APENSO INDONESIA

header ads

PELAKSANAAN ANBK YANG TETAP IKUTI PROKES DEMI MENJAMIN KEAMANAN DAN KESELAMATAN SISWA

PELAKSANAAN ANBK YANG TETAP IKUTI PROKES DEMI MENJAMIN KEAMANAN DAN KESELAMATAN SISWA



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. 

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. 

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar. 

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. 

Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antar kelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antar daerah, atau pun kesenjangan antar kelompok berdasarkan atribut tertentu). 

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. 

Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Alhamdulilah SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Rabu - Kamis, 6 - 7 Oktober 2021 seperti sekolah – sekolah lain di Indonesia mengikuti rangkaian kegiatan Asesmen Nasional Tahun 2021.



Dalam kesempatan tersebut, SMP PGRI 6 Surabaya alhamdulilah mengambil gelombang 2 yang dimulai hari Rabu  - Kamis, 6 -7 Oktober 2021. Kegiatan ANBK 2021 harus betul – betul menjaga protokol kesehatan yang sangat ketat dimana siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya diantar oleh orang tua mereka mulai pukul 07.00. 



Dan, di sekolah sudah disambut ibu Yuni Ismaryati, S.Pd dan ibu Sri Supadmi, S.Pd untuk mengukur suhu. Setelah itu, mengarahkan ke wastafel untuk mencuci tangan. Setelah itu, diarahkan menuju ke ruangan lab. komputer.
 


Dalam kesempatan ini, yang menjadi proktor di SMP PGRI 6 Surabaya adalah ibu Mei Ratna Susanti, S.Si., sedangkan Teknisi adalah ibu Dina Ayu Septyarini, S.Pd. 

Alhamdulilah, pelaksanaan ANBK hari Rabu, 6 Oktober 2021 dengan Mata Ujian Literasi berjalan lancar dan hari Kamis, 7 Oktober 2021 Mata Ujian Numerasi juga berjalan dengan lancar tanpa hambatan. 

Pelaksanaan ANBK di kota Surabaya betul – betul sangat ketat harus mentaati protokol kesehatan dan SOP. Dimana sebelum pelaksanaan Ujian 1X24 jam para peserta ANBK sebanyak 8 siswa dan proktor, serta teknisi dilakukan kegiatan Swab Antigen di Puskesmas Wonokusumo Kecamatan Semampir. 

Setelah hasilnya negatif baru bisa ikut pelaksanaan ANBK tersebut. Tidak hanya proktor dan teknisi saja, tetapi pengawas ruang ANBK seperti ibu Dra. Hj. Anies Hariyati dari SMP PGRI 22 Surabaya, serta kordinator pengawas ibu Rizanul Chafidah, S.Pd. I. dari SMP Negeri 27 Surabaya juga dilakukan Swab.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir untuk melakukan pemantauan pelaksanaan ANBK di SMP PGRI 6 Surabaya hari Rabu, 6 Oktober 2021 adalah bapak Drs. Adji Suharko, M.Pd., bapak Sujatim, bapak Ali Mardiyono. Dimana beliau melihat kondisi ruangan pelaksanaan ANBK 2021 dari luar, serta melihat himbauan pelaksanaan ANBK di SMP PGRI 6 Surabaya, serta melihat perangkat Ujian milik SMP PGRI 6 Surabaya yang insya allah sudah lengkap,

Sedangkan hari Kamis, 7 Oktober 2021 pelaksanaan ANBK di SMP PGRI 6 Surabaya dipantau oleh ketua sub rayon 27 bapak Achmad Farid, S.Pd, M.Pd dan bapak Drs. Rosi wakil kepala sekolah dari SMP Negeri 27 Surabaya.

Dalam kesempatan ini, pelaksanaan ANBK di  SMP PGRI 6 Surabaya Gelombang 2 berjalan lancar tanpa hambatan. Penulis selaku Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menghaturkan ucapan terima kasih kepada :
1. Bapak Drs. Supomo, MM selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

2. Rekan – Rekan Nakes Puskesmas UPTD Wonokusumo yang sudah melakukan kegiatan Swab bagi siswa dan Guru – Guru di SMP PGRI 6 Surabaya pada hari Selasa, 5 Oktober 2021.

3. Bapak/Ibu Orang tua/Wali murid kelas 8 yang hebat karena sudah memberikan izin kepada putra/putrinya untuk mengikuti protokol kesehatan dengan memberikan izin Swab sebagai prasyarat ANBK 2021 dan terima kasih banyak bapak/ibu Orang tua yang sudah meluangkan waktunya untuk mengantar jemput putra/putrinya pada saat ANBK berlangsung.

4. Ibu Mei Ratna Susanti, S.Si selaku Proktor ANBK yang dengan semangat mempersiapkan pelaksanaan ANBK 2021 di SMP PGRI 6 Surabaya dan Ibu Dina Ayu Septyarini, S.Pd selaku Teknisi.

5. Bapak/ibu Dewan Guru SMP PGRI 6 Surabaya yang super hebat dalam meluangkan waktu, tenaganya untuk menyambut siswa/siswi yang akan mengikuti ANBK sesuai prokes.

6. Bapak Drs. Adji Suharko, M.Pd., bapak Sujatim, bapak Ali Mardiyono yang sudah meninjau pelaksanaan ANBK di SMP PGRI 6 Surabaya.

7. Bapak Achmad Farid, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala SMP Negeri 27 Surabaya dan bapak Drs.  Fathur Rozi selaku Wakil Kepala SMP Negeri 27 Surabaya yang sudah meninjau pelaksanaan ANBK di SMP PGRI 6 Surabaya.

8. Ibu Dra. Hj. Anies Hariyati selaku pengawas ruang ANBK dari SMP PGRI 22 Surabaya dan ibu Rizanul Chafida, S.Pd. I. selaku kordinator pengawas dari SMP Negeri 27 Surabaya yang telaten mendampingi siswa/siswi ANBK SMP PGRI 6 Surabaya.

9. Anak – anak didik kelas 8 yang hebat berjuang untuk pelaksanaan ANBK 2021 pada hari Rabu, 6 Oktober 2021 dan hari Kamis, 7 Oktober 2021.

Dalam kesempatan ini, penulis menghaturkan banyak terima kasih. Semoga Allah yang membalas kebaikan bapak/ibu semua demi kemajuan SMP PGRI 6 Surabaya. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar