APENSO INDONESIA

header ads

Biografi Al Imam Al Faqih Al Muqoddam

Biografi Al Imam Al Faqih Al Muqoddam





apensoindonesia.com - Beliau adalah Al Imam Al Habib Muhammad bin Ali Ba'alawi, Beliau dijuluki dengan Al Faqih Al Muqoddam (seorang Faqih yang diunggulkan). Beliau dilahirkan pada 574 H. 

Di masa-masa awal pertumbuhannya, beliau menjalaninya dengan penuh kesungguhan dan mencari segala hal yang dapat mendekatkan diri kepada Allah swt.

Beliau bermujahadah dengan keras dalam mendidik akhlaknya, giat dalam menuntut ilmu sehingga mengungguli ulama-ulama di zamannya dalam penguasaan berbagai macam ilmu. 

Para ulama pun mengakui akan ketinggian dan penguasaannya dalam berbagai ilmu. Sehingga, beliau menyandang gelar sebagai Imam di zaman nya.

Imam Faqihil Muqoddam adalah seorang yang Tawadhu dengan kealiman dan kearifan yang dimilikinya, beliau menelurkan banyak ulama yang tidak lagi diragukan kealimannya.

Beliau berkisah : ketika ku menziarahi Nabiyullah Hud As, ku duduk di suatu tempat, tiba" Nabiyullah Hud ke tempatku, lalu Nabiyullah Hud berkata padaku : " Yaa Syaikh, jika engkau tidak berziarah padaku, maka aku yang akan berziarah kepadamu."

Al Imam Faqihil Muqoddam wafat di akhir bulan Dzulhijjah, Tahun 653 H. Disemayamkan di komplek pemakaman Zanbal, Tarim. 

Beliau meninggalkan 5 putra : Alwi, Abdullah, Abdurrahman, Ahmad dan Ali.***(Imam Mu'iz)



Posting Komentar

0 Komentar