APENSO INDONESIA

header ads

PENANAMAN KARAKTER DERMAWAN MELALUI SEDEKAH DI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS SURABAYA

PENANAMAN KARAKTER DERMAWAN MELALUI SEDEKAH DI SMP PGRI 6 SURABAYA DAN SDS AL-IKHLAS SURABAYA

(Gambar kegiatan)

Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Agama Islam mengajarkan pemeluknya untuk saling menyayangi dan mengasihi terhadap sesamanya. Setiap orang memiliki karakter yang berbeda-beda ada yang memiliki karakter dermawan ada pula yang kikir. 

Seseorang yang berjiwa pengasih dan penyayang dirinya akan dekat dengan Allah dan Rasulullah dan semua orang disekitarnya. Sebaliknya, seseorang yang tiada belas kasih sayang terhadap sesama, apalagi terhadap orang-orang lemah, maka dia akan jauh dengan Allah, Rasulullah serta orang di sekitarnya. Sehingga pada akhirnya mereka juga jauh dengan surga dan dekat dengan neraka. 

Hidup ini terasa indah jika semua orang dapat saling mengasihi satu sama lain. 

Dalam dunia pendidikan penanaman kedermawanan sangatlah penting ditanamkan pada setiap jenjang pendidikan terutama pada peserta didik agar kelak menjadi manusia yang memiliki kepekaan sosial. 

Bangsa yang maju dan berhasil itu ditentukan oleh kualitas dan karakteristik bangsa itu sendiri, melalui sistem pendidikan yang mencetak setiap (output) peserta didik selain, pintar secara akademis juga pintar dalam pengaplikasikannya, cerdas secara lahiriyah dan batiniyah. 

Penanaman karakter kedermawanan bisa melalui metode keteladanan, nasihat, pembiasaan atau pemantauan, dan hukuman. Serta, melalui pendekatan yaitu perilaku sosial dan perkembangan moral kognitif. 

Serta,  strategi yang digunakan melalui kegiatan rutin, spontan, keteladanan dan pengkondisian. Serta, dalam bentuk penanaman yaitu peduli terhadap diri sendiri, peduli terhadap teman dan adik kelas, peduli terhadap guru dan peduli terhadap lingkungan sosial. 

Yang mana penanaman karakter kedermawanan melalui kegiatan infak dan sedekah melalui kegiatan yaitu kegiatan sehari-hari seperti kegiatan infak harian, baksos, kerja bakti, menjenguk ketika ada teman yang sakit atau terkena musibah. 

Orang yang suka bersedekah adalah orang yang benar pengakuan imannya. Menurut syariat, pengertian sedekah sama dengan pengertian infaq, termasuk juga hukum dan ketentuan-ketentuannya. 

Hanya saja, jika infaq berkaitan dengan materi, sedekah memiliki arti lebih luas dari sekedar material, misal senyum itu sedekah. Dari hal ini yang perlu diperhatikan adalah jika seseorang telah berzakat tetapi masih memiliki kelebihan harta, sangat dianjurkan sekali untuk berinfaq atau bersedekah dalam beberapa ungkapan al-Quran. 

Islam mengajarkan kepada umatnya untuk memiliki jiwa dermawan dengan tujuan untuk menjernihkan jiwa seseorang, mewujudkan kepekaan sosial yang tinggi, tenggang rasa terhadap saudara yang fakir, kesempatan penting untuk mengingat karunia Allah dari berbagai nikmat yang diberikan-Nya. 

Hidup sederhana dan tidak berlebih-lebihan dan tidak bermewah-mewahan, serta untuk menyalurkan harta di jalan Allah semata berharap rida Allah SWT. 

Selain itu  syariat Islam bertujuan untuk mewujudkan keridhaan dan kelapangan hati seseorang yang menerima sedekah, perekat ukuwah Islamiyah, terciptanya masyarakat yang dinamis, gemar tolong-menolong. 

Hal itu menekankan bahwa Islam adalah agama yang mempunyai satu tujuan, satu landasan, dan satu kewajiban. Karakter itu berkaitan dengan kekuatan moral, berkonotasi ‘positif’, bukan netral. Jadi, ‘orang berkarakter’ adalah orang yang mempunyai kualitas moral (tertentu) positif. 

Dengan demikian, pendidikan membangun karakter, secara implisit mengandung arti membangun sifat atau pola perilaku yang didasari atau berkaitan dengan dimensi moral yang positif atau baik, bukan yang negatif atau buruk. 

SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir. 

Walaupun siswa/siswi di sekolah tersebut dari golongan menengah ke bawah, tetapi tidak menghalangi niat siswa/siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS AL-IKHLAS Surabaya untuk melakukan kegiatan sedekah seperti yang dilakukan pada hari Jum’at, 20/11/2021 untuk membagikan nasi bungkus kepada masyarakat yang ada di sekitar Sekolah SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS AL-IKHLAS Surabaya.



Bahkan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS AL-IKHLAS Surabaya membagikan kepada tukang yang mengerjakan gorong – gorong di kampung SMP PGRI 6 Surabaya tersebut.

Menurut Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk penanaman karakter dermawan melalui sedekah. Jadi, walaupun siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya sedikit, insyah allah menyempatkan berbagi.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar