APENSO INDONESIA

header ads

SEHAT LAHIR BATIN SISWA DAN GURU SMP PGRI 6 SIAP SUKSESKAN ANBK GELOMBANG 2 SERTA SIAP ANTARKAN SISWA MENJADI GENERASI EMAS UNGGUL

“SEHAT LAHIR BATIN SISWA DAN GURU SMP PGRI 6 SIAP SUKSESKAN ANBK GELOMBANG 2 SERTA SIAP ANTARKAN SISWA MENJADI GENERASI EMAS UNGGUL“



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com



Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. 

Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. 

Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. 

Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). 

Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. 

Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Dalam mempersiapkan mutu setiap sekolah, dimana Kemendikbud Ristek mengadakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer / ANBK yang dimulai pada tanggal 4-7 Oktober 2021.

Alhamdulilah, SMP PGRI 6 Surabaya gang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sebelum mengikuti Pelaksanaan ANBK hari Rabu – Kamis, 6-7 Oktober 2021, ibu Mei Ratna Susanti, S.Si selaku Proktor ANBK, ibu Dina Ayu Septyarini, S.Pd selaku Tekhnisi dan ibu Duwi Lestari, S.E selaku Pengawas Ruang ANBK yang mengawasi di SMP PGRI 22 bersama siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya berangkat ke Puskesmas Wonokusumo untuk melakukan Tes Swab Antigen sebagai pra syarat untuk mengikuti ANBK yang diadakan pada hari yang telah ditentukan.

Sebelum berangkat melaksanakan kegiatan Swab, bapak/ibu Guru yang akan berangkat Swab bersama dengan siswi/siswi SMP PGRI 6 Surabaya yang akan ikut ANBK dibantu bapak/ibu Guru pada hari Selasa, 5/10/2021 berkumpul di Ruangan Guru untuk Doa bersama agar pelaksanaan Swab di Puskesmas lancar dan hasilnya negatif.

Semoga pelaksanaan ANBK hari Rabu-Kamis 6-7 Oktober 2021 berjalan lancar tanpa halangan dan hambatan Serta Anak didik SMP PGRI 6 Surabaya mendapatkan Hasil Nilai ANBK Yang baik Sehingga dapat membanggakan Dan mengharumkan nama Orang Tua.

Adapun kegiatan Doa dipimpin oleh Bapak Ustad ACHMAD SYAIFUDDIN ,S.H.I Selaku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Selesai Doa Ibu MEI RATNA SUSANTI ,S.Si Selaku Proktor ANBK , Ibu DINA AYU SEPTYARINI,S.Pd Selaku TEKHNISI Dan Ibu DUWI LESTARI,S.E Selaku Pengawas RUANG ANBK Yang mengawasi di SMP PGRI 22 Bersama siswa / siswi SMP PGRI 6 Surabaya berangkat ke PUSKESMAS WONOKUSUMO Untuk melakukan TES SWAB ANTIGEN Di Iringi dengan Pembacaan Sholawat agar Selamat sampai di PUSKESMAS Wonokusumo.

Menurut Penulis yang Juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwasannya Rangkaian kegiatan Pada siang hari ini adalah Untuk Persiapan ANBK 2021 Yang dimulai Besok RABU – KAMIS /6-7 Oktober 2021. Alhamdulilah Hasil Swab Siswa Dan Guru Negatif SEHAT LAHIR BATHIN SIAP MENSUKSESKAN ANBK 2021 DAN SIAP MENGANTARKAN SISWA / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Menjadi Generasi EMAS Unggul. Kata Penulis.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar