APENSO INDONESIA

header ads

BERSAMA BPJS KETENAGAKERJAAN TANJUNG PERAK KITA SIAPKAN GURU YANG SEHAT UNTUK MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER

“BERSAMA BPJS KETENAGAKERJAAN TANJUNG PERAK KITA SIAPKAN GURU YANG SEHAT UNTUK MENCETAK GENERASI EMAS UNGGUL DAN BERKARAKTER“



Oleh : Banu Atmoko
apensoindonesia.com


Dalam menekuni dunia profesi guru tidak hanya mampu mengandalkan kemampuan mengajar saja, akan tetapi guru idealnya memiliki kepribadian luhur, bermartabat, berwibawa, kharismatik, memiliki daya magnet bagi peserta didik sehingga peserta didik bisa menemukan sosok orang tua kedua yang menyejukkan, memberikan keteladanan bagi peserta didik dan bisa bermanfaat bagi manusia lainnya. 

Guru memiliki peran yang sangat penting untuk peningkatan kualitas mutu pendidikan, karena guru merupakan barometer suatu lembaga pendidikan, tanpa memilki kepribadian yang mantap, berkarakter, memadai dan kompeten di bidang profesi tersebut, maka semua pihak dalam lembaga didalamnya akan terkena dampaknya, terutama pada peserta didik. 

Oleh sebab itu, guru harus mempunya pribadi yang baik, kompetensi yang unggul dan profesionalisme agar mampu meningkatkan mutu pendidikan, karena guru yang memiliki kepribadian yang baik, berkompeten, keteladanan yang baik dan profesionalisme dapat menjadi modal agar guru dapat melaksanakan amanah profesinya secara baik dan benar, sehingga lembaga pendidikan yang diharapkan adalah mampu merubah dunia pendidikan menjadi dunia pendidikan yang lebih baik. 

Kosa kata guru berasal dari kosakata yang sama dalam bahasa india yang artinya orang yang mengajarkan tentang kelepasan dari kesengsaraan. 

Sementara, guru dalam bahasa jawa adalah menunjuk pada seorang yang harus digugu dan ditiru oleh semua murid dan seluruh masyarakatnya. 

Maksud digugu adalah segala sesuatu yang disampaikan olehnya senantiasa dipercaya dan diyakini sebagai kebenaran oleh semua murid. 

Sedangkan maksud ditiru artinya seorang guru harus menjadi suri tauladan bagi semua muridnya. 

Dalam Bahasa Arab guru dinamakan dengan muallim, mudarris, murabbi, al-muaddib dan al-ustad yaitu orang yang bertugas memberikan ilmu dalam majlis ta'lim untuk mengembangkan aspek spiritualitas manusia. Guru hadir untuk mengabdikan diri kepada umat manusia. Untuk itu negara mendidik generasinya yang memerlukan pembinaan dan bimbingan melalui peran guru. 

Guru dan peserta didik adalah dua sosok yang tidak dapat dipisahkan dari dunia pendidikan. Meskipun pada zaman sekarang guru bisa diakali oleh media pendidikan seperti E-Learning atau lainnya, kehadiran guru tetap menjadi pokok yang tidak bisa digantikan atau ditiadakan. Keduanya saling melengkapi adakalanya peserta didik belajar dari guru dan adakalanya guru yang belajar dari peserta didik. 

Maka dari itu, guru tetap menjadi guru sepanjang waktu, tidak ada istilah mantan guru, bekas guru dan mantan murid atau bekas murid, meskipun mereka telah lulus dan melanjutkan di sekolah yang berbeda. 

Dalam mempersiapkan Guru yang hebat dan Guru yang sehat dalam mencerdaskan Generasi Emas Unggul, MKKS SMP Swasta Surabaya Utara pada hari Selasa, 30/11/2021 mengadakan acara sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan di Aula Hasan Al Banna SMP AL-Irsyad Surabaya.

Dalam sambutannya, penulis yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang merupakan Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah tindak lanjut dari Surat Edaran Menteri Pendidikan RISTEK dan Teknologi Nomor 8 Tahun 2021 tentang Peningkatan Kepatuhan Kepesertaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tanggal 18 November 2021 dan Surat dari Kepala Dinas Tenaga Kerja Nomor 560/11515/436.7.8/2021 tanggal 5 November 2021 tentang Penyampaian Surat Pernyataan telah memenuhi ketentuan Kepesertaan Program BPJS Ketenagakerjaan. 



Dimana MKKS SMP Swasta Surabaya Utara sangat gerak cepat menyikapi Surat Edaran dari Kementerian tersebut. Apalagi di Surat Edaran tersebut tentang Pra Syarat BPJS Ketenagakerjaan untuk Akreditasi dan Izin Operasional, sehingga acara yang dilaksanakan pada pagi hari bisa terlaksana.

Dalam kesempatan itu, Mas Alfian perwakilan dari BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Tanjung Perak menjelaskan secara detail tentang Program BPJS Ketenagakerjaan tersebut kepada bapak/ibu Kepala SMP Swasta Surabaya Utara dan Bendahara mulai dari iuran yang dibayarkan serta apa saja fasilitas yang di dapat dari keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan tersebut. 

Dalam kesempatan tersebut, Mas Alfian juga membawakan formulir Pendaftaran BPJS bagi Kepala SMP Swasta Surabaya Utara dan Bendahara.

Dalam hal tersebut, bapak/ibu Kepala SMP Swasta Surabaya Utara dan Bendahara sangat antusias dalam kegiatan, bahkan banyak yang bertanya kepada Mas Alfian. 

Dalam acara tersebut juga turut hadir ibu Ike Inayumiki, S.E., M.Si selaku Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Surabaya yang ikut membantu menjawab pertanyaan bapak/ibu Kepala SMP Swasta Surabaya Utara dan Bendahara SMP Swasta Surabaya Utara.



Di kesempatan itu, ibu Ike Inayumiki, S.E., M.Si. selaku mewakili bapak Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya sangat mengapresiasi program kegiatan yang telah diadakan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang langsung gerak cepat dalam menyikapi Surat Edaran dari Kementerian.

Bahkan, MKKS SMP Swasta Surabaya Utara adalah yang utama dan paling utama dalam kegiatan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan. Dimana SMP Swasta dan SD Swasta wilayah lain belum ada yang melakukan sosialisasi tersebut. Makanya, Dinas Pendidikan Kota Surabaya sangat mengapreasi kegiatan pada pagi hari itu. 

Ibu Ike Inayumiki, S.E., M.Si juga menyampaikan kepada bapak/ibu Kepala SMP Swasta Surabaya agar siswa/siswinya pada saat jam pulang jangan sampai masih cangkruk atau berada di mana – mana karena ditemukan masih banyak pelajar Surabaya yang pulang sekolah tidak langsung pulang, tapi masih jajan dan keliling. Makanya, Ibu Ike meminta agar Kepala SMP Swasta Surabaya Utara bisa menyampaikan kepada bapak/ibu Wali Murid di sekolahnya untuk sama – sama mengawasi putra/putrinya.

Penulis menghaturkan banyak terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan. Semoga Guru – Guru SMP Swasta Surabaya Utara dan keluarganya sehat lahir bathin, sehingga aman dan nyaman dalam mencerdaskan Generasi Emas Unggul yang berkarakter.

#TantanganGuruSiana
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar