APENSO INDONESIA

header ads

PEMANTAUAN SUPERVISI MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK JADIKAN SMP PGRI 6 SEKOLAH BERMUTU SERTA BERKUALITAS MENGANTARKAN GENERASI EMAS UNGGUL

“PEMANTAUAN SUPERVISI MANAJEMEN PENDIDIKAN UNTUK JADIKAN SMP PGRI 6 SEKOLAH BERMUTU SERTA BERKUALITAS MENGANTARKAN GENERASI EMAS UNGGUL“



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, yang telah diubah pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 dan Nomor 13 tahun 2015, setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan non formal wajib melakukan penjaminan mutu pendidikan.

Penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP). Melalui penjaminan mutu, satuan pendidikan dapat memastikan keterlaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) melalui penerapan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). 

Pemantauan dan pengendalian pelaksanaan SPMI tersebut dilakukan oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat sebagai pelaksana Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME). Salah satu tugas SPME adalah melaksanakan supervisi mutu, yaitu proses mengawal upaya pemenuhan mutu pada satuan pendidikan. 

Pada hari Senin, 11/10/2021 SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir kedatangan pengawas/pembina yaitu bapak Drs. Achmad Syuhadak, M.Pd. Dimana kedatangan beliau adalah melakukan pemantauan Supervisi Mutu di SMP PGRI 6 Surabaya tersebut. 

Dimana bapak Drs. Achmad Syuhadak, M.Pd didampingi penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya meninjau tempat cuci tangan/wastafel yang dimiliki SMP PGRI 6 Surabaya. Dimana ibu Yuni Ismaryati, S.Pd melakukan Cuci tangan memakai sabun di wastafel milik SMP PGRI 6 Surabaya.



Selesai dari wastafel, bapak Drs. Achmad Syuhadak, M.Pd didampingi penulis dan ibu Dra. Tiwik Sukirahayu selaku Guru Prakarya SMP PGRI 6 Surabaya meninjau Mading Literasi di SMP PGRI 6 Surabaya. 



Selesai dari Mading Literasi, menuju ruang guru bapak Drs. Achmad Syuhadak, M.Pd banyak melakukan kegiatan mengobrol bersama guru - guru SMP PGRI 6 Surabaya.



Selesai dari ruang guru meninjau ruang kelas, kamar mandi, mushola, dan perpustakaan, serta meninjau ruang lab. komputer yang habis dipakai ANBK. Kemudian, kembali duduk di ruang UKS dan ruang BP.



Selesai meninjau lokasi, bapak Drs. Achmad Syuhadak, M.Pd meminta kepada penulis yang didampingi ibu Mei Ratna Susanti, S.Si untuk mengisi data Instrumen Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2021 melalui link https://superman.lpmp-jatim.net/. 

Dimana ibu Mei Ratna Susanti, S.Si bersama penulis memasukkan data foto – foto yang diminta oleh link Instrumen tersebut. Setelah di isi, ibu Mei Ratna Susanti, S.Si konsultasi mengenai Instrumen yang sudah di isi dengan bukti fisik kepada pengawas. Lalu, Instrumen tersebut dikirim.

Alhamdulilah, kegiatan pemantauan Supervisi Mutu Pendidikan Tahun 2021 berjalan lancar. Penulis berharap semoga mutu kualitas di SMP PGRI 6 Surabaya semakin baik sehingga masyarakat percaya dan minat untuk mendaftarkan putra/putrinya ke SMP PGRI 6 Surabaya.***





Posting Komentar

0 Komentar