabaya. Pertemuan tersebut dilakukan untuk menyatakan sikap setelah mendengar tentara Belanda berupaya kembali menguasai Indonesia dengan membonceng sekutu. 

Lewat Resolusi Jihad, kaum santri memohon dengan sangat kepada Pemerintah Republik Indonesia agar menentukan suatu sikap dan tindakan yang nyata terhadap usaha-usaha yang akan membahayakan kemerdekaan, agama dan Indonesia, terutama terhadap pihak Belanda dan kaki-tangannya. 

Bagi NU, baik Belanda maupun Jepang telah berbuat kezaliman di Indonesia dan resolusi ini membawa pengaruh yang besar. Bahkan, ada dampak besar setelah Hasyim Asy'ari menyerukan resolusi ini. Hal ini kemudian membuat rakyat dan santri melakukan perlawanan sengit dalam pertempuran di Surabaya. 

Banyak santri dan massa yang aktif terlibat dalam pertempuran ini. Perlawanan rakyat dan kalangan santri ini kemudian membuat semangat pemuda Surabaya dan Bung Tomo turut terbakar. 

Hingga akhirnya perjuangan tersebut menewaskan pemimpin Sekutu Brigadir Jenderal Aulbertin Walter Sothern Mallaby. Mallaby tewas dalam pertempuran yang berlangsung pada 27-29 Oktober 1945. Hal inilah yang memicu pertempuran 10 November 1945.

Sebagai sekolah yang menganut Ahli Sunaah Wal Jamaah SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir kota Surabaya tidak pernah lepas mengajak siswa/siswi nya untuk terus mengasah prestasi yang dimiliki apalagi di masa pandemi covid-19, seperti yang dilakukan oleh SMP PGRI 6 Surabaya.



Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2021 yang diadakan Pengurus Wilayah Nahdatul Ulama Jawa Timur, SMP PGRI 6 Surabaya ikut berpartisipasi dalam kegiatan peringatan hari tersebut. Dalam kesempatan tersebut, SMP PGRI 6 Surabaya alhamdulilah bisa berpartisipasi dalam 2 ajang Kegiatan yaitu :
1. Vlog Competition
- Kegiatan sosial dimana SMP PGRI 6 Surabaya nenggunakan kegiatan Jum'at berkah.

2. . Cover Song Competition
- Sholawat/lagu religi dimana kebetulan setelah ini peringatan maulid Nabi Muhammad S.A.W. Maka dari itu, penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya mengharapkan dukungan kepada teman - teman dunia maya dengan memberikan like video, serta komentar ya g positif bagi kemajuan sekolah dalam syiar islam.

Untuk mendukung event kegiatan tersebut melalui :
A. KEGIATAN SOSIAL 
1. Melalui IG : https://www.instagram.com/tv/CU6c3HmhYev/?utm_medium=copy_link 
2. Youtube : https://youtu.be/7xT923bzVck 
3. https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=3194582114108207&id=100006693492940&sfnsn=wiwspwa 

B. SHOLAWAT LAGU RELIGI/ COVER SONG
1. Youtube : https://youtu.be/Vd7Zd9q9Q5E 
2. Facebook : https://www.facebook.com/banu.atmoko/videos/238340168270064 

Kami butuh dukungan like/love di 2 kegiatan dalam rangka Hari Santri Nasional Tahun 2021. Dukungan Bapak/Ibu sangat berarti bagi siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya untuk terus berkarya demi negeri ini dan terus berprestasi di masa pandemi covid-19.

Bagi Bapak/Ibu yang sudah memberikan dukungan bagi siswa/siswi kami, kami hanya bisa menghaturkan banyak terima kasih. Semoga Allah yang membalas kebaikan Bapak/Ibu semua, serta mohon Ayah, Ibu, keluarga yang belum untuk mendukung SMP PGRI 6 Surabaya dengan ikhlas hati.

Satu dukungan like dari Bapak/Ibu sangat berarti bagi SMP PGRI 6 Surabaya. Syukur bila Bapak/Ibu bisa membantu untuk share agar banyak yang memberikan like kepada SMP PGRI 6 Surabaya baik siswa/siswi nya maupun keluarganya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar