APENSO INDONESIA

header ads

"BERMAKNA" PADA ULTAH APENSO INDONESIA

 "BERMAKNA" PADA ULTAH APENSO INDONESIA

Foto Bersama Berdo'a Saat Slametan Ultah Apenso Ke Lima - 2021

apensoindonesia.com - Makna menjadi penting. Suryadi (Director of Education) bercerita bahwa Roeslan Abdoelgani almarhum seorang nasionalis pernah berkata intinya sebagai berikut:

"Harga sepatu yang beliau pakai cuma dua puluh ribu rupiah. Sebagai narasumber dunia. Berceramah di luar negeri. Para peserta dilihat memakai sepatu bermerek seharga sekitar dua jutaan rupiah. Tetapi masyarakat pendengar tidak melihat harga sepatu narasumber dan peserta yang jauh beda harga mahal itu. Justru yang diperhatikan adalah wejangan/cerita dari narasumber yang bermakna".

Jadi tampak jelas, berkata tak bermakna tiada arti. Juga bukan menjadi fokus harga mahalnya sepatu atau simbolik harga mahal lainnya. Justru, berkata bermakna adalah sangat penting. Banyak didengar orang lain.

Kemudian, Kris Mariono (Director of Junalism) menimpali bahwa wujud karya bermakna juga penting. Bisa wujud karya tulisan, bisa buku adalah bermakna, akan berguna untuk orang lain. 

Jelas bahwa bermakna berupa karya tersosialisasikan pada masyarakat luas. Itu  sangat diperlukan.

Itulah sebagian dialog atau obrolan saat tanggal 28/11/21 di kantor Apenso Indonesia, saat ulang tahun dirayakannya. Sengaja perayaan dimajukan, diambil hari libur - minggu. Sebenarnya ulang tahun Apenso Indonesia yang ke lima ini pada tanggal 30/11/2021.

Obrolan di atas senada dengan Prof. M. Daniel Al Rosyid. Dia tidak bisa hadir saat slametan ulang tahun Apenso Indonesia. Dia mengirimkan ucapan saja, katanya: "Alhamdulillah. Semoga APENSO makin tumbuh menjadi minoritas kreatif yang membawa perubahan nyata bagi bangsa ini. Aamiin".

Itu ucapan sekaligus doa bahwa Apenso dapatlah mampu menyajikan tulisan bermakna walau minoritas. Namun tulisan bermakna itu akan dibaca banyak orang. Bisa mengubah mindset orang banyak, sehingga membawa perubahan nyata yang lebih baik.

Prof. Dr. Warsono juga memberi ucapan: "Selamat ulang tahun semoga semakin sukses dan mencerdaskan". Kata yang bisa "mencerdaskan" tentu membaca dari tulisan yang bermakna. Juga ucapan dari teman-teman yang tak sempat hadir.

Selain berita, Apenso online lebih menyebarkan tulisan ilmu dan ilmu pengetahuan. Itu terkait pendidikan dan sosial. Juga ada tulisan lelucon (menghibur). Semoga semua yang disajikan "bermakna".

Apenso pada usia yang sudah lima tahun ini non-stop terbit tiap hari tiada henti. Petugas admistrasi sangat membantu. Tenaga IT (informasi teknologi) juga sangat membantu.

Setidaknya, selain tiap hari up-load beberapa tulisan. Juga telah berkarya: kaos Apenso dicetak dengan tulisan kata - kata bermakna, gelas Apenso, ada satu buku terbitan Apenso. Ke depan tahun 2022 Apenso berusaha mampu menulis dan menerbitkan minimal dua buah judul buku lagi.

Pengurus dan penulis Apenso tetap yakin semua yang ditulis adalah "tulisan bermakna", semoga menjadi amalan mulia berguna fidun'ya wal akherat.

Selamat ulang tahun ke lima Aspirasi Pendidikan dan Sosial (Apenso) Indonesia, semoga panjang umur. Juga semua selalu sehat...aamiin yra.

(GeSa)









Posting Komentar

0 Komentar