APENSO INDONESIA

header ads

SYIAR UMAHA UNTUK MAJU BERSAMA MASYARAKAT

SYIAR UMAHA UNTUK MAJU BERSAMA MASYARAKAT

Oleh: Gempur Santoso

(Guru Besar UMAHA Sidoarjo)


Segala aktivitas menjadi mudah, itu semua orang pasti membutuhkan. Tata kelola kampus UMAHA dilengkapi fasilitas webometrik, tentu diharapkan semakin mudah komunikasi dalam pengelolaan. Personal tricivitas perguruan tinggi menjadi mudah.

Syiar UMAHA pun dikuatkan. Agar masyarakat luas lebih terbantu. Pun dilengkapi webometrik. Siapapun bisa akses yang dibutuhkan dari kampus. Tentu establish webometrik menjadi penting. Agar lancar dan mudah.

Tidak sebatas hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat. Syiar UMAHA pun melayani sertifikat halal. Ini terutama untuk dunia bisnis, diperlukan. Juga mendampingi dalam mendapatkan sertifikat halal. Semua pasti membutuhkan "halalan toyiban".

Syiar kampus UMAHA, kini pun melakukan kegiatan tri dharma pengabdian masyarakat dari dosen UMAHA. Kegiatan itu melalui skema hibah Program Produk Teknologi yang diseminasikan kepada Masyarakat (PTDM) dari Direktorat Pemanfaatan Riset dan Inovasi. Dibawah Kementerian/ Lembaga, Masyarakat, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dengan 3 mitra UMKM di Sidoarjo.

Memang UMAHA fokus untuk meningkatkan kwalitas masyarakat. Tentu masyarakat yang belajar dalam kampus maupun di luar kampus. 

kampus UMAHA bukan sekadar ivory tower (menara gading). Artinya sekadar besar berguna untuk kampus. Bukan pula sekadar imperium kemewahan. Tetapi kampus berguna dan bersama masyarakat. Bisa maju (modern) bersama masyarakat.

Jangan sampai kampus hanya menyala terang (berguna) untuk dirinya sendiri (kampus). Seharusnya: kampus berguna untuk masyarakat. 

Kampus mewah menjulang modern, tetapi masyarakat tetangga kumuh dan tidak modern. Itu jangan sampai terjadi. Sebab ilmu dari kampus untuk masyarakat dekat (utama) dan masyarakat luas.

Kemajuan (modern) bersama masyarakat dalam kemajuan kesejahteraan, budaya, lingkungan rapi-bersih-sehat. Tak ketinggalan menjadi masyarakat yang relegius. UMAHA bertekat untuk itu, tertuang dalam visinya. 

Visinya, menjadikan UMAHA sebagai perguruan tinggi yang unggul, modern dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya yang berbasis nilai-nilai Islam Ahlusunnah wal Jamaah serta memiliki jiwa kewirausahaan.

Kampus memang menyatu dengan masyarakat. Kampus menjadi modern, masyarakat pun menjadi modern. Terutama masyarakat sekitar kampus, yang jauh pun merasakan kemajuan bersama kampus Universitas Maarif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo. 

UMAHA Sidoarjo bersama dan untuk masyarakat.

Semoga kita tetap sehat selalu....aamiin yra.

(GeSa)

---------

Juga telah diterbitkan oleh website LPPM Umaha, 17/Oktober/2021.




Posting Komentar

0 Komentar